Komparasi Toyota All New Avanza Vs Mitsubishi New Xpander Varian Teratas, Pilih Mana?

Komparasi Toyota All New Avanza Vs Mitsubishi New Xpander Varian Teratas, Pilih Mana?

Pasar low MPV bulan ini tiba-tiba ramai dengan beberapa produk yang mendapatkan ubahan. Toyota menawarkan All New Avanza sedangkan Mitsubishi hadir dengan New Xpander. Ini menjadi arena yang panas dengan pilihan model yang kini mendapatkan tambahan fitur serta ubahan desain yang menarik.

Redaksi Oto.com penasaran untuk mencoba membandingkan kedua model populer ini. Perbandingan dipilih khusus varian teratas dari masing-masing produk yakni Toyota Avanza G CVT serta Mitsubishi Xpander Ultimate CVT. Seperti apa kedua produk anyar ini? Kita simak perbandingan di atas kertas berikut.

Pertama soal dimensi, Avanza terbaru hadir dengan ukuran panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm. Ukuuran lain seperti wheelbase 2.750 mm dan ground clearence 205 mm. Ketinggian ground clearence ini meningkat dibanding model sebelumnya berkat penggunaan pelek 16 inci dan ban 195/60 R 16 alloy with matchining.

Xpander terbaru hadir dengan panjang 4.595 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.750 mm. Ukuran lain, Xpander anyar ini memiliki ground clearence 220 mm berkat penggunaan pelek 17 inci dengan ukuran ban 205/55 R17 bergaya two tone. Perbandingan ini membuat Xpander unggul di ukuran panjang, tinggi dan ground clearence sementara Avanza baru unggul pada ukuran lebar yang selisih beberapa mm.

All New Toyota Avanza

Mesin

Perbandingan lain pada sisi dapur pacu. Avanza baru menggunakan mesin 2NR-VE 4 silinder DOHC Dual VVT-i 1.496 cc yang menghasilkan tenaga 106 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada putaran 4.200 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan sistem transmisi CVT terbaru yang menggantikan transmisi otomatis konvensional sebelumnya.

Xpander masih menggunakan mesin 1.499 cc 1.5L MIVEC DOHC 16 valve dengan tenaga 105 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Seperti Avanza, Xpander baru ditawarkan dengan transmisi CVT. Dari perbandingan di sektor mesin tenaga Avanza unggul tipis dengan Xpander namun di torsi mesin Mitsubishi masih memberikan keunggulan. Soal pilihan mesin Avanza masih lebih banyak memberikan opsi untuk konsumen dengan menawarkan mesin 1.3L untuk varian terbawah yang menghasilkan tenaga 98 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 121 Nm.

Kedua model juga mengklaim telah meningkatkan kenyamanan berkat pembaruan desain pada sisi suspensi. Baik Avanza maupun Xpander masih menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di belakang yang memberikan kenyamanan lebih dibanding model-model sebelumnya.

Baca juga: GIIAS 2021: Mitsubishi Xpander Resmi Dijual, Harga Mulai Rp 228 Juta

Mitsubishi New Xpander

Tampilan

Kini beranjak pada sisi eksterior. Pembahasan tidak menyertakan desain, sebab bagian ini sedikit subyektif. Kita bahas mengenai fitur apa yang diberikan kedua model di eksteriornya. Avanza hadir dengan pencahayaan LED baik di depan dan belakang yang membuat tampilannya lebih modern. Varian teratas juga mendapatkan fitur auto retractable mirror serta rear parking sensor.

Xpander baru juga menyertakan teknologi serupa. LED headlamp dan stoplamp model baru mengesankan tampilan yang lebih modern. Varian teratas juga mendapatkan parking sensor serta rear camera untuk kemudahan saat parkir. Dari eksterior Avanza menawarkan desain yang benar-benar baru sedangkan Xpander hadir dengan bentuk yang semakin modern.

