Lawan Potensial Neta V-II dan Wuling BinguoEV, Citroen E-C3 Tetap Pede Meski Tanpa ADAS

Begini perbandingan fitur yang dimiliki ketiganya

Lawan Potensial Neta V-II dan Wuling BinguoEV, Citroen E-C3 Tetap Pede Meski Tanpa ADAS
Contents
Baca SelengkapnyaSembunyikan

Mengisi segmen SUV kompak bertenaga listrik, Citroen E-C3 bersaing dengan rival seperti Neta V-II dan Wuling BinguoEV. SUV asal Prancis ini menampilkan desain modern dan ditawarkan dengan harga kompetitif. Berikut adalah fitur-fitur Citroen E-C3 yang siap bersaing dengan kendaraan sejenis di pasar Indonesia.

Citroen E-C3

Citroen e-C3

Sejak debutnya di GIIAS 2023, Citroen E-C3 berhasil menarik perhatian konsumen Indonesia. Desainnya yang menawan dengan grille emblem krom yang menyatu dengan lampu utama dan lampu Daytime Running berbasis LED. Nuansa SUV sangat terasa pada eksterior E-C3, ditandai dengan adanya roofrail, skidplate, dan bodi yang agak tinggi. Warna dual tone menambah kesan urban pada Citroen E-C3 yang dapat disesuaikan sesuai selera konsumen.

Interior Citroen E-C3 dapat mengakomodasi hingga lima penumpang dengan ruang bagasi tambahan di belakang. Joknya dilapisi material kain, sementara beberapa bagian interior seperti setir dilapisi kulit. Hiburan terpusat pada layar sentuh 10,2 inci yang kompatibel dengan smartphone melalui Bluetooth dan USB. Namun, beberapa pengaturan masih menggunakan tombol konvensional, termasuk AC dan pengaturan jok depan.

Dari segi performa, Citroen E-C3 ditenagai baterai 29,2 kWh yang dapat menjangkau hingga 320 km dalam sekali pengisian penuh. Mobil ini menghasilkan tenaga 57 hp dengan torsi maksimum 143 Nm. Suspensi yang nyaman juga menjadi salah satu keunggulan Citroen E-C3 di pasar Indonesia.

Namun, Citroen E-C3 tidak dilengkapi fitur ADAS yang telah menjadi standar pada kendaraan pesaing seperti Neta V-II dan Wuling BinguoEV. Citroen hanya menyertakan fitur keselamatan standar seperti airbag, ABS, EBD, sensor parkir, pengingat sabuk pengaman, kunci pintu sensitif kecepatan, dan child lock. Untuk kemudahan parkir, tersedia kamera belakang yang ditampilkan pada layar dashboard tengah.

Citroen E-C3

Mengenai absennya fitur ADAS pada Citroen E-C3, PT Indomobil National Distributor sebagai distributor resmi Citroen di Indonesia menyatakan bahwa ada fokus berbeda pada kendaraan tersebut. Menurut mereka, konsumen di segmen ini masih sangat minim membutuhkan fitur ADAS di dalam kendaraannya.

“Bicara soal ADAS memang betul Citroen EC3 ini belum dilengkapi oleh fitur tersebut, tetap banyak juga produk kita yang sudah dilengkapi oleh fitur ADAS. Salah satu strategi kita sebenarnya adalah memberikan EV dengan harga yang kompetitif dan kami juga melihat bahwa fitur keselamatan minimal sudah ada di mobil ini. Selain itu, Citroen E-C3 yang kami pasarkan ini lebih fokus kepada nilai accessibility yang bisa diakses oleh semua kalangan dan menyesuaikan dengan market yang ada,” kata Tan Kim Piauw, CEO PT Indomobil National Distributor.

Setelah menerima keringanan pajak dari pemerintah, Citroen Indonesia secara resmi meluncurkan E-C3 all electric dengan harga mulai dari Rp377 juta on the road. Tentunya menjadi sangat bersaing melawan Neta V-II dan Wuling BingoEV.

Baca Juga: Seleksi Mobil Listrik dengan Banderol di Atas Rp800 Juta

Neta V-II

Neta V-II

Neta V-II adalah penyempurnaan Neta V yang diluncurkan tahun lalu. Dengan mempertahankan desain dasar namun dengan revisi signifikan pada eksterior, interior, dan fitur-fiturnya. Model ini kini dilengkapi dengan pencahayaan LED. Bumper depan juga telah diperbarui dengan garnish hitam untuk menambah kesan elegan.

Di interior, Neta Indonesia memperkenalkan warna baru yaitu Optical White dan Mist Blue & White, yang menambah pilihan warna interior sebelumnya. Fitur-fiturnya cukup lengkap, termasuk layar 14,6 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, serta Vehicle to Load untuk kebutuhan listrik luar ruangan. Semua pengaturan fitur kabin diatur melalui layar sentuh vertikal di tengah dashboard, termasuk AC, sistem hiburan, dan aktivasi ADAS.

Neta V-II

Neta V-II meningkatkan layanan ADAS yang mencakup Forward Collision Warning, Full-Speed Adaptive Cruise Control, Intelligent Cruise Assist, Emergency Lane Keeping Assist, Traffic Jam Assist, dan Automatic Emergency Braking. Fitur keselamatan standar seperti Dual Front Airbag, Hill Start Assist Control, Hill Descent Control, dan Electronic Stability Control juga tersedia.

Neta V-II juga memperbarui performanya dengan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 36,1 kWh. Meskipun kapasitasnya lebih kecil dari sebelumnya, diklaim memiliki jarak tempuh sama 401km. Tenaga dihasilkan sebesar 93 hp dan torsi puncak 150 Nm.

Dengan revisi dan peningkatan fitur, Neta V-II ditawarkan dengan harga Rp299 jutaan. Ia juga telah resmi diproduksi secara lokal di Indonesia dan memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 44 persen.

Wuling BinguoEV

Wuling Binguo EV

Desain Wuling BinguoEV menonjol dengan keunikan mirip Air EV dan Cloud EV. Bagian depannya sederhana dengan lampu utama besar berteknologi LED. Menariknya lagi, Binguo EV mengadopsi tema dual tone pada eksteriornya dan pelek 15 inci yang futuristik serta sporty.

Di dalam, kokpit yang familiar seperti Air EV menyambut kita. Fiturnya termasuk layar 10,2 inci yang berfungsi untuk hiburan, kamera mundur, dan kontrol fitur berkendara. Meskipun belum semua fitur dapat diakses melalui perintah suara Wuling Indonesian Command (WIND), semua kursi telah dilapisi kulit sintetis dan kursi pengemudi dapat diatur elektrik enam arah.

Wuling Binguo EV

Ada dua varian Wuling Binguo EV yang tersedia di Indonesia, dengan harga mulai dari Rp317 juta. Varian standar menawarkan jarak tempuh 333 km dengan baterai 31,9 kWh, menghasilkan tenaga 66hp dan torsi maksimum 150Nm. Varian tertinggi dapat menempuh 410 km dengan baterai 37,9 kWh, menghasilkan tenaga 66hp dan torsi 125Nm.

Semua varian dilengkapi dengan mode berkendara ECO, ECO+, Sport, dan Normal. Meskipun Binguo EV belum dilengkapi ADAS, fitur seperti Cruise Control, Hill Hold Control, Electronic Stability Control, dan Auto Vehicle Hold sudah standar di semua varian. Namun, tipe charger GB/T yang belum umum di Indonesia masih menjadi pertimbangan bagi beberapa konsumen. (NDO/ODI)

Baca Juga: Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize

Alvando Noya

Alvando Noya

Pria lulusan IISIP Jakarta ini memulai karir sebagai wartawan otomotif di majalah Motor Trend Indonesia pada 2012 silam. Sempat menarik diri dari dunia jurnalistik selama beberapa tahun, kemudian pada 2021 akhirnya kembali dan bergabung bersama oto media group. Alvando Noya is a reporter for otomedia group with 8 years experienced as automotive journalist. He graduated from Institute of Social and Political Science Jakarta with a bachelor degree in Faculty of Communication Science. He started as an intern in one of national TV station in 2010. Prior to joining Oto Media Group, Alvando was working in Motor Trend Magazine and Carvaganza Magazine.

