Akhir Cerita Produksi Toyota di Australia

Akhir Cerita Produksi Toyota di Australia

Cerita Toyota memproduksi mobil di Australia menemui ujungnya besok (04/10/2017). Hal ini seiring dengan berakhirnya produksi pabrik mereka yang ada di Altona, Melbourne. Sejak 54 tahun lalu, hingga saat ini, tercatat pabrik itu telah memproduksi 3.451.115 unit kendaraan.

Sebenarnya kabar penutupan ini bukanlah hal baru. Toyota sudah menginformasikannya sejak 2014 lalu. Akibat penutupan ini, 2.500 pekerja terpaksa dirumahkan. Meski tidak menuturkan hal jelas mengapa penutupan dilakukan, namun mahalnya ongkos produksi, yang berujung naiknya harga mobil diperkirakan jadi pemicu.

Namun pabrik Toyota, rupanya tidak benar-benar ditutup. Mereka melakukan perubahan desain dan fungsi pabrik. Ini diperlukan karena Toyota Australia beralih peran menjadi importir.

Tempat itu bakal jadi lokasi pengembangan dan pelatihan produk Toyota. Dan untuk mendukung itu, kantor penjualan dan pemasaran juga dipindahkan dari Sydney ke kantor pusat Toyota Motor Corporation Australia di kota Melbourne.

Sebagai informasi, Toyota beroperasi di Australia sejak Juli 1963 dengan membuka pabrik di Tiara Port, Melbourne. Kemudian Toyota mengembangkan fasilitas diproduksi di Altona dengan memproduksi Corolla yang saat ini penjualannya memimpin pasar sedan di Australia. Selain Corolla, Toyota juga membuat Camry di pabrik mereka pada Maret 1995. Selanjutnya, produsen asal Jepang ini menambah produk yang mereka buat, Aurion pada Oktober 2016.

Untuk menjadikan penutupan pabrik ini terasa maknanya, Toyota meluncurkan mobil spesial yang diberi nama Camry Hybrid Commemorative Edition. Camry spesial ini dibuat terbatas, hanya 54 unit dengan harga 41.150 dolar Australia atau sekitar Rp 438 jutaan.

Mobil spesial terdapat beberapa pembeda dengan Camry biasa. Seperti paduan warna eksteriornya, metalik dan atap berkelir hitam. Keunikan lain, grille bawah yang diberi sentuhan merah. Bagian kabinnya, mengusung tema Sport Mesh yang dipadu lampu blue footwell illumination, sampai pemasangan logo Camry dengan menggunakan pelat khusus.

Sebagai penanda edisi terbatas, diberikan emblem pada bagian belakang dan floor mats. Untuk bagian mesin, tidak berbeda dengan model biasa, tetap menggunakan mesin 2.500 cc dan ditambahkan motor listrik serta transmisi CVT. Mesinnya diklaim sanggup menyuplai tenaga hingga 202 hp.

Baca Juga: Toyota Luncurkan SUV Baru Akhir Tahun, Apakah Rush?