BMW M3 dan M4 Resmi Mendebut, Tampilkan Desain Menohok Membungkus Performa Tinggi

BMW M3 dan M4 Resmi Mendebut, Tampilkan Desain Menohok Membungkus Performa Tinggi

Setelah terus menggoda penggemar melalui berbagai spyshot dan teaser, akhirnya wujud duo M3 dan M4 disingkap. Tampaknya memang perlu bagi pabrikan untuk terus memamerkan aktivitas keduanya sebelum resmi meluncur. Pasalnya, kini M3 dan M4 melenggok dengan pakaian menohok. Berbeda dari biasanya.

Kalau menilai seberapa penting M3 dan M4 di line up BMW, sudah jelas mereka menduduki kursi prioritas. Mengawali karir sebagai pionir kupe/sedan kompak performa tinggi, hingga kini melekat sebagai bagian identitas BMW, khususnya Divisi Motorsport. Kendati begitu, memasuki generasi keenam, keduanya menyuarakan perubahan radikal. Mungkin perlu menyesuaikan diri lagi di depan penggemar.

2021 BMW M4

Tak lain dan tak bukan adalah aplikasi muka baru kontroversial untuk M4 juga M3. Grille super besar mejeng dari ujung kap mesin lalu menjorok ke bawah mengikuti gaya dari base model 4 series. Kemudian diapit mata LED memicing intimidatif, atau berisi teknologi Laserlight opsional. Yang jelas, kalau berbicara agresif, itu sudah pasti. Terutama berkat rongga udara samping grille berikut sayatan air intake di sisi terluar.

Baca Juga: Prototipe BMW M3 Unik yang Tak Pernah Diproduksi

Sisi gahar juga ditunjukkan oleh elemen tubuh lain. Mereka datang dengan standar atap serat karbon. Atau, dapat pula memilih moonroof tanpa biaya tambahan. Kian kental lagi berkat pemasangan splitter depan dan samping, serta diffuser mengotak berisi empat lubang knalpot. Belum selesai sampai di situ, pakaian performa tentu disudahi sepatu peningkat fungsionalitas. Staggered, dalam arti diameter roda belakang lebih besar 1 inci dari depan. Model standar mengenakan komposisi 18-19 inci sementara si kencang versi Competition mengusung 19-20 inci.

BMW M3 drift

Dalam sejarahnya, M3 dan M4 memang bersolek lebih agresif. Hanya saja tidak sampai melakukan operasi plastik hingga bikin pangling. M4 mungkin sesuai arahan, tapi M3 sedan malah belok dari patron tradisi. Berbeda jauh dari 3er versi basic. Dijelaskan sebagai fitur desain spesifik M guna membedakan non-M. Entah butuh berapa lama untuk dapat menyesuaikan mata. Namun tak perlu juga merengek karena sudah terjadi, tinggal melihat bagaimana keduanya bisa diterima.

Yep, melanjutkan alur jenis varian, sang duo terbagi atas dua model: standar dan Competition. Di balik bonnet bersembunyi pemacu hasil kembangan terkini. Sebuah unit enam silinder segaris 3,0 liter twin turbo berkode S58. Dalam spek terendah, jantung sanggup mengail tenaga sampai 473 hp berikut torsi puncak 550 Nm. Versi Competition tentu lebih buas, siap gelontorkan output tenaga 503 hp dan momen puntir sampai 650 Nm.

BMW M3 & M4 rear

Kabar baik, BMW tetap mempertahankan opsi transmisi manual dan penggerak roda belakang. Tepatnya girboks manual 6 speed sebagai komponen dasar penyalur daya M3 dan M4. Sementara itu, Competition menggendong transmisi otomatis delapan percepatan M Steptronic. Namun, di masa mendatang bakal mejeng pula versi xDrive (AWD) untuk Competition. Merupakan sistem penggerak empat roda serupa M5 dengan bias utama di poros belakang. Pun distribusi ke roda depan dapat diputus sepenuhnya demi atraksi pencipta senyum kala menikung.

Peningkatan performa tentu berimbas pada potensi berlari. Akselerasi ke 100 kpj tuntas dalam tempo 4,2 detik untuk M standar dan 3,9 detik di Competition. Dibejek habis, napas bakal ditahan sistem sampai kecepatan 250 kpj. Kecuai memesan paket M Driver’s Package, velositas puncak meningkat hingga menyentuh 290 kpj.

2021 BMW M4 cabin

Segudang fitur dari model merakyat turut dibawa masuk Divisi Motorsport. Termasuk di dalamnya sistem infotainment 10,3 inci dan instrumen panel digital 12,3 inci. Bahkan sampai ke sistem iDrive 7.0 dengan fungsi navigasi, konektivitas smartphone, sampai asisten suara BMW. Sebagai pembeda, instrument cluster dan display touchscreen membawa sentuhan dan mode spesifik M.

Baca Juga: AC Schnitzer Garap Jajaran BMW M8, Suguhkan Performa Galak dan Tampilan Gahar

Diferensiasi paling kentara adalah bucket seat baru terbungkus merino leather. Sokongan area samping lebih mencuat dan tebal guna menahan posisi duduk kala menikung. Andai kurang menyokong tubuh, pembeli dapat memilih bangku opsional M Carbon. Lebih simpel dan terkesan nuansa balap. Juga secara bobot terpangkas sampai 9,5 kg berkat konstruksi serat karbon. Di samping itu, penyesuaian model M meliputi tombol start/stop engine merah, trim serat karbon opsional, sebaran lambang M, dan tombol mode berkendara M.

BMW M3 engine

Ada satu fitur opsional yang bikin M3 dan M4 seolah dapat memenuhi jiwa kekanakan: M Drive Professional. Sistem bakal menganalisa driving line dan catatan waktu dalam sirkuit. Itu terkesan dewasa dan pintar. Tapi lain cerita untuk fungsi M Drift Analyzer di dalamnya. Ia merekam durasi saat menginisiasi drift, jarak, serta garis dan sudut buangan bokong. Seakan jadi bagian penilai sejauh mana pengemudi bersenang-senang lewat ‘ngepot’.

Kembali ke urusan dewasa, dalam garda keselamatan melekat komponen Active Driving Assistant Package di spek terendah. Meliputi peringatan perpindahan jalur, informasi batas kecepatan, kemampuan deteksi blind spot, rear cross traffic alert, sampai emergency brake otomatis saat mundur. Melirik Competition lebih canggih lagi. Paketnya termasuk cruise control adaptif, Traffic Jam Assist, Active Lane-Keeping Assist, Blind-Spot Assist, dan pengereman darurat secara otomatis di kecepatan tinggi.

Harga M3 sedan teranyar dimulai dari 69.900 USD atau setara Rp 1,04 miliar di AS. M4 Coupe sendiri 71.800 USD, sekitar Rp 1,066 miliar. Di ranah Competition, masing-masing dibanderol 72.800 USD (Rp 1,08 miliar) atau 74700 USD (Rp 1,11 miliar). Sebagai catatan, ini merupakan model standar berpenggerak roda belakang. Untuk versi xDrive baru akan meluncur 2021 nanti. (Krm/Odi)

Baca Juga: BMW M4 Bertubuh Gahar Tertangkap Kamera, Diduga Varian Terbuas

Ahmad Karim

Ahmad Karim

Ahmad Karim bergabung bersama OTO.com pada bulan September 2019. Sebelumnya ia pernah magang di Majalah Autocar Indonesia, kemudian banting setir bekerja di bank. Tapi dasarnya memang doyan otomotif, bank ia tinggalkan dan bergabung bersama OTO. Penampilannya yang unik dengan rambut kribo dan dandanan era Flower Generation, bikin Karim mudah dikenali. Sehari-hari ia mengandalkan transportasi umum untuk wara-wiri. Tapi di garasinya tersimpan sebuah BMW E30 rakitan 1989.

