Optimalkan Fitur Kenyamanan di Mobil Anda Saat Mudik

Optimalkan Fitur Kenyamanan di Mobil Anda Saat Mudik

Perjalanan panjang menuju kampung halaman saat mudik, pasti menjadikan Anda lelah. Tak hanya pengemudi, bahkan menjadi penumpang pun terkadang terasa melelahkan. Kelelahan ini bisa disebabkan banyak hal, mulai dari kemacetan yang membuat Anda bosan, posisi duduk yang tak santai menyebabkan tubuh Anda pegal, hingga perjalanan jarak jauh yang menguras stamina Anda. Sejatinya setiap mobil memiliki beberapa fitur kenyamanan yang memang dipasang untuk menjadikan Anda dapat menikmati perjalanan. Meski begitu, terkadang setiap orang terlupa dengan fungsi utamanya.

Di bawah ini kami akan paparkan mengenai beberapa fitur yang dapat Anda optimalkan fungsinya agar kenyamanan berkendara sepanjang perjalanan mudik dapat dirasakan:

1. Pengaturan Tempat Duduk

Bagi pengemudi, posisi tempat duduk yang nyaman dapat menentukan daya tahan selama mengemudi. Posisi tersebut adalah posisi yang ergonomis dimana tangan, badan dan kaki tepat sehingga akan mudah melakukan gerakan yang tepat saat bermanuver. Untuk posisi duduk, hal pertama yang dapat diatur adalah jarak kaki dengan pedal. Patokannya, kaki harus dapat menginjak pedal kopling sepenuhnya untuk mobil betransmisi manual, dan untuk mobil bertransmisi otomatis, kaki harus dapat menekan pedal rem sepenuhnya.

Untuk mengatur sandaran punggung, raih bagian atas lingkar kemudi dengan salah satu tangan lurus dan sandaran tempat duduk harus rata di punggung, mulai dari bagian bawah hingga pundak. Raihan tangan tersebut menjadi posisi terjauh dari sandaran tempat duduk. Ada baiknya untuk mengatur sandaran sedikit lebih tegak sehingga tangan membentuk sedikit sudut (tidak lurus sepenuhnya) agar lebih relaks. Selanjutnya, atur ketinggian tempat duduk (jika ada) sehingga Anda dapat dengan leluasa melihat ujung depan mobil dan kondisi sekitarnya.

Pengaturan tempat duduk

Untuk penumpang depan, atur posisi duduk yang paling terasa nyaman dengan postur tubuh Anda. Jangan atur sandaran terlalu tegak agar tidak mudah lelah. Yang penting juga diperhatikan adalah jangan sampai pengaturan kursi Anda menyita ruang kaki bagi penumpang di belakang Anda. Ya, karena biasanya bangku depan memiliki pengaturan kursi paling fleksibel, kenyamanan penumpang baris kedua juga ditentukan oleh pengaturan kursi di depannya.

Di baris kedua, upayakan agar tidak terdapat barang bawaan yang menghalangi ruang kaki. Sisakan ruang, agar kaki penumpang belakang dapat sedikit diluruskan. Sediakan juga bantal kecil untuk membuat posisi duduk Anda lebih nyaman, dengan menaruhnya di belakang punggung misalnya, atau untuk dipeluk. Tempatkan anak-anak di bangku baris ketiga karena posturnya yang kecil tak membutuhkan ruang kaki yang lapang. Biasanya baris ketiga memiliki ruang kaki yang terbatas dan tak dapat diatur keleluasaannya, kecuali bangku baris kedua dapat dimaju-mundurkan. Terakhir, jangan lupa gunakan sabuk keselamatan dimanapun Anda duduk.

2. Air Conditioning (AC)

Fitur penyejuk kabin ini menjadi salah satu fitur terpenting untuk memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan jauh. Berada pada suhu yang tepat sepanjang perjalanan memastikan kondisi tubuh selalu prima dan tidak mudah lelah. Meski begitu, penggunaan AC terkadang juga berhubungan dengan konsumsi bahan bakar mobil. Lalu bagaimana mengoptimalkan penggunaannya?

Jika mobil Anda terjemur matahari saat parkir misalnya, biasanya suhu kabin menjadi tinggi. Untuk mempercepat turunnya temperatur kabin, jangan nyalakan AC pada pengaturan maksimal, lebih baik buka jendela mobil Anda, dan nyalakan AC dalam kondisi kipas normal selama beberapa menit, dengan suhu AC minimal. Jika suhu di dalam kabin sudah mulai sejuk, Anda dapat menaikkan pengaturan suhu di AC sesuai dengan keinginan.

Tombol AC

Saat berkendara, Anda baiknya untuk sesekali mengatur tombol pengaturan sirkulasi udara, untuk memasukkan udara segar ke dalam kabin. Meski begitu, perhatikan juga kondisi sekitar mobil. Jika posisi mobil dikelilingi polusi sebaiknya tunda membuka sirkulasi udara, namun jika Anda berada di lingkungan udara yang sejuk, jangan ragu-ragu untuk membukanya. Membuka jendela saat AC menyala justru berpotensi menjadikan mobil lebih boros bahan bakar.

