• Wishlist

4 Faktor Mengapa Suzuki Ignis Menarik untuk Dipinang

4 Faktor Mengapa Suzuki Ignis Menarik untuk Dipinang

Tersedia banyak pilihan bila ingin membeli mobil perkotaan, salah satunya Suzuki Ignis. Berkarakter unik sebagai pemain segmen city car, mulai dari desain hingga fitur. Rentang harga Rp 160- 190 jutaan mengisi celah antara LCGC dan hatchback kompak 1.500 cc. Di antara beberapa rival sekelas, inilah faktor utama yang mengundang rasa untuk meminang Ignis.


ignis


Desain Unik


Suka atau tidak, Ignis punya gaya berbeda dari kontestan city car 1.200 cc lain. Mengikuti tren SUV, ia mengadopsi rancangan tangguh. Lihat saja bagian terbawah bodi. Dominasi ornamen plastik hitam selalu muncul di setiap varian (GL dan GX), baik itu di sepatbor atau bumper. Pemanfaatan roof rail di tipe GX juga mencirikan cara bersolek ala SUV. Cerukan samping kap mesin menunjukkan elemen seperti Vitara.


Ada unsur retro yang ingin ditampilkan Suzuki. Mencampur corak 70an Fronte dalam satu kemasan. Profil tubuh dengan kaca belakang, melandai menggambarkan warisan Fronte empat pintu. Detail tiga sirip di pilar C diambil dari varian kupe. Sementara parasnya menggambarkan hatchback 70an ini: seolah membentuk satu grille hitam memanjang dari sisi ke sisi, sebagai rumah lampu utama.


Ground Clearance


Bukan hanya berpose bak SUV, ground clearance juga lebih tinggi ketimbang city car pada umumnya. Tepat 180 mm dari titik paling bawah mobil ke permukaan jalan. Hanya sekitar 2 cm lebih rendah dari LMPV yang beredar. Semakin diuntungkan oleh jarak antarsumbu sepanjang 2.435 mm, membuat pengemudi tak perlu khawatir ketika jalan menukik tajam.


Irit Bahan Bakar


Jantung mekanis 4-silinder segaris berkode K12M memang tidak hasilkan figur menarik. Daya maksimum hanya 83 PS berikut momen puntir 113 Nm. Jumlah daya ini masih bisa dibilang pas karena Ignis berbobot 840 kg. Namun, efisiensi bahan bakar lebih penting ketimbang keluaran daya mesin. Sesuai pengujian BT2MP-BPPT, Ignis bertransmisi manual mampu mencapai 23,64 kilometer per liter. Sementara angka 23,44 kmpl diraih oleh varian Auto Gear Shift (AGS).


Fitur


Untuk fitur di kabin, Suzuki menyematkan beragam kelengkapan pendukung kenyamanan penumpang. Sarana hiburan hadir melalui head unit touchscreen yang terlihat mengambang di tengah dasbor. Konektivitas tersedia mulai dari USB, AUX dan Bluetooth. Pada varian GX, Head unit dan telepon bisa dikontrol melalui lingkar kemudi. Kesan mewah didapat melalui keyless entry dan tombol start/stop engine. Juga ditemukan automatic climate control bergaya unik seperti tabung terpisah.


Soal keselamatan, Suzuki melengkapi Ignis dengan peranti standar. Dual SRS Airbag mengurangi benturan bila terjadi kecelakaan. Selain itu, terdapat ABS+EBD agar kendali tetap terkontrol di saat-saat kritis. (Krm/Odi)


Baca Juga: Suzuki Ignis Facelift Diperkirakan Meluncur Oktober

Jelajahi Suzuki Ignis

Suzuki Ignis Rp 166 - Rp 195 Juta Cicilan : Rp 3,79 Juta

Bandingkan & Rekomendasi