Yamaha Force 155 VVA Terbaru Resmi Meluncur, Cocok Lawan Honda ADV150?

Yamaha Force 155 VVA Terbaru Resmi Meluncur, Cocok Lawan Honda ADV150?

Yamaha Motor Taiwan baru saja melansir matik terbaru Force 155. Skutik yang masuk jajaran Maxi itu punya tongkrongan kekar, dengan model setang naked alias telanjang yang rasanya cocok berkompetisi dengan Honda ADV150.

Di Taiwan, motor ini bukanlah barang baru dia mendebut pertama kali pada 2016 lalu. Sekarang dilabeli sebagai Force 2.0 atau generasi paling anyar dan membawa banyak ubahan, utamanya di sektor mesin dan penambahan fitur.

Dari fascia depan, lampu utamanya punya kemiripan dengan big matik Yamaha TMAX. Sementara penanda seinnya diletakan pada bagian bodi samping punya kemiripan dengan Aerox 155. Kemudian, bagian footrest pengendara dibuat merata layaknya Lexi 125 memungkinkan membawa barang bawaan yang lebih banyak.

Yamaha Force 2.0

Sementara melihatnya dari bagian samping, aura kekarnya makin terlihat berkat penggunaan side bodi panel beraksen segitiga yang dinamis. Sektor buritan juga tak kalah menarik, pakai stoplamp yang terpisah dengan lampu sein. Sayangnya, semua sistem penerangan masih mengusung tipe bohlam konvensional alias belum LED.

Baca juga: All New Yamaha Aerox Berseragam World Grand Prix 60th Anniversary Rilis di Indonesia, Harganya Jadi Segini

Mesin Yamaha Force 2.0

Berdasarkan informasi dari laman resmi Yamaha Taiwan, skutik ini dibekali mesin 155 cc, 1-silinder, SOHC, 4-katup, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi bahan bakar. Namun belum diungkap berapa besaran tenaga dan torsinya. Namun, kabarnya jantung pacu Force punya kemiripan dengan NMax dan Aerox yang kemungkinan besar memiliki tenaga 11,3 kW atau setara 15,1 daya kuda dan torsi puncaknya 13,9 Nm.

Yamaha Force 2.0

Yamaha Force juga kini dibekali dengan teknologi Blue Core yang fungsinya menciptakan sistem pembakaran maksimal pada mesin sampai 50 persen. Tak ketinggalan, ada juga teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang punya tugas mengatur bukaan katup, sehingga tujuannya menyesuaikan suplai bahan bakar ke ruang bakar dan tenaga merata di seluruh putaran mesin namun tetap irit konsumsi BBM.

Masih berkaitan dengan jantung mekanisnya, Yamaha Force kini juga kedapatan Smart Motor Generator (SMG) sebuah teknologi baru dari garpu tala yang membuat suara mesin lebih halus ketika dinyalakan maupun saat motor digunakan.

Fitur Yamaha Force 2.0

Karena hadir sebagai edisi pembaruan, Yamaha Force kini disuntik banyak fitur baru. Salah satunya adalah sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) 2-channel di roda depan dan belakang. Melengkapinya, hadir pula peranti kontrol traksi yang mencegah ban belakang slip di kondisi jalan yang licin akibat hujan atau pasir.

Yamaha Force 2.0

Sementara panel meternya memiliki bentang layar sampai 5,1 inci dan menampilkan ragam informasi penting dari kendaraan. Urusan bawa-bawa barang, skutik ini juga punya volume bagasi cukup besar sampai 23,2 liter. Oh iya, untuk menenami mobilitas pengendaranya, sudah tersedia juga dermaga pengisian baterai gawai.

Dimensi Yamaha Force 2.0

Rancang tubuhnya diracik dengan panjang 1.895 mm, lebar 760 mm, dan tinggi 1.120 mm yang kurang lebih mirip-mirip dengan NMax maupun Aerox 155. Sementara jarak sumbu rodanya adalah 1.340 mm, tinggi jok di 815 mm, serta bobot total mencapai 130 kilogram.

Untuk suspensi depan menggunakan tipe teleskopik dengan ukuran velg 13 inci berprofil ban 120/70. Sementara di belakang pakai peredam kejut model ganda dan penggunaan ban 130/70 ring 13.

Yamaha Force 2.0

Harga Hampir Rp 50 Juta

Di Taiwan Yamaha Force 155 2.0 ditawarkan dengan harga sekitar 117.000 baht atau setara Rp 49 jutaan. Opsi warnanya cukup banyak, mulai dari hitam doff, hitam kombinasi putih, hitam kombinasi abu-abu, dan hitam kombinasi hijau.

Saat ini, Yamaha Force baru diniagakan di pasar domestik Taiwan saja. Menjadi menarik jika motor ini dibawa ke Indonesia dengan status rakitan lokal alias CKD dengan sedikit ubahan pada kontur ban. Ya, coba bayangkan dipasangi model dual-purpose rasanya siap mengasapi Honda ADV150. (Kit/Tom)

Baca juga: Yamaha WR155R Terbaru Rilis di Indonesia, Ini Ubahan dan Harganya

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor