Ubahan-Ubahan Penting yang Jadi Jualan Toyota All New Avanza dan Veloz

Ubahan-Ubahan Penting yang Jadi Jualan Toyota All New Avanza dan Veloz

PT Toyota Astra Motor (TAM) telah memperkenalkan Avanza dan Veloz terbaru, Rabu (10/11/2021). Kedua model yang kini dipisah merek ini mendapat ubahan dari sisi eksterior maupun interior yang mendapat stasus all new. Apa saja yang berubah? Mari kita simak bersama.

Pertama untuk Veloz terbaru kini ditawarkan dalam tiga varian yakni Veloz dengan transmisi manual, Veloz CVT serta paling atas Veloz dengan CVT dan fitur kemanan Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini bukan kali pertama hadir di produk Toyota karena sebelumnya sudah ada Raize yang merasakan teknologi canggih ini.

Lebih detailnya, TSS yang hadir di sini terdiri dari fitur pre collision system, front departure alert, rear crossing traffic alert, bling spot monitoring, lane departure assist dan pedal misoperation control. Baik Veloz maupun Avanza terbaru ini belum mendapatkan cruise control sebagai standar keamanan pada fitur TSS.

all new Avanza Toyota All New Avanza

Dimensi

Soal dimensi, Veloz terbaru memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Pembaruan pada Veloz ini diantaranya ground clearence yang lebih tinggi yakni 205 mm. Jika dibandingkan dengan model Veloz lama, yakni Veloz GR Sport dimensinya memiliki panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm serta groundclearence 200 mm. Ini artinya Veloz terbaru lebih panjang, lebar dan tinggi termasuk untuk ukuran ground clearencenya.

Mesin Veloz terbaru menggunakan satu pilihan mesin yakni 2NR-VE 4 silinder 16 valve DOHC Dual VVT-i yang diatas kertas bertenaga 106 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 4.200 rpm. Jika dibandingkan dengan mesin Veloz lama, perbedaannya hadir pada tawaran mesin yakni 1.5L dan 1.3L. Khusus untuk mesin 1.5L menghasilkan tenaga 104 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada putaran 4.200 rpm. Ini artinya mesin Veloz terbaru meningkat sedikit dibanding mesin 1.5L lama.

Untuk pilihan mesin 1.3L hanya ada di Avanza terendah yakni varian E. Mesin 1NR-VE 1.329 cc dengan tenaga 98 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 121 Nm pada putaran 4.200 rpm. Besaran tenaga dan mesin ini tidak berubah dengan model lawas.

Baca juga: Toyota All New Avanza Meluncur dengan Platform Global Terbaru

all new avanza

Transmisi CVT

Salah satu yang ditawarkan sebagai pembaruan adalah penggunaan transmisi CVT yang menggantikan transmisi otomatis konvensional. Toyota mengklaim transmisi ini sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan di Indonesia yang semakin membaik. Selain itu penggunaan transmisi ini dilakukan untuk mengejar efisiensi dan target pajak emisi 15 persen.

Platform yang digunakan juga terhitung baru. Penggunaan penggerak depan membuat Toyota menggunakan platform FF, front engine - front wheel drive. Toyota mengungkapkan platform ini lebih baik dari platform sebelumnya dan menjanjikan karakter berkendara yang benar-benar baru.

Sekarang bicara desain eksterior. Avanza dan Veloz terbaru kini menghilangkan garis tebal dan sentuhan krom. Tampilannya kini lebih modern dengan bumper dan grile baru berbentuk trapesium dengan air intake lebar. Sisi modern juga hadir dari desain headlamp yang tajam dengan LED serta foglamp LED. Bagian belakangnya terdapat stoplamp LED kombinasi. Kaki-kakinya kini menggunakan pelek 16 inci dari naik satu tingkat dari model lama yang hanya menggunakan pelek 15 inci.

all new Avanza

Desain dan Interior

Khusus untuk Veloz terbaru, Toyota melakukan pendekatan desain beraura crossover. Ini terlihat dari desain grille depan yang mengingatkan pada produk SUV modern Toyota. Grille besar dengan desain bumper baru, headlamp berteknologi LED dengan sequential turnlamp serta tambahan bodi kit yang memperkuat tampilan tangguh. Bagian belakangnya menjadi pembeda dengan Avanza yakni hadirnya desain full backdoor LED yang menyatu, desain yang mengingatkan pada produk Corolla Cross, CH-R dan produk SUV lain. Veloz hadir dengan sebutan varian Q untuk pertama kalinya dan mendapatkan pelek berukuran 17 inci, naik dua tingkat dari Veloz model lama.

Interior berubah dari sisi fungsionalitas. Kini interior Avanza dan Veloz bisa diubah selayaknya sofa dengan merebahkan baris pertama atau baris kedua untuk mendapatkan kenyamanan lebih saat kendaraan berhenti di lokasi kemah atau berlibur.

Desain dashboardnya berubah menjadi lebih modern dengan head unit model floating layar sentuh berukuran 9 inci yang memiliki konektivitas telepon pintar. Khusus untuk Veloz disematkan iluminasi cahaya yang menghadirkan kesan mewah serta kehadiran elektrik parking brake dengan brakehold. Untuk Avanza masih menggunakan rem tangan model konvensional.

Fitur lainnya yang hadir di interior adalah layar TFT 7 inci MID yang menampilkan beragam informasi serta wiereless charger di semua varian. Pada Veloz, terdapat tambahan layar hiburan yang dipasang di plafon kendaraan. Soal keselamatan, fiturnya antara lain ada enam airbag di depan, samping dan tirai, hill start assist, ABS EBD dan BA serta vehicle stability control. Toyota memperkenalkan fitur T intouch yang memudahkan pemilik berkomunikasi dengan kendaraannya termasuk dalam hal pencarian posisi parkir, geovencing, e-care maintenance serta support saat kondisi darurat.

Baca juga: Toyota All New Veloz Lahir Sebagai Model Baru, Punya Fitur Safety Canggih!

All new Veloz Toyota All New Veloz

Harga

Terakhir menyoal harga. Untuk Avanza varian 1.3 atau terendah dibanderol Rp 206.200.000. Varian G sebagai varian tengah hadir dengan pilihan mesin 1.5 dan pilihan tranmsisi MT dan CVT serta dengan fitur TSS. Detailnya varian 1.5 G M/T dibanderol Rp 228.500.000, 1.5 G CVT dibanderol Rp 241.400.000 dan 1.5 G CVT TSS dibanderol Rp 264.400.000. Veloz sebagai varian teratas ditawarkan dalam pilihan tiga varian yakni transmisi MT dengan harga Rp 251.200.000, Q CVT Rp 272.100.000 dan Q CVT TSS Rp 291.500.000.

Jika dibandingkan dengan model lawas, Avanza terbaru mendapat tambahan varian Q dan menjadi yang pertama disematkan pada Avanza. Selisih harga dengan model lawas mencapai Rp 16 jutaan untuk varian terendah dengan transmisi manual serta Rp 29 jutaan untuk varian teratas dengan transmisi CVT.

Avanza dan Veloz hadir di GIIAS 2021 yang berlangsung 11-21 November 2021 di ICE BSD Tangerang Selatan. Unit sudah bisa dipesan di diler Toyota di seluruh Indonesia. Toyota menjanjikan calon konsumen dapat merasakan harga yang telah mendapatkan diskon PPnBM tersebut hingga akhir tahun. Artinya calon konsumen dapat memanfaatkan sisa dua bulan kurang ini untuk memutuskan membawa Avanza dan Veloz terbaru ke rumah. (Sta/Raju)

Baca juga: Harga Toyota All New Avanza dan Veloz Masih Kena Diskon PPnBM Tahun Ini

Jelajahi Toyota Avanza

Model Mobil Toyota

  • Toyota Veloz
    Toyota Veloz
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Yaris
    Toyota Yaris
  • Toyota Alphard
    Toyota Alphard
  • Toyota Land Cruiser
    Toyota Land Cruiser
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
  • Toyota Voxy
    Toyota Voxy
  • Toyota CHR
    Toyota CHR
  • Toyota Sienta
    Toyota Sienta
  • Toyota Camry
    Toyota Camry
  • Toyota 86
    Toyota 86
  • Toyota CHR Hybrid
    Toyota CHR Hybrid
  • Toyota Vios
    Toyota Vios
  • Toyota Vellfire
    Toyota Vellfire
  • Toyota Venturer
    Toyota Venturer
  • Toyota GR Supra
    Toyota GR Supra
  • Toyota Camry Hybrid
    Toyota Camry Hybrid
  • Toyota GR Yaris
    Toyota GR Yaris
  • Toyota Corolla Altis
    Toyota Corolla Altis
  • Toyota Corolla Cross
    Toyota Corolla Cross
Mobil Toyota

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Toyota Avanza Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Toyota Avanza

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang