Deretan Penunjang Kenyamanan Kabin Saat Mudik

Deretan Penunjang Kenyamanan Kabin Saat Mudik

Semakin mendekati libur lebaran yang identik dengan tradisi pulang kampung atau mudik, terdapat beberapa persiapan agar aktifitas ini dapat mulus dijalani. Diawali dari melakukan perawatan mobil supaya kondisinya prima baik melaksanakan perawatan pra mudik yang diselenggarakan di bengkel resmi atau pekerjaan pengecekan yang bisa Anda lakukan sendiri. Setelah itu, aspek lainnya adalah memaksimalkan barang bawaan yang dibawa dan sekarang, CarBay Indonesia akan mengulas penunjang kenyamanan di kabin.

Menempuh perjalanan jauh dan kondisi jalan yang padat pastinya membuat Anda dan penumpang tidak kerasan di dalam mobil. Nah, dalam rangka menyiasati hal tersebut, kami telah menyiapkan beberapa hal yang dapat menunjang kenyamanan selama mudik. Sudut pandangnya pun beragam. Ada yang menolak panas matahari, menyajikan hiburan, menghilangkan dahaga sampai dengan 'obat' pengurang stress.

Lalu apa saja yang tergolong penunjang kenyamanan kabin tersebut? Berikut penjelasannya.

Kaca Film

pasang kaca film

Yang pertama ialah kaca film. Walaupun terdengar sepele, tetapi peranti berwujud plastik film inilah yang bertugas meredam panas matahari yang masuk ke kabin saat perjalanan di siang hari dan bisa membantu mengoptimalkan kesejukan dari pendingin udara. Hal tersebut karena lapisan film ini memiliki kemampuan untuk menolak panas dari matahari atau Infra Red Rejection. Semakin besar persentase angkanya, artinya semakin baik peredaman panasnya.

Jadi apabila Anda sudah merasakan kabin terasa panas, ada baiknya untuk mengganti atau memasang kaca film. Perlu diperhatikan juga bahwa kegelapan kaca film tidak menjamin kesejukkan yang lebih baik. Pasalnya, model kaca film yang gelap dapat mengurangi kualitas pandangan ketika berkendara malam hari atau jika minim pencahayaan.

Jok / Sarung Jok Kulit

jok kulit manambah kenyamanan

Kebersihan kabin, termasuk salah satu faktor penunjang kenyamanan. Nah, dalam rangka menghindari jok menjadi kotor ataupun berdebu, Alangkah bijaknya, untuk melapisi dengan sarung jok atau jok paten berbahan kulit maupun versi sintetis. Ya, karena jok bawaan mobil kebanyakan masih mengaplikasikan tipe beludru atau fabric. Kelebihan lain dengan lapisan ini adalah kemudahan dalam membersihkan ketika terkena cairan atau remah-remah makanan, cukup dengan menggunakan lap basah.

Adapun sedikit tips bagi Anda yang baru akan memasang jok atau sarung jok kulit, pastikan warna pilihan tidak terlalu cerah sehingga tidak cepat kotor dan daya tahan yang dimilikinya. Sedangkan, jika sudah memakainya, maka perawatannya dapat mengaplikasikan cairan khusus dipasaran demi terjaganya kualitas.

Pewangi Mobil

Parfum agar mobil harum

Setelah peredam panas matahari dan kenyaman tempat duduk, berikutnya ialah wewangian di dalam mobil. Memberikan sensasi yang rileks, meredakan stress dan menyamarkan bau yang tidak sedap merupakan beberapa fungsi dari pewangi mobil. Setidaknya ada dua material yang umum digunakan. Yakni pewangi alami dan buatan. Untuk jenis yang alami, Anda bisa menggunakan bubuk atau biji kopi, daun teh atau daun pandan. Kelebihannya adalah intensitas wangi yang lembut dan ekonomis.