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Citroen

  • Citroen C3
    Citroen C3
  • Citroen C3 Aircross
    Citroen C3 Aircross
  • Citroen E-C3
    Citroen E-C3
  • Citroen E-C4
    Citroen E-C4
  • Citroen C5
    Citroen C5
Harga Mobil Citroen

Jangan lewatkan

GIIAS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature

Bandingkan & Rekomendasi

Citroen E-C3
Honda BRV
Honda BRV
Rp 356 Juta
Harga Honda BRV
Suzuki Jimny
Suzuki Jimny
Rp 458,6 Juta
Harga Jimny
Toyota Rush
Toyota Rush
Rp 295,4 Juta
Harga Rush
DFSK Glory i-Auto
DFSK Glory i-Auto
Rp 365,2 Juta
Harga Glory i-Auto
Panjang 3981 mm
4453 mm
3625 mm
4435 mm
4700 mm
Lebar 1733 mm
1735 mm
1645 mm
1695 mm
1845 mm
Tinggi 1604 mm
1666 mm
1720 mm
1705 mm
1715 mm
Tempat Duduk 5
7
4
7
7
Jenis Transmisi Otomatis
Manual
Manual
Manual
CVT
Anti Lock Braking System Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Radio AM/FM Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Mesin -
1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve
1.5L Petrol Engine, In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve
Ground Clearance -
-
210 mm
-
-
Jenis penggerak -
-
4WD
-
FWD
Bandingkan Sekarang

Tren SUV

  • Yang Akan Datang
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Neta U
    Neta U
    Rp 463,76 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mazda MX-30
    Mazda MX-30
    Rp 595,44 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Nissan Ariya
    Nissan Ariya
    Rp 754,32 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • DFSK Glory E3
    DFSK Glory E3
    Rp 445 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • DFSK Seres 3
    DFSK Seres 3
    Rp 313,52 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Mobil SUV Yang Akan Datang

Artikel Mobil Citroen E-C3 dari Carvaganza

  • TEST DRIVE: Membuktikan 'Magic Carpet' Citroen e-C3 Rute Jakarta - Puncak
    TEST DRIVE: Membuktikan 'Magic Carpet' Citroen e-C3 Rute Jakarta - Puncak
    Bangkit Jaya, 09 Jul, 2024
  • Citroen e-C3 Segera Mulai CKD Tahun Ini, Harga Bakal Lebih Murah?
    Citroen e-C3 Segera Mulai CKD Tahun Ini, Harga Bakal Lebih Murah?
    Bangkit Jaya, 05 Jul, 2024
  • Citroen E-C3 Minim ADAS, Tapi Punya Bekal Pede Lawan BinguoEV dan Neta V-II
    Citroen E-C3 Minim ADAS, Tapi Punya Bekal Pede Lawan BinguoEV dan Neta V-II
    Alvando Noya, 04 Jul, 2024
  • Citroen Mulai Kirim E-C3 Electric ke Konsumen
    Citroen Mulai Kirim E-C3 Electric ke Konsumen
    Alvando Noya, 18 Jun, 2024
  • Masih CBU, Citroen E-C3 Dapat Insentif Mobil Listrik Dari Pemerintah
    Masih CBU, Citroen E-C3 Dapat Insentif Mobil Listrik Dari Pemerintah
    Setyo Adi, 13 Mei, 2024

Artikel Mobil Citroen E-C3 dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Citroën E-C3 Mulai Diserahkan ke Konsumen
    Citroën E-C3 Mulai Diserahkan ke Konsumen
    Alvando Noya, 19 Jun, 2024

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*