Selain tombol sirkulasi udara, ada baiknya untuk mengatur aliran AC di dalam kabin. Sesekali pilih aliran udara AC menuju bagian bawah kabin untuk menyejukkan kaki Anda. Kondisi macet yang melelahkan kaki dapat terbantu dengan aliran udara di sekitar kaki Anda. Untuk mobil dengan AC double blower, seperti pada MPV dan SUV, perhatikan jumlah penumpang. Jika tidak ada penumpang di kabin belakang, ada baiknya matikan aliran AC di bagian belakang.

3. Sistem Audio dan Video

Fitur hiburan ini menjadi salah satu fitur utama yang dapat mendukung kenyamanan sepanjang perjalanan. Tipe sistem audio setiap mobil memang berbeda-beda, namun setidaknya semua sistem audio selalu memiliki radio sebagai fitur standarnya. Selain mendengarkan musik yang diputar, manfaatkan radio semaksimal mungkin untuk mengetahui kondisi lalu-lintas terkini. Radio bisa dikatakan merupakan sebagai salah satu sumber informasi lalu-lintas paling update selama musim mudik Lebaran.

Jika sistem audio Anda telah dilengkapi dengan port USB dan dapat memutar musik berformat MP3, jangan lupa untuk menseleksi lagu-lagu yang Anda gemari untuk diputar sepanjang perjalanan. Hal ini dapat termasuk lagu-lagu yang juga digemari pasangan Anda dan anak Anda. Sistem koneksi yang dimiliki oleh head unit audio juga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Bluetooth misalnya, selain menghubungkan dengan ponsel Anda untuk menerima telepon, Bluetooth juga dapat mentransfer daftar lagu yang ada di ponsel Anda ke head unit.

Head unit audio

Jika head unit Anda telah dilengkapi layar sentuh, perhatikan apa saja kemampuan yang dimilikinya. Beberapa head unit telah dilengkapi dengan sistem navigasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui rute yang akan ditempuh. Selain itu, jika head unit ini telah memiliki kemampuan Mirroring, Anda dapat memindahkan tampilan yang ada pada ponsel pintar Anda ke tampilan head unit. Hal ini menjadikan Anda dapat menikmati tak hanya musik, namun juga video yang diputar di ponsel Anda. Bahkan dengan memanfaatkan sistem navigasi yang ada pada ponsel, dapat diketahui kondisi lalu lintas terkini.

Salah satu hal yang harus diperhatikan, jika head unit Anda telah dapat memutar video, jangan nyalakan pada head unit di bagian depan. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi pengemudi selama berkendara. Sebaiknya putar video pada sistem hiburan di bagian belakang (rear entertainment). Beberapa mobil telah memiliki sistem rear entertainment bawaan yang biasanya terletak di bagian atap, namun jika belum dimiliki, coba sambangi toko audio dan Anda dapat dengan mudah untuk menambahkannya di balik kursi depan.

4. Sunroof

Tak semua mobil memiliki fitur ini yang dahulu identik dengan mobil mewah dan sporty. Ya sunroof dan segala bentuk lainnya seperti moonroof atau panoramic roof bisa menjadi fitur yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan. Saat malam hari yang cerah, jangan lewatkan membuka penutup sunroof (tanpa membuka kaca) untuk dapat menikmati langit malam yang berhiaskan bintang. Jika mobil Anda memiliki panoramic roof, hal ini bisa menjadikan sensasinya lebih menyenangkan. Bagi anak-anak hal ini juga merupakan sesuatu yang menarik.

Sunroof terbuka

Di pagi atau sore hari, jangan lewatkan sejuknya udara dari daerah yang dilewati untuk masuk melalui sunroof yang dibuka. Tak hanya dipegunungan, udara segar di pinggir pantai juga patut untuk dinikmati, Meski begitu, jangan buka sunroof di siang hari yang terik karena tentunya dapat menjadikan perjalanan Anda tidak nyaman.

5. Ruang Penyimpanan

Saat berkendara jarak jauh dengan seluruh anggota keluarga, terkadang ruang kabin akan berebutan dengan barang bawaan. Apalagi pada mobil-mobil dengan tiga baris kursi, ruang bagasi yang terbatas akibat baris ketiga yang digunakan menyebabkan ruang kabin terkadang tersita dengan barang bawaan yang disimpan di dalam kabin. Hal ini tentunya menyebabkan perjalanan Anda tidak akan nyaman. Salah satu solusi yang dapat dipilih adalah dengan memanfaatkan ruang penyimpanan tambahan.

carrier basket

Anda dapat memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan barang di mobil Anda antara lain dengan memasangkan bagasi tambahan, seperti roofbox, cargo bag, atau carrier basket. Untuk mengatur ruang penyimpanan di dalam kabin Anda juga dapat memanfaatkan cargo net dan fleksible bag. Yang pasti jangan sampai perjalanan mudik Anda menjadi tidak nyaman karena harus berebutan ruang dengan barang bawaan di dalam kabin.

Baca Juga: Deretan Penunjang Kenyamanan Kabin Saat Mudik

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil