Yamaha MT-10 Tourer Penerkam BMW S1000XR

Yamaha MT-10 Tourer Penerkam BMW S1000XR

Yamaha menghadirkan motor baru, MT-10 Tourer. Kuda besi ini, merupakan hasil pengembangan Yamaha MT-10. Kehadirannya Siap untuk menerkam eksistensi BMW S1000XR, yang berada di segmen sama.

Motor pabrikan garpu tala ini, dibekali mesin empat silinder berkapasitas 998 cc. Ia mampu menyemburkan torsi puncak 111 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 158,2 hp pada 11.500 rpm. Kemampuan mesinnya, memang belum sehebat BMW, toh usaha Yamaha untuk bermain di kelas itu perlu diapresiasi.

Apalagi MT-10 Tourer memiliki berbagai fitur modern nan canggih. Sebutlah Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T), yang terintegrasi dengan sistem Cruise Control dan D-Mode.

Cruise control memberikan kenyamanan pada pengendara, ketika berkendara di jalanan sepi. Pengendara hanya cukup mengendalikan setang motor saja. Pedal gas tidak perlu diputar lagi lantaran otomatis terkunci pada kecepatan tertentu.

Sementara D-Mode menghadirkan tiga pilihan berkendara, yang disesuaikan dengan kondisi jalan serta keinginan pengemudi. Hal ini tentu sesuai kapasitas motor sebagai tunggangan adventure tourer.

Yamaha juga membekali MT-10 Tourer dengan Quick Shifter System (QSS). Fitur ini memudahkan pengendara jika melakukan penggantian gigi transmisi. Efeknya lebih mulus dan presisi, baik itu ketika menaikkan atau menurunkan gigi.

Menariknya lagi, sistem suspensi dan rangkanya merupakan hasil adopsi dari YZF-R1, yang memiliki DNA sport kental. Suspensi depannya menganut sistem up side down berukuran 43 mm, dan belakangnya link-type monocross.

Rangkanya memiliki jarak antar-roda yang sangat pendek, 1.400 mm serta ringan. Motor diklaim memiliki handling yang presisi serta kenyamanan berkendara jempolan.

Dari sisi keselamatan, motor ini menggunakan cakram kembar berdiameter 320 mm untuk roda depannya. Masing-masing dilengkapi piston empat kaliper agar pengereman kian presisi. Sementara rem belakangnya satu cakram berukuran 220 mm. Fitur anti-lock braking system (ABS) juga sudah termasuk ke dalam standarnya.

Selain untuk menunjang karakternya sebagai kendaraan petualang, MT-10 Tourer memiliki tas samping yang menampung berbagai keperluan pengendara. Terdapat pula fitur navigasi dari Tom Tom, sebagai pilihan dengan tambahan biaya.

Di Eropa kuda besi ini dibanderol mulai dari £11,649 atau setara dengan Rp 190 juta. Lebih murah dari BMW S1000XR yang dijual £12,550 atau sekitar Rp 205 juta.

Baca juga : Pesaing Yamaha R1 dari Honda Meluncur Di Jerman

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store