Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Test Pramusim MotoGP di Mandalika dan Honda Vario 160 Repsol

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Test Pramusim MotoGP di Mandalika dan Honda Vario 160 Repsol

Publik otomotif Tanah Air sepajang pekan ini dihebohkan dengan MotoGP. Yap, maklum tahun ini Indonesia akan jadi tuan rumah seri kedua balapan motor tertinggi di dunia tersebut. Tepatnya Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandlika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 20 Maret 2022 mendatang.

KEY TAKEAWAYS

  • Jadwal Lengkap Tes Pramusim MotoGP Mandalika

    11-13 Februari 2022
  • Nama resmi MotoGP Indonesia

    Pertamina Grand Prix of Indonesia
  • Lokasi dan jadwal MotoGP

    Pertamina Mandlika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 20 Maret 2022
  • Pembuatan bodi Honda Vario 160 Repsol

    Dikerjakan rekanan Katros Garage, Salim Airbrush di Jakarta Barat
  • Biaya Mengecat Vario 160 Repsol

    Rp 3 - 4 juta dengan pengerjaan minimal satu minggu
  • Nah, pekan ini beberapa tim dengan pembalapnya mulai melakukan tes pra musim. Berbagai komentar disampai terkait desain maupun kondisi sirkuit Mandalika.

    Selain itu, ada beberapa momen menggelitik yang diunggah para rider, termasuk warga Lombok yang membagikan kisahnya dalam akun media sosial mereka. Salah satunya adalah pemilik toko pulsa Moonstar Cell di Jalan Pariwisata, Pujut, Lombok Tengah, Lalu Heryansa Febrian. Dirinya beruntung didatangi 2 pembalap MotoGP Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) untuk membeli kartu provider.

    Masih berkaitan dengan tes pramusim MotoGP, PT Astra Honda Motor (AHM) tak menyia-nyiakan momentum yag dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11 sampai 13 Februari 2022. Mereka mendukung penuh tim balap Repsol Honda Team (RHT) dengan menghadirkan kendaraan paddock Vario 160 berlivery khusus untuk Marc Marquez dan Pol Espargaro. Menariknya, 4 unit ini dibuat di Jakarta Barat.

    test dirkuit mandalika

    Tes Pramusim MotoGP Mandalika

    Gelaran MotoGP di Indonesia tinggal selangkah lagi hadir di Indonesia. Balapan yang akan berlangsung Maret 2022 ini diawali dengan tes pramusim yang berlangsung di sirkuit internasional Mandalika, Lombok pada 11-13 Februari mendatang.

    Selain itu, Pertamina sebagai sponsor utama event balapan MotoGP Mandalika mengumumkan secara resmi penyebutan seri MotoGP Mandalika menjadi "Pertamina Grand Prix of Indonesia". Ini melengkapi dukungan sebelumnya yang telah diberikan Pertamina untuk sirkuit yang memiliki sebutan resmi Pertamina Mandlika International Street Circuit ini.

    Peresmian penggunaan nama ini dilakukan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pertamina dengan Dorna Sport. Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Managing Director Dorna Sport, S.L, Carloz Ezpelata yang hadir melalui teleconference dan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Rabu (9/2/2022).

    Tes perdana MotoGP Pertamina Mandalika resmi dimulai Jumat pagi (11/2) pada pukul 10 waktu setempat. Alex Rins, rider Suzuki Ecstar jadi pembalap MotoGP yang pertama masuk ke sirkuit ini. Johann Zarco (Pramac Ducati) berhasil jadi yang tercepat pada sesi inaugurasi tersebut. Pada tes hari pertama, bendera merah langsung dikibarkan lantaran sirkuit terlalu basah dan kotor. Baca lengkapnya di sini.

    Pekan ini, beberapa tim peserta MotoGP juga secara resmi memperkenalkan skuadnya. Ada Ducati Lenovo, Repsol Honda Team dengan RC213V terbarunya, dan juga Aprilia Racing.

    MotoGP Fabio Quartararo

    Tingkah Pembalap MotoGP

    Beberapa pembalap MotoGP sudah menginjakan kaki di Indonesia dalam rangka mengikuti tes pramusim di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, akhir pekan ini. Ada beberapa momen menggelitik yang diunggah para rider, termasuk warga Lombok yang membagikan kisahnya dalam akun media sosial mereka.

    Salah satunya adalah pemilik toko pulsa Moonstar Cell di Jalan Pariwisata, Pujut, Lombok Tengah, Lalu Heryansa Febrian. Dirinya beruntung didatangi 2 pembalap MotoGP Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) untuk membeli kartu provider.

    Dikutip CNN, Lalu menjelaskan dirinya tak menyangka toko pulsa kecilnya akan disambangi oleh pembalap terkenal Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo. "Saya tidak menyangka akan kedatangan Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo. Ya, (mereka) sengaja datang ke toko saya untuk beli kartu internet," imbuh Lalu.

    Dari foto yang diunggah story akun Instagram @mr_purnawan (Hendra, adik Lalu) nampak Aleix Espargaro dengan setelan baju sepeda lengkap dengan helm dan kaca mata tengah memarkan paspor sebagai alat untuk mengaktifkan kartu provider baru yang dibelinya.

    Sementara Quartararo juga melakukan hal yang sama, namun berbaju santai ditemani beberapa kerabatnya. Sang pemilik konter pulsa pun berkesempatan mengabadikan momen langka ini dengan foto bersama."Saya banggalah (dikunjungi pembalap MotoGP). Walaupun konter kecil, tapi orang dunia percaya sama kami," kata Lalu. Baca berita lengkapnya di sini.

    Vario 160 Repsol

    Honda Vario 160 Repsol Livery

    PT Astra Honda Motor (AHM) tak menyia-nyiakan momentum tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11 sampai 13 Februari 2022. Mereka mendukung penuh tim balap Repsol Honda Team (RHT) dengan menghadirkan kendaraan paddock Vario 160 berlivery khusus untuk Marc Marquez dan Pol Espargaro.

    Ada sebanyak 4 unit Honda Vario 160 berlivery Repsol yang dikirim ke Lombok. Pertama dengan nomor 93 diperuntukan untuk Marquez dan nomor 44 untuk Espargaro. Sementara 2 unit lainnya bakal digunakan untuk mobilisasi kru selama di area sirkuit.

    Menariknya, proses pengecatan livery khusus Repsol ini dibuat oleh anak bangsa. Dia adalah Salim, pemilik workshop Salim Airbrush di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang ditugaskan AHM untuk menyelesaikan 4 bodi fullset Vario 160 Repsol MotoGP Mandalika.

    Munculnya visual Honda Vario 160 berlivery Repsol di media sosial menuai respons positif dari netizen. Tak sedikit yang berharap jika AHM juga meluncurkan livery tersebut secara massal. Namun perlu dicatat, sampai saat ini belum ada informasi apakah mereka akan meluncurkan livery yang serupa untuk konsumen di Indonesia.

    Anda juga berminat? Salim tak menutup peluang untuk mewujudkannya. Dia mengatakan, untuk pengerjaan airbrush berseragam Repsol tersebut dibanderol mulai Rp 3 juta sampai Rp 4 juta. “Kisaran biaya pengerjaan Rp 3 juta sampai 4 juta terima beres full body sampai velg, hampir semua ya itu yang dicat, Lama pengerjaan paling cepat 1 minggu sampai 2 minggu tergantung antrian,” imbuhnya. Baca lengkapnya di sini(Raju)

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature