Mengenal Jenis Material Jok Mobil Beserta Cara Membersihkannya

Mengenal Jenis Material Jok Mobil Beserta Cara Membersihkannya

Bahan pembungkus jok mobil amat bervariasi. Fungsi utamanya ialah menambah kenyamanan berkendara. Kemudian dari sisi estetika, bisa memberi tampilan interior lebih baik bila dibalut bahan berkualitas. Berikut ini ada beberapa jenis pelapis kursi sesuai dengan kebutuhan pemilik. Perlu dicatat, cara membersihkannya pun berbeda-beda. Simak paparan di bawah ini.

Nilon

Kain pelapis pada jok mobil lazim terdiri dari dua jenis yakni nilon dan polyester. Nilon merupakan bahan kain umum yang digunakan para produsen. Atau kerap disebut juga sebagai material fabric. Sebetulnya ada kelebihan dari kain ini. Bisa tahan lama sekaligus sangat keropos karena banyaknya pori-pori.

Supaya bisa awet dan tahan lama. Maka Anda disarankan harus rajin membersihkan dari debu dan kotoran yang menempel. Bisa pakai vacum cleaner (penyedot debu). Atau bisa pula menggunakan sedikit cairan pembersih. Banyak dijumpai di toko online dengan harga terjangkau. Lalu, gunakan spons untuk mengusap cairan itu sembari membersihkan bagian jok secara perlahan. Apabila sudah selesai. Rendam spons di air dingin kemudian usapkan ke seluruh bagian jok untuk membersihkan sisa deterjen tadi.

jok MG ZS

Polyester

Jenis bahan ini umum digunakan sebagai pelapis jok dalam bentuk microsuede. Bahannya lembut menyerupai tekstur kulit berbulu. Sehingga kalau diduduki terasa nyaman. Tapi untuk membersihkannya justru tidak mudah. Tidak hanya bahan penyusun sangat berpori, tapi juga amat rentan terhadap noda dan kotoran menempel. Masih ada cara dalam merawat kebersihan.

Anda bisa menggunakan kain basah yang sudah diperas. Direkomendasikan pakai cairan pembersih yang mengandung PH rendah. Atau bisa pula pakai sabun bayi. Pastikan jangan terlalu membasahi bahan polyster. Karena bila tidak kering maka meninggalkan bekas noda. Paling enak, mencucinya langsung ke salon detailing mobil.

Baca Juga: Tips Berkendara Hemat dengan Bijak Memanfaatkan Teknologi

Vinyl

Kemudian jok berbahan vinyl juga banyak digunakan. Membersihkannya pun cukup mudah hanya dengan lap bersih yang sedikit basah. Karena lapisan vinyl tak memiliki banyak pori seperti polyester dan nylon. Jika terkena kotoran membandel, barulah Anda membutuhkan cairan pembersih khusus. Ia relatif mudah untuk soal perawatan.

Jok semi sintetis

Kulit Imitasi

Tak sedikit mobil reguler di kasta tinggi pakai kulit imitasi. Termasuk pula langkah pemilik dalam memodifikasi jok dari jenis fabric. Biasanya bahan jenis ini dipilih lantaran mudah dibersihkan dan rentang harga moderat. Anda tak perlu mengeluarkan banyak dana. Sama halnya dengan vinyl, kulit imitasi juga lebih mudah dibersihkan karena tahan air. Bisa menggunakan lap untuk menghilangkan debu sekaligus kotoran. Lantas dilanjutkan menggunakan penyedot debu.

Namun bila ingin membersihkan lebih steril. Bisa juga menggunakan campuran air dengan deterjen. Tapi jangan sampai menghasilkan banyak gelembung. Gunakan lap, celupkan ke campuran air itu dan bersihkanlah secara perlahan-lahan. Sesudahnya, gunakan lap kering untuk menghilangkan bekas cairan pembersih. Anda dapat pula menggunakan kuas atau sikat gigi untuk membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau.

Kulit

Lapisan kulit asli kerap dibalut pada jok mobil-mobil di kelas premium. Tak heran untuk membersihkannya butuh perawatan khusus. Tidak boleh asal-asalan dalam merawat. Menggunakan sembarang pembersih dapat membuat lapisan kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk membersihkan dapat menggunakan lap kering dan cairan khusus pembersih kulit. Oles dan usap perlahan-lahan lapisan jok hingga tak menyisakan noda. Usai dibersihkan, mobil sebaiknya diparkirkan di tempat yang teduh dan tak langsung terkena paparan sinar UV. (Alx/Odi)

Sumber: Wuling

Baca Juga: Menjaga Penampilan Eksterior Mobil Semasa Pandemi agar Selalu Resik

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store