• Wishlist

Bluebird Kini Punya Mobil Listrik Tesla dan BYD

Bluebird Kini Punya Mobil Listrik Tesla dan BYD

PT Blue Bird Tbk resmi memperkuat armadanya dengan mobil listrik. Dinamai e-Taxi, ini menjadi langkah strategis terbaru bagi perusahaan penyedia layanan transportasi taksi di Indonesia itu. Dua pabrikan otomotif dipilih untuk menyediakan unitnya, yaitu BYD dan Tesla.

Sebagai tahap awal sebanyak 25 unit BYD dan 4 unit Tesla dioperasikan. Adapun varian BYD yang dipilih adalah e6 bertransmisi otomatis untuk melayani konsumen Bluebird. Model ini memang diketahui sudah banyak digunakan perusahaan taksi di beberapa negara. Sementara Tesla mengusung Model X 75D A/T yang ditujukan sebagai Silverbird.

Silverbird Tesla

“Kami sangat bangga menjadi pionir dalam menghadirkan kendaraan listrik di industri transportasi Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan transportasi terbesar yang telah melayani masyarakat Indonesia lebih dari 46 tahun, Bluebird terus melakukan terobosan baru. Sehingga Bluebird dapat menjadi penyelenggara angkutan taksi terdepan di Indonesia,” ucap Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo di Jakarta, Senin (22/04).

Tesla, pabrikan Amerika Serikat, sejak awal memang memproduksi kendaraan listrik. Sementara BYD, produsen mobil Cina ini, dikenal memfokuskan bisnisnya pada kendaraan ramah lingkungan, termasuk bus elektrik. Beberapa produknya sudah bisa ditemukan di berbagai negara, yang juga dipakai sebagai angkutan umum.

Interior Tesla Model X

"Melalui inovasi ini, Bluebird tidak hanya bertujuan meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan bagi pelanggan. Namun juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta," tambahnya.

Wujud kepedulian Bluebird terhadap lingkungan, semakin diperkuat dengan program One Ride One Seed. Menggandeng World Wide Fund for Nature (WWF) dan Jagha Bumi, nantinya setiap penumpang dari armada listriknya berkontribusi menanam satu pohon di area sungai Ciliwung dan di tengah Jakarta. Program ini dimulai Juli 2019 dengan target lebih dari 2.000 pohon.

Bluebird BYD e6

Rencananya Bluebird mengoperasikan 200 mobil listrik hingga 2020. Dengan unit sebanyak itu diperkirakan dapat memangkas 434,095 kg emisi karbon dioksida dan konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter. Jumlahnya terus ditambah, bahkan selama periode 2020 hingga 2025 diboyong 2.000 unit lagi. Perhitungan bahan bakar yang dihemat mencapai 94.909.091 liter dan mengurangi produksi emisi CO2 sebesar 21.704.760 kg. Berkat terobosannya, Bluebird pun mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai "penyedia taksi listrik pertama di Indonesia". (Hfd/Ind)

Baca Juga: Penyebab asuransi mobil Anda ditolak