Nama-Nama Mobil yang Pas Banget Dengan Karakternya

Nama-Nama Mobil yang Pas Banget Dengan Karakternya

Nama-nama mobil selalu layak disimak. Sebelumnya kami telah menampilkan deretan mobil dengan nama yang tidak lumrah. Bahkan cenderung membingungkan. Tulisan kali ini, kebalikannya. Mobil-mobil berikut punya nama yang sesuai dengan karakternya.

Jujur, ‘orang dulu’ lebih kreatif dalam memilih nama ketimbang harus memakai huruf dan angka macam sekarang. Meski pasti saja ada cerita lucu dan kepolosan di balik penamaan itu.

Ford Mustang Fastback 1965

Ford Mustang

Ford adalah pabrikan raksasa dari Amerika Serikat. Diakui atau tidak mereka mampu menghasilkan nama-nama yang menarik bahkan mendunia. Saat Ford memulai proyek mobil sport untuk meredam laju kompetitor, nama Mustang dipilih oleh para desainer. Sebetulnya ini diambil untuk menghormati pesawat kampiun perang dunia kedua, P 51 Mustang. Pesawatnya lincah, bertenaga dan mematikan. Pas dengan mobil yang mau dibuat.

Mulai diperkenalkan pada Maret 1964 sebelum resmi dijual setahun kemudian. Ada cerita menarik sebelum kelahirannya. Saat presentasi, para jajaran bos Ford gagal paham dari mana asal nama Mustang, termasuk tim pemasarannya. Mereka beranggapan Mustang diambil dari kuda liar yang gagah dan mampu berlari kencang di padang rumput Amerika. Meski beda, tapi untungnya sama-sama berasumsi positif. Langsung disetujui dan Ford Mustang jadi mobil legendaris yang melahirkan kelas baru, Pony Cars. Sampai sekarang mobil ini masih berjaya dengan turunannya.

Citroen DS 1972

Citroen DS

Pabrikan asal Prancis, Citroen memperkenalkan DS di era 1950-an. Semua terpukau dengan bentuknya yang aduhai. Lekukan bodi pas bagaikan dewi kayangan. Belum lagi di balik keindahan desain terpasang teknologi maju diambil langsung dari industri aviasi. Menghasilkan salah satu mobil dengan terobosan engineering terbaik saat itu. Nyaman, mewah, pengendalian mumpuni.

Lalu, kenapa namanya hanya dua huruf? DS itu singkatan dari apa ya? Itu bukan singkatan. Tapi permainan kata déesse, yang artinya goddess, atau dewi. Pas, kan? Sekarang DS jadi merek sendiri di bawah kelompok usaha PSA Peugeot-Citroen, dengan produk yang mewah.

Ia diproduksi selama 1955-1975 dengan beberapa model dan varian. Sepanjang periode itu ia terjual 1,33 juta di Prancis dan 1,45 juta unit lainnya di dunia. Citroen kemudian membuat edisi baru DS, yaitu DS 3, 4, dan 5.

Baca juga: 10 Pabrik Mobil yang Ternyata Juga Memproduksi Pesawat Hingga Sosis

Dodge Viper SRT 10 2008

Dodge Viper

Nama Viper diberikan oleh desainer legendaris Giorgetto Giugiaro. Tentu perancang mobil ini tidak asing. Banyak mobil eksotis yang lahir dari buah pikirnya. Ferrari 250 GT Berlinetta, Alfa Romeo Giulia GT, bahkan VW Golf Mk1 adalah hasil guratan orang Italia itu. Tapi Dodge Viper bukan bikinan dia.

Tom Gale, desainer andalan Dodge dan Plymouth diberikan tugas untuk mendesain mobil yang terinspirasi dari ketangguhan Shelby Cobra. Hasilnya keluar dengan spesifikasi jempolan. Mesin V10, suara menggelegar dan sebagainya, tinggal soal nama. Gale lantas mengerjakan proyek lain dan kebetulan makan malam di Italia. Ditemani Giugiaro. “Kira-kira nama apa yang pas untuk mobil yang diinspirasi dari Cobra? Apa bahasa Italianya ular?” Begitu pertanyaan kepada Giugiaro. Dijawab, “Vipera.” Nah.

VW Beetle 1973

VW Beetle

Sebelum terkenal dengan nama Beetle, atau VW Kodok kalau di Indonesia, mobil ini punya nama yang kaku, VW Type 1. Versi MPV (Combi) disebut Type 2 dan seterusnya. Meski tidak ada yang tahu pasti dari mana kata Beetle ini muncul, tapi kemungkinan paling dekat adalah dari Inggris. Tahun 1950an, John Colborne-Baber, pemilik diler VW pertama di Inggris menggunakan VW Type 1 untuk keperluan harian. Saat menjemput anaknya di sekolah, teman-teman sang anak menganggap mobilnya lucu seperti kumbang (Beetle). Setelah itu, julukan Beetle muncul di brosur-brosur VW di Inggris.

Tidak lama, di Jerman juga muncul brosur Der Kafer, bahasa Jerman untuk Beetle. Tahun 1968, untuk menghindari kesulitan identifikasi karena produk yang makin beragam, VW secara resmi memberikan nama Beetle.

Ia sangat terkenal, bahkan di seluruh dunia. Catatan menunjukkan mobil ini diproduksi di 20 lokasi. Total sebanyak 21,5 juta unit dibuat antara tahun 1938 hingga 2007. VW mencoba mengulang sukses itu dengan mengenalkan model yang lebih modern, 1997-2010 dan 2011-109. Sayang, gagal.

Baca juga: Ini Deretan Mobil dengan Nama yang Lucu dan Unik

Triumph Spitfire IV

Triumph Spitfire

Seperti Ford Mustang, nama Spitfire untuk mobil sport Inggris ini diambil dari nama pesawat tempur perang dunia kedua yang sukses. Inilah pesawat yang menahan gempuran angkatan udara Jerman di selat Inggris saat hendak menyerang London. Spitfire menunjukkan kesan lincah, bertenaga dan sulit dikalahkan. Cocok dengan karakter mobil compact, ringan, bertenaga dan lincah.

Meski Triumph mengeluarkan versi lebih besar dan bertenaga bernama TR6, tapi dari nama dan citranya yang terakhir itu kalah populer. Nama Triumph Spitfire lebih menggugah secara emosional sekaligus menarik perhatian ketimbang deretan huruf dan angka. Makanya, sang Spitfire lebih disukai kolektor mobil sport klasik. Selama masa produksinya 1962-1980 mobil ini sangat digemari para penyuka sports car.

Lexus LS460 2013

Lexus

Untuk yang satu ini tidak akan dibahas produknya. Tapi nama itu sendiri. Tidak ada yang paham apa arti kata ‘Lexus’ selain menggambarkan mewah dan mahal. Ada selentingan, ini singkatan dari Luxury EXport for the US.

Masuk akal. Karena awalnya Toyota sebagai induk hanya menargetkan pasar mobil mewah Amerika Serikat. Senjatanya harga lebih murah daripada mobil bikinan Eropa dengan kemewahan setara. Dan seperti kita tahu, itulah karakteristik sebuah Lexus. Mewah, canggih, nyaman meski sekarang harganya sudah sama seperti barang Eropa.

Lucunya, mereka sempat mendapat halangan bukan dari produsen otomotif lain, tapi dari perusahaan penyedia bank data (database) bernama LexisNexis. Mereka keberatan dengan nama Lexus karena kalau dilafalkan mirip kalau diucap sama orang sana. Untung, pengadilan Amerika Serikat mengizinkan pabrikan Jepang itu tetap menggunakan namanya. (Ind/Raju)

Baca juga: Mobil dengan Strobo dan Sirene: Siapa yang Boleh Pasang dan Siapa yang Pantas Didahulukan di Jalan?

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil