Nama-Nama Mobil yang Pas Banget Dengan Karakternya

Nama-Nama Mobil yang Pas Banget Dengan Karakternya

Nama-nama mobil selalu layak disimak. Sebelumnya kami telah menampilkan deretan mobil dengan nama yang tidak lumrah. Bahkan cenderung membingungkan. Tulisan kali ini, kebalikannya. Mobil-mobil berikut punya nama yang sesuai dengan karakternya.

Jujur, ‘orang dulu’ lebih kreatif dalam memilih nama ketimbang harus memakai huruf dan angka macam sekarang. Meski pasti saja ada cerita lucu dan kepolosan di balik penamaan itu.

Ford Mustang Fastback 1965

Ford Mustang

Ford adalah pabrikan raksasa dari Amerika Serikat. Diakui atau tidak mereka mampu menghasilkan nama-nama yang menarik bahkan mendunia. Saat Ford memulai proyek mobil sport untuk meredam laju kompetitor, nama Mustang dipilih oleh para desainer. Sebetulnya ini diambil untuk menghormati pesawat kampiun perang dunia kedua, P 51 Mustang. Pesawatnya lincah, bertenaga dan mematikan. Pas dengan mobil yang mau dibuat.

Mulai diperkenalkan pada Maret 1964 sebelum resmi dijual setahun kemudian. Ada cerita menarik sebelum kelahirannya. Saat presentasi, para jajaran bos Ford gagal paham dari mana asal nama Mustang, termasuk tim pemasarannya. Mereka beranggapan Mustang diambil dari kuda liar yang gagah dan mampu berlari kencang di padang rumput Amerika. Meski beda, tapi untungnya sama-sama berasumsi positif. Langsung disetujui dan Ford Mustang jadi mobil legendaris yang melahirkan kelas baru, Pony Cars. Sampai sekarang mobil ini masih berjaya dengan turunannya.

Citroen DS 1972

Citroen DS

Pabrikan asal Prancis, Citroen memperkenalkan DS di era 1950-an. Semua terpukau dengan bentuknya yang aduhai. Lekukan bodi pas bagaikan dewi kayangan. Belum lagi di balik keindahan desain terpasang teknologi maju diambil langsung dari industri aviasi. Menghasilkan salah satu mobil dengan terobosan engineering terbaik saat itu. Nyaman, mewah, pengendalian mumpuni.

Lalu, kenapa namanya hanya dua huruf? DS itu singkatan dari apa ya? Itu bukan singkatan. Tapi permainan kata déesse, yang artinya goddess, atau dewi. Pas, kan? Sekarang DS jadi merek sendiri di bawah kelompok usaha PSA Peugeot-Citroen, dengan produk yang mewah.

Ia diproduksi selama 1955-1975 dengan beberapa model dan varian. Sepanjang periode itu ia terjual 1,33 juta di Prancis dan 1,45 juta unit lainnya di dunia. Citroen kemudian membuat edisi baru DS, yaitu DS 3, 4, dan 5.

Baca juga: 10 Pabrik Mobil yang Ternyata Juga Memproduksi Pesawat Hingga Sosis

Dodge Viper SRT 10 2008

Dodge Viper

Nama Viper diberikan oleh desainer legendaris Giorgetto Giugiaro. Tentu perancang mobil ini tidak asing. Banyak mobil eksotis yang lahir dari buah pikirnya. Ferrari 250 GT Berlinetta, Alfa Romeo Giulia GT, bahkan VW Golf Mk1 adalah hasil guratan orang Italia itu. Tapi Dodge Viper bukan bikinan dia.

Tom Gale, desainer andalan Dodge dan Plymouth diberikan tugas untuk mendesain mobil yang terinspirasi dari ketangguhan Shelby Cobra. Hasilnya keluar dengan spesifikasi jempolan. Mesin V10, suara menggelegar dan sebagainya, tinggal soal nama. Gale lantas mengerjakan proyek lain dan kebetulan makan malam di Italia. Ditemani Giugiaro. “Kira-kira nama apa yang pas untuk mobil yang diinspirasi dari Cobra? Apa bahasa Italianya ular?” Begitu pertanyaan kepada Giugiaro. Dijawab, “Vipera.” Nah.

VW Beetle 1973

VW Beetle

Sebelum terkenal dengan nama Beetle, atau VW Kodok kalau di Indonesia, mobil ini punya nama yang kaku, VW Type 1. Versi MPV (Combi) disebut Type 2 dan seterusnya. Meski tidak ada yang tahu pasti dari mana kata Beetle ini muncul, tapi kemungkinan paling dekat adalah dari Inggris. Tahun 1950an, John Colborne-Baber, pemilik diler VW pertama di Inggris menggunakan VW Type 1 untuk keperluan harian. Saat menjemput anaknya di sekolah, teman-teman sang anak menganggap mobilnya lucu seperti kumbang (Beetle). Setelah itu, julukan Beetle muncul di brosur-brosur VW di Inggris.

Tidak lama, di Jerman juga muncul brosur Der Kafer, bahasa Jerman untuk Beetle. Tahun 1968, untuk menghindari kesulitan identifikasi karena produk yang makin beragam, VW secara resmi memberikan nama Beetle.

Ia sangat terkenal, bahkan di seluruh dunia. Catatan menunjukkan mobil ini diproduksi di 20 lokasi. Total sebanyak 21,5 juta unit dibuat antara tahun 1938 hingga 2007. VW mencoba mengulang sukses itu dengan mengenalkan model yang lebih modern, 1997-2010 dan 2011-109. Sayang, gagal.

Baca juga: Ini Deretan Mobil dengan Nama yang Lucu dan Unik

Triumph Spitfire IV

Triumph Spitfire

Seperti Ford Mustang, nama Spitfire untuk mobil sport Inggris ini diambil dari nama pesawat tempur perang dunia kedua yang sukses. Inilah pesawat yang menahan gempuran angkatan udara Jerman di selat Inggris saat hendak menyerang London. Spitfire menunjukkan kesan lincah, bertenaga dan sulit dikalahkan. Cocok dengan karakter mobil compact, ringan, bertenaga dan lincah.

Meski Triumph mengeluarkan versi lebih besar dan bertenaga bernama TR6, tapi dari nama dan citranya yang terakhir itu kalah populer. Nama Triumph Spitfire lebih menggugah secara emosional sekaligus menarik perhatian ketimbang deretan huruf dan angka. Makanya, sang Spitfire lebih disukai kolektor mobil sport klasik. Selama masa produksinya 1962-1980 mobil ini sangat digemari para penyuka sports car.

Lexus LS460 2013

Lexus

Untuk yang satu ini tidak akan dibahas produknya. Tapi nama itu sendiri. Tidak ada yang paham apa arti kata ‘Lexus’ selain menggambarkan mewah dan mahal. Ada selentingan, ini singkatan dari Luxury EXport for the US.

Masuk akal. Karena awalnya Toyota sebagai induk hanya menargetkan pasar mobil mewah Amerika Serikat. Senjatanya harga lebih murah daripada mobil bikinan Eropa dengan kemewahan setara. Dan seperti kita tahu, itulah karakteristik sebuah Lexus. Mewah, canggih, nyaman meski sekarang harganya sudah sama seperti barang Eropa.

Lucunya, mereka sempat mendapat halangan bukan dari produsen otomotif lain, tapi dari perusahaan penyedia bank data (database) bernama LexisNexis. Mereka keberatan dengan nama Lexus karena kalau dilafalkan mirip kalau diucap sama orang sana. Untung, pengadilan Amerika Serikat mengizinkan pabrikan Jepang itu tetap menggunakan namanya. (Ind/Raju)

Baca juga: Mobil dengan Strobo dan Sirene: Siapa yang Boleh Pasang dan Siapa yang Pantas Didahulukan di Jalan?

Indra Alfarisy

Indra Alfarisy

Indra adalah seorang 'petrol head' yang mengidamkan sebuah mobil super saloon 5-pintu di halaman rumahnya, bersanding bersama sebuah VW Combi klasik. Dalam kesehariannya, Indra menyukai bermain mobil RC (remote control). Ia paling benci menonton tayangan infotainment, meski doyan mencari gosip-gosip otomotif .

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

GIIAS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Hilux Rangga
    Toyota Hilux Rangga
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Nov, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
  • Lihat Suzuki eVX Concept, Calon Mobil Listrik Suzuki di Indonesia
    Lihat Suzuki eVX Concept, Calon Mobil Listrik Suzuki di Indonesia
    22 Jul, 2024 .
  • Menyaksikan Langsung Teknologi Kendaraan Terkini Bersama AION Indonesia di GIIAS 2024
    Menyaksikan Langsung Teknologi Kendaraan Terkini Bersama AION Indonesia di GIIAS 2024
    22 Jul, 2024 .
  • Nissan Serena ePower, Yang Ditunggu-tunggu Akhirnya Datang
    Nissan Serena ePower, Yang Ditunggu-tunggu Akhirnya Datang
    17 Jul, 2024 .
  • All New Kona Electric, Tampil Beda dengan Ubahan yang Menarik!
    All New Kona Electric, Tampil Beda dengan Ubahan yang Menarik!
    17 Jul, 2024 .
  • Kia Seltos Facelift 2024, Mesin Baru, Fitur Nambah, hingga ADAS
    Kia Seltos Facelift 2024, Mesin Baru, Fitur Nambah, hingga ADAS
    17 Jul, 2024 .
  • Bentley Continental GT Speed Edition 12, Cuma Satu di Indonesia!
    Bentley Continental GT Speed Edition 12, Cuma Satu di Indonesia!
    17 Jul, 2024 .
  • The Executive Exchange, Kenal Lebih Jauh Ricky Thio dari Mazda Indonesia
    The Executive Exchange, Kenal Lebih Jauh Ricky Thio dari Mazda Indonesia
    17 Jul, 2024 .
  • Lebih dekat dengan GWM Haval Jolion HEV, Bakal Produksi di Indonesia
    Lebih dekat dengan GWM Haval Jolion HEV, Bakal Produksi di Indonesia
    15 Jul, 2024 .
  • Chery Tiggo 8 Jadi Opsi Lebih Murah, Berapa Harganya?
    Chery Tiggo 8 Jadi Opsi Lebih Murah, Berapa Harganya?
    15 Jul, 2024 .
  • BAIC X55 II, Lawan Baru HR-V & Almaz Cocoknya Harga Berapa?
    BAIC X55 II, Lawan Baru HR-V & Almaz Cocoknya Harga Berapa?
    10 Jul, 2024 .
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • GIIAS 2024: Pertamina Sajikan Lini Pelumas Fastron Lengkap
    GIIAS 2024: Pertamina Sajikan Lini Pelumas Fastron Lengkap
    Alvando Noya, Hari ini
  • GIIAS 2024: Mitsubishi Fuso Serahkan Unit eCanter Pertama di Indonesia
    GIIAS 2024: Mitsubishi Fuso Serahkan Unit eCanter Pertama di Indonesia
    Zenuar Yoga, Hari ini
  • GIIAS 2024: Lewat T-Opt, Toyota Tawarkan Pilihan Spare Parts Terjangkau Standar Pabrikan
    GIIAS 2024: Lewat T-Opt, Toyota Tawarkan Pilihan Spare Parts Terjangkau Standar Pabrikan
    Muhammad Hafid, Hari ini
  • GIIAS 2024: Pengiriman Chery Omoda E5 Sudah Sampai 3.000 Unit
    GIIAS 2024: Pengiriman Chery Omoda E5 Sudah Sampai 3.000 Unit
    Bangkit Jaya, Hari ini
  • GIIAS 2024: Honda Civic Estilo Meluncur Eksklusif Versi Hot Wheels, Bakal Convention Car IDE 2024
    GIIAS 2024: Honda Civic Estilo Meluncur Eksklusif Versi Hot Wheels, Bakal Convention Car IDE 2024
    Wahyu Hariantono, Hari ini

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • Meluncur di GIIAS 2024, Simak Simulasi Cicilan Syariah Baic X55 II
    Meluncur di GIIAS 2024, Simak Simulasi Cicilan Syariah Baic X55 II
    Anjar Leksana, Hari ini
  • Daihatsu Gran Max Jadi Sahabat Usaha Sejak 2007
    Daihatsu Gran Max Jadi Sahabat Usaha Sejak 2007
    Anjar Leksana, Hari ini
  • Aion ES Meluncur dengan Harga Rp386 Juta
    Aion ES Meluncur dengan Harga Rp386 Juta
    Muhammad Hafid, 20 Jul, 2024
  • Harga dan Spesifikasi Aion Hyptec HT yang Meluncur di GIIAS 2024
    Harga dan Spesifikasi Aion Hyptec HT yang Meluncur di GIIAS 2024
    Anjar Leksana, 20 Jul, 2024
  • Toyota Astra Motor Layani Pre-Booking Hilux Rangga di GIIAS 2024
    Toyota Astra Motor Layani Pre-Booking Hilux Rangga di GIIAS 2024
    Anjar Leksana, 20 Jul, 2024
  • Habis Road Trip, Periksa Komponen Penting Mobil Ini
    Habis Road Trip, Periksa Komponen Penting Mobil Ini
    Setyo Adi, 24 Jun, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Bangkit Jaya Putra, 07 Jun, 2024
  • First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    Anjar Leksana, 30 Mei, 2024
  • Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Anjar Leksana, 29 Mei, 2024
  • Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Setyo Adi, 13 Mar, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    Setyo Adi, 29 Feb, 2024
  • Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Muhammad Hafid, 10 Jun, 2024
  • Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Setyo Adi, 27 Mei, 2024
  • Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Setyo Adi, 22 Mei, 2024
  • Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*