All New Toyota Avanza All New Toyota Avanza interior

Interior

Masuk ke interior, Avanza menawarkan desain dashboard yang segar, mengingatkan pada beberapa produk Toyota modern yang sudah hadir. Layar model floating berukuran 9 inci dengan beragam koneksi jadi perhatian utama. Di meter cluster terdapat layar TFT 4,2 inci yang menampilkan beragam informasi kendaraan. Masih ada fitur engine start stop, tilt steering dengan audio switch di lingkar kemudi, pengaturan AC digital dan USB port. Sayangnya, Avanza masih menggunakan rem tangan konvensional sebab electric parking brake hanya disediakan pada model Veloz yang kini sudah ditegaskan merupakan model yang berbeda dari Avanza.

Pada Xpander terbaru, pembaruan hadir di beberapa detail yang membuat tampilannya lebih segar seperti hadirnya soft touch di beberapa titik dan bentuk dashboard horizontal axis. Perhatian utama hadir pada layar sentuh 8 inci dengan beragam konektifitas telepon genggam. Masih ada meter cluster dengan layar MID, pengaturan AC digital serta bentuk kemudi yang lebih nyaman dengan switch audio dan cruise control. Selain itu Xpander Ultimate juga sudah menyertakan electric parking brake dengan fitur auto hold.

Kedua model low MPV populer ini juga masih sama-sama menawarkan kemudahan tujuh penumpang. Formasi tempat duduknya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan selama perjalanan dan disertai tempat penyimpanan untuk fungsionalitas dan kemudahan akses.

Baca juga: Ubahan-Ubahan Penting yang Jadi Jualan Toyota All New Avanza dan Veloz

Mitsubishi New Xpander Mitsubishi New Xpander interior

Fitur Keselamatan

Bahasan selanjutnya soal fitur keselamatan. Avanza menawarkan enam airbags, hill start assist, ABS EBD+BA serta VSC sebagai standar di model G CVT. Untuk Xpander, tawaran fitur keselamatan hadir dari rangka yang kokoh dengan teknologi RISE, fitur hill start assist, ABS EBD + BA serta ASC dan Dual SRS Airbags.

Khusus untuk Avanza, Toyota menawarkan tambahan satu varian yang dilengkapin dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS) yakni G CVT TSS. Fitur-fitur di dalamnya termasuk lane departure assist, pedal misoperation control, front departure alert, pre collision system, rear traffic alert serta blind spot monitoring. Sayangnya, fitur ini tidak disertai dengan cruise control yang justru hadir pada model Xpander.

Di atas kertas perbandingan harga kedua model juga terbilang cukup dekat. Avanza terbaru hadir mulai Rp 206 jutaan untuk varian 1.3 E MT dan Rp 228 jutaan untuk varian 1.5 G MT dan tertinggi 1.5 G CVT TSS di kisaran Rp 264 jutaan. Xpander ditawarkan dengan banderol mulai Rp 228 juta untuk GLS MT hingga Rp 272 jutaan untuk varian ultimate CVT. Kedua model ini sudah mendapatkan harga dengan insentif PPnBM 100 persen yang hadir hingga akhir tahun. (Sta/Raju)

Berikut daftar lengkapnya:

All New Toyota Avanza:

Tipe Harga
1.3 E M/T Rp 206.200.000
1.5 G M/T Rp 228.500.000
1.5 G CVT Rp 241.400.000
1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000

 

Mitsubishi New Xpander:

Tipe Harga
GLS MT Rp 228.030.000
GLS CVT Rp 236.490.000
Exceed MT Rp 240.360.000
Exceed CVT Rp 248.300.000
Sport MT Rp 258.430.000
Sport CVT Rp 270.440.000
Ultimate CVT Rp 272.580.000

 

Baca juga:  GIIAS 2021: Toyota All New Avanza dan Veloz Tampil Perdana, Bisa Langsung Dipesan di Lokasi

Komparasi Toyota Avanza 2022 vs Mitsubishi Xpander

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Bandingkan & Rekomendasi