Pahami Arti Lambang Di Panel Indikator

Pahami Arti Lambang Di Panel Indikator

Kondisi mobil bukanlah hal yang sulit untuk dikenali perubahan atau situasinya. Setiap anomali di banyak perangkat, utamanya yang berkaitan dengan kondisi kendaraan biasanya sudah memiliki sensor masing-masing. Semua pabrikan biasanya sudah berbaik hati menyediakan ragam parameter untuk memberi notifikasi ketika ada perubahan pada perangkat tersebut. Tentu saja tak semua notifikasi berarti ada sesuatu yang buruk terjadi.

Walau tak ada bahasa keseragaman dalam menyampaikan pesan lewat notifikasi, namun simbol-simbol biasanya digunakan oleh pabrikan lewat panel instrumen yang biasa disebut speedometer. Ya, speedometer yang ada di balik kemudi sebenarnya bukan sekadar memberikan informasi berapa kecepatan, putaran mesin, ataupun kondisi bahan bakar saja. Ada alasan kenapa pabrikan menyebutnya panel instrumen atau indikator.

Lewat simbol-simbol pada indikator tersebut, pabrikan berusaha memberi tahu dengan mudah berbagai kondisi kendaraan pada panel instrumen yang memang lokasinya dekat dengan mata pengemudi.

Berikut kami paparkan pada Anda arti simbol-simbol indikator di panel instrumen yang umum ditemukan di mobil-mobil yang beredar di Tanah Air yang kami rangkum dari laman Toyota Global Autozone dan Honda Carland. Note: simbol-simbol ini juga bisa Anda temukan di buku panduan pemilik kendaraan.

Cek Mesin

cek mesin dengan OBD

Tanda ini mengindikaskan komputer mobil membaca ada permasalahan pada sektor mesin. Karena mesin itu sendiri terdiri dari banyak komponen, biasanya untuk mengenali lebih detil titik permasalahannya perlu dibutuhkan pembacaan oleh teknisi menggunakan alat On Board Diagnostic (OBD).

Suhu Radiator

peringatan temperatur

Jika berwarna biru, biasanya indikator radiator memberi tahu bahwa suhu mesin belum cukup panas untuk bekerja. Jika berwarna merah, artinya radiator sudah terlalu panas, begitupun di mesin, jadi sebaiknya matikan kendaraan segera.

Tekanan Oli

Cek tekanan oli

Jika logo ini menyala, maka langsung hentikan kendaraan, dan diamkan hingga mesin dingin. Setelah itu, tambahkan oli. Ya, penyebab simbol ini muncul biasanya adalah menurunnya tekanan atau jumlah oli di mesin.

Servis

Pengingat waktu service

Simbol ini biasanya berbeda-beda tergantung pabrikan. Namun biasanya ada tanda kunci tang, dan mobil, atau kunci tang dan mesin. Artinya Anda harus segera memeriksakan kondisi kendaraan ke mobil. Tak perlu khawatir ada masalah, beberapa pabrikan biasanya mengaktifkan indikator ini dengan maksud mengingatkan jadwal perawatan berkala.

Aki

Indikator Aki

Sebagai perangkat penyimpan listrik untuk berbagai kebutuhan elektrikal mobil, aki pun biasanya memiliki indikatornya sendiri jika terjadi anomali. Biasanya yang terjadi adalah menurunnya daya listrik di aki. Hal ini bisa disebabkan juga oleh kemampuan alternator dalam menciptakan listrik menurun.

Power Steering

Ada kerusakan power steering

Saat ini sistem pemandu kemudi memang sudah beragam. Ada hidrolis maupun elektrik. Namun, apapun sistemnya, ketika terjadi anomali, maka dapat menimbulkan anomali pada pengendalian. Karenanya, jika logo kemudi ini menyala, artinya ada hal yang tidak normal terjadi pada sistem pemandu kemudi.

Kunci Tidak Terbaca

Kunci eror atau tidak terbaca

Sistem ini biasanya ada pada mobil dengan sistem Immobilizer. Di mana mobil tak akan mau menyala jika bukan kunci yang seharusnya yang digunakan untuk mengaktifkan. Baik itu menggunakan Smart Key ataupun kunci mekanis, jika logo ini muncul, artinya kunci yang seharusnya tidak ditemukan atau tidak terbaca oleh sistem. Sebaiknya jangan dulu menggerakkan mobil sebelum kunci ditemukan dan lambang ini hilang dari panel instrumen.

Tekanan Angin Ban

Cek tekanan angin ban

Biasanya indikator ini baru muncul jika mobil Anda dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Sensor akan mengirimkan sinyal pada komputer jika tekanan angin dirasa kurang. Memang tak sekonyong-konyong hanya karena berkurang 1-3 PSI saja, namun biasanya jika tanda ini muncul, artinya segera cek tekanan angin ban Anda.

Diesel Particulate Filter

peringatan DPF

Nah, indikator ini tentu saja hanya ada di mobil diesel. Bahkan mungkin hanya ada di mobil diesel modern dengan standar emisi Eropa, seperti BMW, Mercedes-Benz, dan lainnya. Sesuai namanya, perangkat ini akan membaca khusus perangkat diesel particulate filter (DPF) saja, bukan sampai ke mesin. Perangkat yang bertugas menyaring partikel berbahaya dari mesin diesel sebelum dibuang ke knalpot. Ketika indikator ini menyala, artinya polutan yang tersaring oleh DPF sudah menumpuk dan perlu diganti.

Lane Departure Warning

peringatan lane departure Indikator ini hanya menyala ketika mobil terbaca melintasi lajur yang seharusnya tanpa memberi peringatan ke pengguna jalan lain. Ya, artinya kendaraan Anda sedang berada dalam situasi yang membahayakan. Segera koreksi kemudi dan kembalikan mobil pada lajurnya. Sistem ini biasanya hanya ada di mobil dengan fitur lengkap, seperti All New Mazda2 Skyactiv, yang sudah dilengkapi dengan stereocamera untuk membaca marka jalan.

Bahan Bakar Habis

perhatikan BBM

Pabrikan mobil biasanya berbaik hati memberikan indikator jumlah bahan bakar pada mobil. Bukan hanya berbentuk meteran baik itu diagram maupun jarum yang menunjukkan berapa volume bahan bakar yang tersisa. Namun hingga jika bahan bakar sudah benar-benar kritis, dan harus segera melakukan pengisian pun, ada indikatornya. Ya, jika lambang ini sudah menyala atau berkedip. Baiknya segera arahkan mobil ke pom bensin terdekat.

Airbag Aktif

periksa airbag mobil

Sesuai tandanya, ini adalah tanda airbag atau kantung udara pengaman. Jika tanda ini muncul, berarti telah terjadi sesuatu pada airbag Anda. Kalau tanda ini menyala saat airbag tak mengembang, artinya sensor pembacaan pengaktifan airbag yang bermasalah.

Pintu Terbuka

peringatan pintu mobil

Pastikan lambang ini tak muncul ketika Anda akan menjalankan kendaraan. Ya, lambang ini menandakan ada pintu yang masih belum tertutup rapat. Tergantung fitur mobilnya, biasanya ada beberapa pabrikan yang hanya menggunakan lambang satu pintu terbuka untuk menandakan pintu manapun yang tak tertutup rapat, namun ada juga mobil dengan kasta lebih tinggi yang memberikan notifikasi dengan gambar lokasi pintu yang berbeda hingga pintu bagasi maupun kap mesin.

Kontrol Traksi

check kontrol stabilitas

Sistem yang bertugas memandu traksi roda ini pada beberapa model mobil memang memiliki fitur deaktivasi. Dalam kondisi normal, lambang kontrol traksi tak akan muncul, namun ketika anda nonaktifkan, lambang ini akan muncul. Yang artinya sistem memungkinkan terjadinya traksi berlebih atau perputaran roda maksimal tanpa membatasinya walau dalam kondisi apapun.

ABS

ABS bermasalah. Segera periksa

Rem dengan sistem ABS (Antilock Braking System) memiliki perangkat komplek yang bertugas mencegah roda terkunci saat pengereman. Jika logo ini menyala saat Anda tak melakukan pengereman, artinya terjadi anomali pada perangkat ini. Namun jika lambang ini muncul saat Anda melakukan pengereman, artinya sistem sedang bekerja mendukung pengereman.

Rem Tangan Aktif

jangan lupa turunkan rem tangan

Jika tanda ini menyala, artinya rem parkir atau rem darurat masih dalam kondisi aktif mencengkram roda. Jika Anda sedang berjalan, jangan sampai lambang ini muncul, karena artinya sistem rem sedang aktif melakukan pengereman dan bisa menghanguskan kampas rem.

Malfungsi Transmisi

cek transmisi

Biasanya indikator ini ada pada mobil bertransmisi otomatis. Sistem akan memberikan notifikasi jika terjadi malfungsi atau anomali pada girboks otomatis. Tergantung tipe atau model mobil, ada pula yang mengindikasikan sistem pelumasan transmisi memburuk. Yang pasti, jika logo ini muncul, maka segera periksakan transmisi mobil Anda.

Baca Juga: Jangan Sampai Tertipu Saat Beli Mobil Bekas

Foto: Autozone

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IMOS 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature