BMW M4 Bertubuh Gahar Tertangkap Kamera, Diduga Varian Terbuas

BMW M4 Bertubuh Gahar Tertangkap Kamera, Diduga Varian Terbuas
Gambar
Review Pengguna

Duo keturunan legendaris BMW Motorsport, M3 dan M4, tak lama lagi membuka identitas. Yep, keduanya bakal jadi versi bergairah dari model standar ditambah bumbu versi Competition. Namun, diyakini kali ini bakal jadi generasi spesial lantaran tersedia berbagai edisi tambahan. Konon monster terkuatnya sedang bersiap.

Melanjutkan kabar gembira M3 Touring mengisi line up, tampaknya model terbuas M4 GTS akan ikut meramaikan pesta. Hal ini diketahui dari akun Instagram @audikind yang mengunggah foto M4 berdandan agresif. Masih misterius sebab kulit kamuflase menutup rapat lenggokan aslinya. Kendati begitu, diduga kuat ialah wujud racikan paling gahar Divisi Motorsport terhadap basis kupe 4er.

Jelas bercerita dengan begitu gamblang meski kulitnya diselimuti lukisan abstrak pengecoh. Sebuah GTS mendefinisikan dirinya lewat gaya flamboyan yang sulit untuk ditutupi. Paling kentara adalah aplikasi sayap bertengger percaya diri di ujung kap bagasi menggantikan elemen ducktail. Ramping dan disudahi winglet imut di sisi terluar. Agak kekanakan kalau boleh dibilang.

Sayap besar tanda varian performa

Entah apa yang berada di benak para desainer BMW modern. Setelah sempat menggemparkan lewat kidney grille ekstra besar, kini mereka mungkin bermain-main dengan elemen bokong M4 GTS. Cukup nyeleneh. Bila sewajarnya quad exhaust mengisi sudut terluar, lain cerita eksekusi di model prototipe uji ini. Empat pipa bertumpuk miring membentuk sisi samping segitiga, persis di tengah diffuser. Kemudian bagian dari diffuser dipahat mengikuti seberapa panjang saluran keluar dari bokong bak kubah pelindung. Mungkin agar rancangan tidak terlalu kasar.

Baca juga: BMW M8 Coupe dan Gran Coupe Competition Melantai, Dilego Rp 6 Miliaran

Terserah suka atau tidak, semua kembali sesuai preferensi masing-masing. Yang pasti masih ada lagi bagian penyesuaian desain lain. Contoh di depan, fasad dibikin lebih gahar berkat sayatan kanal udara besar di sudut. Area dagu tidak dibiarkan polosan. Dari aransemen wajah M4 ditambahkan splitter gondrong mengarah ke jalanan. Kuda-kuda tampak semakin rendah pula. Rok panjang ikutan melebar berikut penambahan ornamen penyempurna aerodinamika menghiasi bokong.

Belum ada informasi lanjutan terkait jantung pacu. Besar kemungkinan merupakan hasil korekan dari unit 6 silinder 3,0 liter standar M4. Berkaca pada sejarah, M4 GTS dibuat sebagai model terkencang. Sudah mesin dipompa kuat, bobot dikurangi juga. Tak heran kalau potensi meningkat drastis. Sebagai gambaran, di generasi F82, tenaga melonjak dari basis 430 jadi 500 hp. Torsi pun ikutan membengkak jadi 600 Nm.

Andai benar mobil dalam foto merupakan kelanjutan M4 GT di generasi G82, dapat diekspektasikan peningkatan performa. Termasuk juga pengurangan bobot di berbagai sektor, terutama dalam kabin. Masih menjadi misteri adalah eksistensinya dalam line up. Akankah dibuat terbatas seperti generasi sebelum atau malah dibuat reguler? Perlu bersabar untuk itu. Namun, dapat dipastikan ia tidak mejeng langsung di 24 September mendatang bersama M3 dan M4 biasa.

next gen BMW M3

BMW M3 dan M4 Mendebut 24 September

Waktu yang ditunggu-tunggu kian dekat saja. Perlahan detail pun mulai terkuak atau setidaknya beberapa telah dikonfirmasi. Contoh soal warna. Konon M3 bakal mendebut dengan kelir gelap Isle of Man Green. Grille mengenakan aransemen hitam sementara varian Competition mengusung trim serat karbon dan pelek hitam. Sementara itu, M4 diyakini mengenakan baju cerah Sao Paolo Yellow.

Urusan teknis, dapat dipastikan keduanya kebagian pemacu enam silinder 3,0 liter twin-turbo. Dua versi output resmi telah dikonfirmasi. Model standar sanggup menghasilkan 473 hp dan menyalurkan tenaga ke roda belakang via transmisi manual enam percepatan. Kasta di atasnya, Competition, siapkan otot 503 hp dikawin girboks otomatis delapan percepatan. Layout Rear Wheel Drive duluan berkenalan, baru setelah itu versi All-Wheel Drive masuk jajaran. (Krm/Tom)

Sumber: Motor1

Baca juga: Prototipe BMW i7 Tertangkap Basah, Bakal Menjadi Varian Paling Kuat 7 Series

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store