Deretan Mobil BMW yang Meluncur Sepanjang 2018

Deretan Mobil BMW yang Meluncur Sepanjang 2018

BMW Group Indonesiabenar-benar memanjakan konsumennya tahun ini. Setidaknya 7 model baru diluncurkan sepanjang 2018. Sehingga tercatat sebagai salah satu merek paling produktif yang menelurkan produk baru. Kami mencoba menghimpun seluruh lini yang ditawarkan BMW. Berikut daftarnya.

1. BMW X3

Sport activity vehicle (SAV) ini mendapatkan peningkatan tampilan dan fitur sehingga semakin mumpuni. Bahkan beberapa teknologinya kian canggih karena diadopsi dari BMW Seri 5 dan 7, seperti: EfficientLightweight, BMW Gesture Control dan BMW Display Key.

Mungkin lantaran menjadi model yang cukup laris, makanya BMW Indonesia memutuskan untuk memproduksi secara lokal. Saat peluncurannya di awal tahun, BMW X3 dibanderol Rp 1,009 miliar (off the road). Harga segitu, konsumen disuguhi performa sebesar 184 hp dan torsi maksimal 290 Nm. Besaran itu dihasilkan mesin 2.0 liter BMW TwinPower Turbo yang dipadukan Valvetronic, Double Vanos, High Precision Injection. Keseluruhan tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi steptronic 8-percepatan.

2. BMW 630i Gran Turismo

Berbanderol Rp 1,569 miliar (off the road) saat dirilis, mobil ini paket lengkap bagi konsumen yang ingin memiliki tunggangan kombinasi desain coupe, fleksibilitas SAV dan kenyamanan khas sedan. Peningkatan diberikan tak hanya mencakup fitur, namun juga strukturnya yang lebih ringan hingga 150 kg dibanding generasi sebelumnya (Seri 5 GT).

Energi dorong sebesar 258 hp dengan torsi 400 Nm diciptakan melalui mesin berkonfigurasi 2.0 liter empat silinder BMW TwinPower Turbo. Di dalamnya juga ikut disematkan teknologi High Precision Direct Injection dan Double-Vanos variable camshaft control.

3. BMW 530i Touring M Sport

Ditujukan untuk pebisnis yang berjiwa tualang, Seri 5 Touring M Sport meluncur pertengahan tahun. Kepraktisan dan fungsionalitas menjadi poin utama, terlihat dari bagasinya yang diperbesar dari generasi sebelumnya. Kini kapasitas bagasi sedan seharga Rp 1,429 miliar (off the road) ini menjadi 570 - 1.700 liter.

Jantung mekanis bensin 2.0 liter, empat silinder TwinPower Turbo dalam All-new BMW 530i Touring M Sport hasilkan output maksimum 252 hp dan torsi puncak 350 Nm. Dilengkapi transmisi Steptronic 8-percepatan, mengizinkannya melesat dari 0 hingga 100 km per jam dalam 6.5 detik.

4. BMW i8 Roadster

Rilis saat pameran otomotif Agustus lalu, mobil sport plug-in hybrid andalan BMW memukau dengan desain soft top. Mesin konvensionalnya mungil, hanya 1,5 liter 3-silinder. Tapi tenaga yang dimuntahkan bisa mencapai 231 hp dengan torsi 320 Nm berkat dukungan turbocharger. Bila dipadukan motor listrik BMW eDrive maka total dayanya menjadi 374 hp.

Tak hanya mesinnya unik, soft top juga didesain punya keunggulan dapat terlipat tegak lurus, sehingga tercipta ruang penyimpanan tambahan di belakang kursi dengan kemampuan tampung 100 liter. Bila ingin merasakan keunikan i8 Roadster, harga jualnya Rp 3,969 miliar (off the road).

5. BMW M2 Coupe

Kesan elegan dan sporty terpancar pada desain BMW M2 Coupe yang diperkenalkan saat GIIAS 2018 Agustus lalu. BMW M2 Coupe terbaru dilengkapi mesin enam silinder segaris berkubikasi 3.0 liter. Dipersenjatai twinscroll turbocharger dengan exhaust manifold bersaluran kembar untuk mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar.

Gaya dorong maksimum yang dihasilkan mesin mobil seharga Rp 1,429 miliar (off the road) ini, sebesar 370 hp dan torsi puncak 465 Nm mulai dari 1.400 rpm hingga 5.560 rpm. Momen puntir bisa didorong lagi menjadi 500 Nm dari 1.450 rpm ke 4.750 rpm lewat fitur overboost. Keseluruhan gaya disalurkan melalui M Double Clutch Transmission (M DCT) 7-percepatan dengan Drivelogic.

6. BMW X2 

Jajaran model BMW X tambah lengkap dengan dipasarkannya BMW X2 Oktober lalu. Sebagai sport activity coupe (SAC), posisinya tepat berada di antara BMW X1 dan X3 dengan desain kompak yang menyasar kaum urban. Arsitektur luarnya digarap oleh desainer Adrian Van Hooydonk. Penampilannya tetap berciri BMW yang khas, namun dibalut wujud crossover yang atraktif.

Urusan jantung pacu, mobil yang disodorkan dengan harga Rp 839 juta (off the road) ini memanfaatkan teknologi TwinPower Turbo, dipadu Valvetronic dan Double Vanos. Ketiganya mendukung perfoma mesin 3 silinder berkapasitas 1,5 liter agar menciptakan tenaga 140 hp dan torsi maksimum 220 Nm. Sistem pergantian gigi dipercayakan kepada kopling ganda 7-percepatan.

7. BMW M2 Competition

Model terakhir yang baru dikenalkan ke khalayak umum. Mobil performa tinggi ini, menariknya, merupakan entry level M Division yang paling buas. Bagaimana tidak, mesin barunya punya ruang pembakaran sebesar 3.0 liter, berkonfigurasi 6-silinder segaris, lalu diinduksi oleh TwinScroll Turbocharger.

Tenaga M2 Competition, diklaim meningkat dari generasi sebelumnya menjadi 412 hp dan memiliki torsi maksimum 550 Nm. Kejutannya terletak pada sistem transmisi. BMW menawarkan dua pilihan, kopling ganda M DCT 7-percepatan dan manual 6-percepatan. Lini ini menjadi mobil BMW terkini yang punya pilihan manual. Tertarik memboyongnya? Sayang, BMW tak mengungkap berapa harga jualnya. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Bareng Pertamina GES, BMW Ikut Tumbuhkan Ekosistem Kendaraan Listrik

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store