• Wishlist

Apex AP-0, Sportscar Listrik dari Hong Kong

Apex AP-0, Sportscar Listrik dari Hong Kong

Dibatalkannya pameran Geneva Motor Show 2020 tentu mengecewakan. Padahal beberapa pabrikan siap menyajikan mobil terbaru. Seperti pabrikan yang mungkin tak banyak diketahui pasar global, Apex. Sudah menyiapkan mobil sport elektrik sepenuhnya, bernama AP-o.


Masih tahap pengenalan, Apex AP-0 direncanakan masuk jalur produksi pada 2020. Merek yang bermarkas besar di Hong Kong ini sebenarnya telah menelurkan banyak produk. Sebelumnya merilis AP-1 untuk pasar Hong Kong, yang menggunakan mesin Ford EcoBoost 2,3-liter.


Apex AP-0 punya platform berbeda dari AP-1. Berjenis coupe dua penumpang, sepintas mirip Koenigsegg. Banyak memakai material serat karbon pada struktur maupun bodinya. Klaim bobot cuma 1.199 kg. Itupun didominasi baterai lithium-ion 90 kWh yang mencapai 550 kg. Kapasitas yang besar, membuatnya sanggup melaju hingga 514 km (berdasarkan pengujian WLTP Eropa).


apex electric car


Ukuran tubuh tak terlalu besar. Memiliki panjang 4/378 mm, serupa Porsche 718 Cayman. Walau begitu, jarak sumbu rodanya mencapai 2.649 mm, atau lebih panjang 175 mm dari Cayman. Untuk mengoptimalkan laju dan kestabilan, ground clearance dibuat hanya seceper 93,98 mm. Pengendaliannya ditopang suspensi pushrod gaya mobil balap. Lalu penghela laju mempercayakan keramik karbon dengan caliper enam piston di roda depan.


Baca Juga: Toyota Bakal Produksi Mobil Listrik Hybrid di Indonesia Pada 2022


Jantung mekanis berupa motor elektrik dipercayakan hanya untuk memutar roda belakang. Konfigurasinya mampu menghasilkan 658 PS dan 578 Nm torsi. Klaim akselerasi dari posisi nol ke 100 kpj bisa ditempuh dalam 2,3 detik, dengan kecepatan puncak 305 kpj.


Sayang, dalam gambar yang dipublikasi resmi oleh Apex, tak memperlihatkan interiornya. Masih tertutup rapat, belum dipublikasikan. Namun diungkap, bakal bergaya minimalis ala mobil balap. Tampak wajar bila melihat eksterior ekstremnya. Yang pasti, pengemudi dan penumpang bakal melewati akses pintu model gullwing, khas mobil supercar.


sportcar electric apex


Fitur pendukung berkendara juga mumpuni. Wajah depannya disematkan sensor Lidar. Ini biasanya dipakai tak hanya untuk mencegah terjadinya insiden tak diinginkan, tapi juga sebagai pendukung navigasi otonom. Ya, Apex mengaku AP-0 turut dibenamkan sistem otonom level 3. Kesenangan berkendara makin didapat, lantaran terdapat tampilan augmented reality holografik, yang dapat menampilkan jalur balap seperti dalam permainan video.


Lantas berapa harganya? Diperkirakan mencapai $ 195 ribu atau Rp 2,920 miliar. Nantinya, mobil ini dibangun di pabrik Apex di Inggris. Setidaknya menargetkan 500 unit bakal diproduksi dalam setahun. (Hfd/Odi)


Sumber: Caranddriver


Baca Juga: Microlino 2.0, Mobil Listrik Mungil Reinkarnasi BMW Isetta

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store