Sedangkan, pewangi buatan, ada yang berbentuk cairan, balok padat, gel hingga lembaran kertas. Uniknya, jenis wewangian ini punya banyak aroma dan bentuk desain menarik, sehingga bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Karena mengandung bahan kimia, baiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Rear Seat Entertainment

Tambah alat hiburan untuk bangku belakang

Yang dimaksud disini adalah perangkat hiburan untuk penumpang baris kedua dan ketiga. Dimana rasa bosan lebih dominan untuk menjangkiti di area tersebut apalagi saat terjebak kemacetan. Konsepnya dapat dengan memasangkan layar monitor di langit-langit mobil atau di balik sandaran kepala bangku pengemudi dan penumpang depan. Untuk beberapa jenis mobil dengan harga menengah atas, biasanya perangkat ini sudah menjadi standar, sehingga Anda tinggal membawa keping CD atau USB berisi film.

Tetapi, jika belum dilengkapi, Anda dapat memasangnya sebagai aksesoris tambahan. Oh iya, bagi yang mudik dengan anak-anak, hiburan seperti ini bisa menyihir mereka untuk betah selama di jalan, sehingga Anda bisa mengemudi dengan lebih konsentrasi.

GPS

Pandu dengan GPS agar tidak tersesat

Global Positioning System merupakan kepanjangan dari perangkat GPS. Fungsinya adalah menunjukkan arah tujuan, informasi kecepatan mobil sampai dengan lokasi dari titik-titik penting (POI). Saat ini dipasaran terdapat banyak sekali brand dan kisaran harganya tergolong kompetitif. Serta beberapa model mobil, telah menyematkannya dengan head unit.

Mengapa masuk ke aspek kenyamanan kabin? Karena Anda dapat mengetahui jalan yang tepat tanpa perlu ribet membuka atau menutup lembaran peta yang besar. Praktis hanya dengan memasukkan alamat tujuan dan ikuti rute yang ditentukan. Bila membutuhkan tempat istirahat, restoran atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Anda bisa mendapatkan informasinya melalui simbol-simbol yang tampil di sepanjang jalan. Perlu ditambahkan juga, bahwa smartphone sekarang ini juga difungsikan sebagai GPS via aplikasi Waze atau Google Map dengan memakan kuota saat diaktifkan dan bergantung pada kualitas jaringan.

Cooler Bag / Portable

Cooler bag untuk menyimpan minuman

Berbuka dengan yang minuman manis dan dingin menjadi kenikmatan sendiri setelah menunaikan puasa seharian. Nah, untuk memperolehnya ketika mudik, Anda bisa mengandalkan cooler bag atau portable. Sesuai dengan namanya, fungsinya adalah menjaga suhu minuman didalamnya tetap sejuk dan tidak memerlukan batu es yang bertransformasi menjadi air ketika cair.

Perbedaan antara bag dan portable adalah pada cara kerja dan bentuknya. Untuk cooler bag, tampilannya seperti tas dan didalamnya dilapisi dengan lembar aluminium. Dalam rangka memaksimalkan pendinginan, bisa ditambahkan dengan ice gel atau ice pack. Sedangkan, Cooler portable berbentuk hard case yang dilengkapi oleh kipas pendingin. Sebagai penyuplai listrik untuk pendinginan, perangkat ini dibekali dengan kabel penghubung ke lighter mobil.

Car Organizer

Tata barang di kabin dengan organizer

Mudah menemukan barang berukuran kecil dan menatanya dengan apik, juga termasuk dalam kenyamanan kabin. Bisa bayangkan jika barang tersebut berantakan dan diletakkan tidak pada tempatnya. Yang pertama terjadi adalah kesulitan mendapatkannya ketika dibutuhkan dan berikutnya pandangan mata seperti memandang 'isi lemari yang tidak beraturan'.

Guna mengatasinya, silahkan Anda gunakan Car Organizer. Tercatat ada dua model yang umum dipasarkan yakni yang menggantung di bagian belakang jok baris pertama atau dikenal sebagai car seat organizer dan yang terintegrasi dengan sun visor. Adapun barang-barang yang biasanya diletakkan disini seperti tissue, bahan bacaan, makanan ringan, minuman, kaca mata, power bank hingga gadget.

Baca Juga: Inilah Pilihan Mobil Bekas Rp 150 jutaan

Foto; Snapdeal.com, Youtube, candlescoop.com

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil