BMW Tuntaskan Proses Homologasi iX3, Akan Meluncur Sesuai Rencana

BMW Tuntaskan Proses Homologasi iX3, Akan Meluncur Sesuai Rencana
Gambar
Review Pengguna

Jadwal peluncuran BMW iX3 tampaknya tidak akan meleset dari rencana awal. Karena BMW baru saja menyelesaikan proses homologasi untuk SUV kompak bertenaga listrik ini. Hasilnya pun telah diserahkan kepada pihak regulator di berbagai pasar utama.


“Untuk pertama kalinya kami menyelesaikan seluruh proses homologasi model elektrik untuk Cina dan Eropa dalam waktu bersamaan. Para staf dalam tim pengujian kami telah menguasai tantangan unik ini dengan penuh dedikasi dan efisiensi,” ujar Arno Keller, Kepala Pengembangan untuk BMW iX3 kepada Carscoops.


Proses homologasi bukanlah suatu hal mudah, sekaligus memakan waktu lama. Seluruh proses menghabiskan waktu pengujian lebih dari 340 jam. Di dalamnya terdapat uji jalan sejauh 7.700 km untuk diselesaikan dalam empat minggu. Model pra-produksi ke 200 telah selesai dibuat di fasilitas BMW Brilliance Automotive Dadong, Cina. Tidak selesai sampai di situ, pabrik akan terus sibuk di bulan mendatang. Model produksi iX3 bakal lahir untuk kemudian dikirim ke pasar global – kecuali Regional Amerika Utara.


BMW iX3 homologation


iX3 sendiri menjadi bukti nyata keseriusan BMW memasuki zaman setrum. Satu per satu menjadi kenyataan, seperti SUV kompak ini. Tidak menjadi model spesifik sub-brand BMW i, diyakini iX3 berbagi rancangan dengan versi konvensional BMW X3. Namun untuk mencirikan jati diri EV tentu ada beberapa penyesuaian di sektor eksterior.


Baca Juga: Diduga Foto Resmi, Wujud BMW iX3 Model Produksi Beredar


BMW menjanjikan iX3 dengan potensi elektris yang tinggi. Diklaim sanggup menempuh jarak sejauh 440 km, menurut perhitungan Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedures (WLTP). Seluruh kemampuan bersumber dari baterai 74 kWh di area lantai. Ekstraksi tenaga juga tidak main-main, motor istrik di poros belakang sanggup menghasilkan 286 PS disertai torsi puncak 400 Nm.


BMW china factory


Sang SUV listrik kompak mengadopsi teknologi eDrive generasi kelima untuk pertama kalinya. Merupakan Inovasi ciptaan BMW untuk mengakselerasi program EV mereka. Teknologi ini memudahkan adaptasi powertrain listrik ke berbagai model lain. Lantaran komponen motor listrik, elektronik, dan transmisi terintegrasi dalam sebuah cangkang modular. Sebagai tambahan, motor listrik diklaim tidak memanfaatkan material logam bumi yang jarang ditemui sehingga terbebas dari masalah kelangkaan komponen.


Usai dengan proses homologasi, tinggal menunggu waktu untuk dikenalkan secara resmi. Kalau tidak ada aral melintang, BMW iX3 akan diluncurkan di akhir musim panas ini. Ia akan dibuat dalam satu lini produksi bersama X3 bermesin konvensional. Distribusi kemungkinan terlaksana pada akhir tahun ini. (Krm/Odi)


Sumber: Carscoops


Baca Juga: BMW Group Pangkas 50 Persen Varian Mesin Konvensional Mulai 2021

Jelajahi BMW X3

BMW X3 Rp 1,06 - Rp 2,19 Milyar Cicilan : Rp 24,07 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store