9 Mobil Klasik Kebanggaan Kepala Negara

9 Mobil Klasik Kebanggaan Kepala Negara

Mobil adalah sarana transportasi yang sepertinya semakin hari semakin menjadi kebutuhan mendasar. Baik itu kendaraan umum, kendaraan pribadi, atau apapun kepentingannya, kehadiran sebuah kendaraan roda empat sangat diperlukan.

Hal yang sama berlaku untuk mereka yang mengabdi kepada masyarakat. Termasuk kepala pemerintahan (raja/ratu, presiden, atau perdana menteri). Pekerjaan yang terakhir ini, berkat beban pekerjaannya, memerlukan sesuatu yang berbeda. Saat mereka bepergian, pikiran yang tenang tanpa dibebani kelelahan fisik yang berlebihan adalah sebuah keharusan.

Walhasil, mereka harus memiliki moda transportasi yang berbeda. Karena oto.com adalah situs otomotif, kami fokus pada memperhatikan kendaraan roda empat yang mereka gunakan. Anda mungkin melihat kendaraan yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo sebagai sebuah sedan mewah Mercedes-Benz S600, layaknya S-Class kebanyakan. Namun apa yang ada di baliknya tidak ada yang sama dengan mobil kebanyakan.

Spesifikasi setiap mobil kepala negera sudah barang tentu dirahasiakan untuk keamanan. Namun paling tidak spesifikasi dasarnya bisa kita lihat di berbagai situs online. Kami tidak pernah merasa bosan memperhatikan kemampuan mobil-mobil ini. Ada saja yang membuat takjub. Mulai dari lapisan anti peluru, kenyamanan kabin yang luar biasa, hingga kemampuan untuk melakukan komunikasi dengan berbagai kalangan. Inilah 10 mobil kepresidenan yang menarik.

Cadillac One

The beast sangat aman

Dikenal juga sebagai The Beast, limousine ini adalah kereta kencana milik Presiden Amerika Serikat. Sebagai pimpinan negara paling berpengaruh di planet ini, keselamatan penumpangnya menjadi prioritas pertama. Begitu kuatnya fitur keamanan mobil ini, beberapa malah mengkategorikan mobil ini sebagai kendaraan kombatan, yang diberikan kelebihan berupa interior yang nyaman.

Bagaimana tidak, lapisan kulitnya mampu menahan bom, granat, hingga peluru roket. Selain itu, sarana komunikasi yang mumpuni muntuk berhubungan dengan pesawat tempur hingga kapal selam, plus persenjataan yang cukup untuk melindungi sang presiden. Yang menarik adalah, meski bentuknya limousine, namun platformnya menggunakan chassis mobil komersial (orang Amerika menyebutnya sebagai truck), plus mesin diesel bertenaga besar. The beast kini akan memasuki masa pensiun, dan penggantinya sedang disiapkan untuk bertugas pada tahun 2017 nanti.

Bentley State Limousine 2001

kendaraan ratu Inggris

Percaya atau tidak, meski memiliki basis mobil yang super mewah, namun Bentley tidak pernah dipilih sebagai kendaraan Ratu Elizabeth II dari Inggris. Inilah Bentley pertama yang menjadi sarana transportasi resmi sang ratu.

Dibuat untuk memperingati Golden Jubilee Ratu Elizabeth II pada tahun 2001, Bentley bekerja sama dengan para pengrajin kenamaan Inggris, mulai mengerjakan limousine yang diperuntukan untuk sang ratu. Hasilnya adalah mobil modern, dengan paras klasik khas Inggris, plus atap yang tinggi. Bentley State Limousine memasuki masa tugas pada tahun 2002, dan hanya ada dua unit. Mobil ini masih mengabdi hingga saat ini.

Rolls Royce Phantom IV

Phantom IV khusus untuk kepala negara

Ini mungkin proyek ‘sombong’ Rolls Royce. Saat Phantom IV diluncurkan, dalam iklannya pabrikan Inggris ini mengedepanka kenyamanan dan fitur modern yang diusungnya, dan tidak semua orang bisa memilikinya.

Rolls Royce Phantom IV hanya dibuat sebanyak 18 unit, dan hanya 15 yang terjual, kepada para kepala negera. Dua mobil yang digunakan oleh Kerajaan Spanyol dan Inggris masih tersimpan dan digunakan dalam beberapa kesempatan. Sementara itu, yang jatuh ke tangan pecinta Rolls Royce tercatat hanya ada dua, dan ada di Amerika Serikat, diurus oleh anggota pecinta Rolls Royce di negeri itu.

Lincoln Continental Limousine 1961

Continental Limo

Mobil kepresidenan yang satu ini mungkin memiliki cap yang buruk dalam sejarah Amerika Serikat. Saat menggunakan mobil inilah, Presiden John F. Kennedy tewas tertembak. Namun sebelum kejadiaan mengenaskan itu, Lincoln Continental adalah sebuah simbol kemajuan teknologi Amerika.

Presiden Kennedy sendiri yang meminta Ford untuk merancang sebuah mobil untuk presiden Amerika Serikat, di awal era 1940-an. Mobil tersebut kemudian terwujud pada tahun 1960, dan diantarkan ke Gedung Putih. Mobil yang terlihat keren (bahkan dengan standar sekarang sekalipun) ini berbasis Lincoln Continental terbaru, yang memang adalahs ebuah sedan mewah.

Yang menarik adalah, saat digunakan sebagai mobil kepresidenan, ternyata kepemilikiannya bukan berada di tangan pemerintah. Mobil ini tetap merupakan properti Ford, dan Gedung Putih menyewanya seharga US $500 setahun. Setelah kejadian penembakan Kennedy, Continental Limousine tetap bertugas mengantarkan presiden berikutnya, tentu dengan modifikasi. Continental Limousine pensiun pada tahun 1977.

Toyota Century

Century adalah Toyota paling mewah

Percaya atau tidak, kami pernah menjumpai mobil ini di jalanan Jakarta. Sosoknya yang besar membutnya sulit dikenali sebagai sebuah Toyota, kalau tidak melihat grill depan. Grill tersebut merupakan bahasa desain Toyota tahun ‘retro’ dan hingga sekarang masih dipertahankan.

Pengguna Toyota Century adalah Perdana Menteri Jepang, dan beberapa petinggi negara lainnya. Desainnya hanya sedikit berubah sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960. Perubahan terbesar hadir pada tahun 1997, dimana Toyota membenamkan mesin V12 ke dalamnya.

Century juga tersedia untuk kalangan berduit di Jepang. Dan karena mahahl itulah, yang menggunakan biasanya para Yakuza. Entah siapa pemilik Century yang kami lihat di Jakarta malam itu. ZiL 41047

41047 adaah yang paling modern

Inilah mobil kebesaran Rusia, yang kerap mengangkut presidennya dalam berbagai kesempatan. Pengamdiannya terbilang cukup lama, sejak 1950, dan perubahan yang ada terbilang minim. 41047 adalah model yang paling mutakhir, dan Anda akan kesulitan membedakannya dengan versi pertama yang lahir pada tahun 1950-an.

Selain Rusia, yang menggunakan mobil ini adalah pemimpin Kuba, Fidel Castro. Namun nasib mobil Castro tersebut sungguh mengenaskan karena berakhir menjadi mobl taxi di kota Havana. Sementara di Rusia, pada tahun 2010 lalu, pemerintah mengorder tiga unit ZiL beratap convertibel untuk presiden (saat itu) Dmitry Medvedev, yang berhasrat mengembalikan kejayaan Rusia. Padahal sebelumnya, ia diberikan Mercedes-Benz sebagai kendaraan dinas.

Lancia Thesis

Theses terpilih sebagai mobil kepala pemerintahan italia

Lancia menghadirkan Thesis tahun 2002 demi mengembalikan citranya sebagai pembuat mobil jempolan. Usahnya itu ternyata ebrsambut karena banyak yang menyukai Thesis, termasuk pemerintah Italia sebagai kendaraan dinas pejabat pemerintah dan ‘bossnya’. Namun itulah usaha terakhir Lancia. Tahun 2014 lalu, pemerintah Negeri Pizza itu menjual sebanyak 151 unit mobil di laman situs eBay, dan sebagian besar adalah Lancia. Lebih apes lagi, induk Lancia, Fiat, secara perlahan mematikan nama legendaris ini, karena gagal memberikan kontribusi keuntungan.

Hongqi L5

Bentuk L5 mirip dengan mobil pertama tahun 1958

Hongqi L5 sebetulnya adalah mobil modern. Namun desainnya menngambil mobil aslinya yang lahir tahun 1958, yang saat itu menjadi pilihan pemimpin RRC, Mao Ze Dong. Tidak banyak yang diketahui soal mobil ini, selain menggunakan mesinV12 berkekuatan 400 hp, yang dibuat sendiri oleh Hongqi.

Pengguna terbesarnya adalah petinggi Partai Komunis Tiongkok. Namun Anda bisa membelinya dengan harga US $801.624. Ya, inilah mobil China paling mahal, yang di negaranya sendiri tidak ada yang sanggup (atau mau) membelinya.

Mercedes-Benz 600

600 memiliki banyak kelebihan

Mungkin mobil ini adalah yang paling populer di berbagai kalangan. Dibuat lebih dari 2.000 unit, dan 70 diantaranya digunakan oleh kepala negara, termasuk diktator kondang Idi Amin. Kelebihan mobil adalah pertama tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari sedan 4-pintu, limousine yang dipanjangkan, hingga convertible.

Kedua, ada banyak opsi kenyamanan dan keamanan yang bisa dipasangkan sesuai pesanan pemiliknya. Lapis baja, jok kulit, power window, adalah sedikit dari fitur yang bisa dipasang oleh Mercedes-Benz. Terakhir, untuk menegaskan status kemewahannya, 600 memliki sistem hidrolik yang kompleks. Sistem ini menggerakkan suspensi, pengunci pintu, hingga power window.

Baca Juga: Mobil pertama di Indonesia adalah sebuah kereta setan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil