BMW Group Indonesia Siapkan Lebih Dari 20 Model Baru untuk 2021

BMW Group Indonesia Siapkan Lebih Dari 20 Model Baru untuk 2021

Masuki tahun baru, BMW Group Indonesia jelas punya strategi untuk memperkuat posisinya di segmen premium. Digitalisasi menjadi salah satu fokus, bersamaan dengan penyempurnaan pengalaman bagi pelanggan lewat jaringan penjualan. Namun bukan itu saja, dipastikan energi gempuran produk baru tidak melemah setelah melalui 2020 yang sangat sibuk.

Ya, selama pandemi kemarin BMW Indonesia sudah terlihat memanfaatkan kanal digital baik itu sebagai saluran komunikasi maupun penjualan. Ambil contoh pengenalan produk baru secara digital berikut penjualan kendaraan via e-commerce. Hal itu pun diakui akan terus dikembangkan tanpa melupakan sisi offline.

"Di tahun 2020 digitalisasi itu kami banyak melakukan gebrakan, dan kami juga coba lagi kemudian kami perbaiki lagi. Dan di tahun 2021 ini akan tetap menjadi fokus. Jadi seamless experience untuk customer baik itu online atau offline itu akan terus ditingkatkan," papar Director of Communication BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania di sela peluncuran tiga SUV anyar (29/1). Ia menjanjikan layanan terbaik bagi pelanggan sejak awal masuk ke diler atau website BMW. Pun sisi offline tak terlupakan dengan menambah jumlah showroom.

BMW X1 X3 X5 2021

Yang menarik justru gempuran produk baru selama 2021. Jodie menjanjikan akan ada lebih dari 20 model anyar dari BMW dan Mini. Tak kalah sibuk ketimbang tahun lalu. Seminimalnya untuk BMW, tiga sudah terkuak lewat improvement line-up X1, X3, dan X5. Namun di luar tiga model tadi, ada seri apa lagi yang tengah menanti hari besar?

Baca juga: BMW Indonesia Jual M2 Edition Futura 2000, Simak Keistimewaan Mobil Seharga Rp 2 Miliar

Boleh jadi tidak lama lagi kita akan kedatangan flagship Sports Activity Vehicle (SAV) BMW rakitan dalam negeri. Tidak disebutkan kapan tanggalnya namun dibilang “dalam waktu dekat”. Rencananya sendiri sudah eksis sejak awal berkenalan bahwa X7 akan dibuat berstatus CKD. Selain dikarenakan seri tertinggi, jumlah permintaan juga dinilai besar.

“Dari awal kita juga sudah mempunyai strategi bahwa kendaraan ini akan di-Completely knock Down di Indonesia. Bersyukurnya adalah tahun lalu demand X7 sangat amat besar. Sebagai contoh ketika batch pertama X7 itu datang itu langsung sold out karena kebetulan memang kita juga tidak dapat kuota banyak,” ucap Bayu Riyanto sebagai Vice President of Sales BMW Group Indonesia. Bila mengacu data Gaikindo, sebanyak 91 unit BMW X7 xDrive40i sudah tersalur ke diler selama 2020.

BMW X7

Belum diumumkan berapa harganya, namun diketahui bakal tersemat upgrade dari varian eksis Pure Excellence. Untuk detailnya sendiri kita masih harus sabar menanti. Yang jelas berpotensi semakin menarik sebab saat ini saja kelengkapan X7 xDrive40i Pure Excellence sudah terbilang sangat mewah dan berkecukupan. Pengaturan AC saja sudah lima zona. Belum lagi leather seat, atap panoramic, acoustic glazing, soft-close door masuk dalam deret peningkat rasa berkelas. Tak ketinggalan sistem informasi iDrive mutakhir plus kemampuan integrasi smartphone. Masih ada pula kemampuan lain yang tak kalah canggih.

Jika melirik ke pasar global, gudang persenjataan untuk BMW Indonesia jelas tidak bisa dibilang hampa. Begitu banyak produk gres meluncur tahun lalu. Dari model standar, performa, hingga elektrifikasi sudah siap dimainkan. Well, strategi secara mendetail memang baru akan dijelaskan kala X7 CKD meluncur. “Kalau kami bicara soal angka penjualan, strategi secara detail itu kita masih dalam finalisasi. kami akan menghadirkannya bertepatan dengan pada saat kami meluncurkan BMW X7 yang diproduksi secara lokal di Indonesia,” pungkas Jodie. Kendati begitu, setidaknya ada sedikit bocoran bisa diambil.

Misal kehadiran sedan yang terkenal dengan jargon “Business Athlete”. “Kami juga akan menghadirkan satu kendaraan yang sangat ikonik Business Athlete yang sangat terkenal juga untuk fans BMW itu juga akan dihadirkan di tahun ini tapi tunggu saja saat kami share strategi kami,” kata Jodie. Mungkinkan M5 atau varian baru? Sepertinya bukan. Bila mengacu pasar global, prediksinya adalah 5er terbaru dalam fase Life Cycle Impulse (LCI) alias facelift.

Promo BMW 5-series

Jika benar, diekspektasikan 5er kebagian revisi pahatan wajah dan buritan. Matanya meramping dan terkesan lebih agresif berisi grafis anyar. Sewajarnya dipasang teknologi laserlight lantaran sekelas 3 Series sudah kebagian. Begitu pula di bokong, wujud ubahan terletak di lampu bersama revisi desain bumper. Urusan fitur, diharapkan semakin lengkap plus tambahan kemampuan Driving Assistance.

Di samping model standar, Jodie memastikan BMW tetap luncurkan spesies buas dari Divisi Motorsport. “Mengenai BMW M, juga kita pasti akan luncurkan kendaraan-kendaraan BMW M di tahun ini,” paparnya. Seleksi model tidak diperinci, bisa jadi X5 M mengingat pamor SUV masih sangat tinggi. Pun didukung pernyataan bahwa BMW Indonesia akan memiliki varian SUV lengkap dengan upgrade. Belum tentu juga sebatas satu seri X sebab duo M3 dan M4 telah eksis di market global. Akankah meluncur tahun ini? Kita tunggu saja kabarnya.

Tak kalah menarik adalah kelanjutan strategi elektrifikasi APM. Gemuruhnya diyakini akan kembali terdengar, bisa kita antisipasi di kuartal kedua. “Untuk strategi dari elektrifikasi kendaraan BMW dan Mini itu akan diumumkan kira-kira di quarter kedua,” jelasnya. Ia lanjut menambahkan bahwa akan menghadirkan kendaraan terbaru dan relevan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas ramah lingkungan itu – dikonfirmasi datang tahun ini.

BMW X3 PHEV

Entah siapa sang kontestan elektrifikasi terbaru itu lantaran dari market global cukup banyak seleksi. Ada pilihan EV teranyar seperti BMW iX3 dan si flagship teknologi listrik iX. Begitu pula di ranah hybrid, tersedia amunisi berupa 3 series, 5 series, X3, hingga X5 PHEV. Jika mengacu informasi Samsat DKI Jakarta, ada kemungkinan X3 xDrive30e diboyong mereka. Untuk segala kejelasannya, mari kita tunggu berbagai kejutan dari BMW Group Indonesia. (Krm/Tom)

Baca juga: BMW iX Bawa Segudang Inovasi Termutakhir dalam Format EV, Simak Kecanggihannya