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil BMW

  • BMW M4 Coupe
    BMW M4 Coupe
  • BMW iX1
    BMW iX1
  • BMW i5
    BMW i5
  • BMW 3 Series Sedan
    BMW 3 Series Sedan
  • BMW X1
    BMW X1
  • BMW 4 Series Convertible
    BMW 4 Series Convertible
  • BMW 8 Series Coupe
    BMW 8 Series Coupe
  • BMW iX
    BMW iX
  • BMW i4
    BMW i4
  • BMW X4
    BMW X4
Harga Mobil BMW

Jangan lewatkan

Promo BMW M4 Coupe, DP & Cicilan

GIIAS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature

Video Mobil BMW M4 Coupe Terbaru di Oto

Oto
  • BMW M4 2017 Exhaust Sound, In Depth Review Interior Exterior
    BMW M4 2017 Exhaust Sound, In Depth Review Interior Exterior
    16 May, 2017 . 57K kali dilihat
  • 2017 BMW M4 Coupe Full REVIEW, Start Up, Exhaust (M Competition Package)
    2017 BMW M4 Coupe Full REVIEW, Start Up, Exhaust (M Competition Package)
    16 May, 2017 . 87K kali dilihat
Tonton Video Mobil BMW M4 Coupe

Bandingkan & Rekomendasi

BMW M4 Coupe
BMW M4 Coupe
Rp 1,999 Milyar
Tulis Review Harga M4 Coupe
Mercedes Benz GLE-Class
Audi RS5
Audi RS5
Rp 2,587 Milyar
Tulis Review Harga Audi RS5
Toyota GR Supra
Toyota GR Supra
Rp 2,188 Milyar
Harga GR Supra
BMW 8 Series Gran Coupe
Mesin 2979
2999
2894
2998
2998
Tenaga 431
367
451
382
340
Tempat Duduk 4
5
5
2
5
Jenis Transmisi Otomatis
Otomatis
Otomatis
Otomatis
Otomatis
Bandingkan Sekarang

Tren Coupe

Artikel Mobil BMW M4 Coupe dari Carvaganza

  • BMW M4 Convertible Meluncur Goda Pecinta Kecepatan Tanah Air
    BMW M4 Convertible Meluncur Goda Pecinta Kecepatan Tanah Air
    Anjar Leksana, 24 Jun, 2023
  • Ivan's Motor Datangkan BMW M4 CSL Pertama Di Indonesia, Hanya Diproduksi 1.000 Unit
    Ivan's Motor Datangkan BMW M4 CSL Pertama Di Indonesia, Hanya Diproduksi 1.000 Unit
    Alvando Noya, 21 Nov, 2022
  • BMW M4 CSL Resmi Lahir, Hadiah Ulang Tahun Ke-50 BMW M
    BMW M4 CSL Resmi Lahir, Hadiah Ulang Tahun Ke-50 BMW M
    Wahyu Hariantono, 20 Mei, 2022
  • GIIAS 2021: Ini Daftar Mobil Limited Edition Incaran Para Kolektor
    GIIAS 2021: Ini Daftar Mobil Limited Edition Incaran Para Kolektor
    Wahyu Hariantono, 16 Nov, 2021
  • BMW M3 dan M4 Competition "Sold Out" di Indonesia, Apa Itu Pandemi?
    BMW M3 dan M4 Competition "Sold Out" di Indonesia, Apa Itu Pandemi?
    Alvando Noya, 02 Sep, 2021

Artikel Mobil BMW M4 Coupe dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • BMW Indonesia Rilis M4 Competition Convertible M xDrive Senilai Rp2,6 Miliar
    BMW Indonesia Rilis M4 Competition Convertible M xDrive Senilai Rp2,6 Miliar
    Anjar Leksana, 23 Jun, 2023
  • GIIAS 2021: BMW M4 Competition x KITH, Pertama dan Satu-satunya di Asia Tenggara,
    GIIAS 2021: BMW M4 Competition x KITH, Pertama dan Satu-satunya di Asia Tenggara,
    Zenuar Istanto, 12 Nov, 2021
  • BMW M3 dan M4 Datang Langsung Menggoda dalam Spek Competition
    BMW M3 dan M4 Datang Langsung Menggoda dalam Spek Competition
    Ahmad Karim, 30 Jun, 2021

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*