Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Target Motor Listrik Jokowi, Royal Enfield Classic 350 dan Model Baru Triumph

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Target Motor Listrik Jokowi, Royal Enfield Classic 350 dan Model Baru Triumph

Pemerintha terus menggenjot rencana kendaraan listrik di Tanah Air. alam sambutannya pada acara peluncuran Ekosistem Kendaraan Listrik, Selasa 22 Februari 2022 di Jakarta kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membidik target sebanyak 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat pada 2025 mendatang. Target ini dirasa mampu tercapai melihat tren dan persiapan ekosistem kendaraan listrik yang masif di Indonesia. Segala upaya dilakukan, paling baru adalah meresmikan peluncuran ekosistem kendaraan listrik yang melibatkan BUMN dan perusahaan swasta pada Selasa (22/2) kemarin.

KEY TAKEAWAYS

  • Kolaborasi BUMN dan swasta mempercepat ekosistem listrik

    Electrum perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama, bersama Pertamina, Gogoro, serta Gesits
  • Target pemerintah

    Pada 2030 untuk emisi karbon berada di angka 29%, dan di 2060 masuk ke emisi nol atau net zero carbon
  • Royal Enfield Indonesia merilis All New Classic 350

    Rp 105 juta (Halcyon), Rp 107,9 juta (Classic Signals), Rp 109,8 juta (Dark), serta Rp 110,3 juta (Classic Chrome)
  • Triumph Motor Indonesia rilis 5 motor baru

    Triumph New Speed Twin, New Street Twin EC1 Special Edition, New Triumph Trident 660, New Bonneville Gold Line Editions dan New Tiger Sport 660
  • Meski demikian, berbagai produk baru masih bermunculan/ Royal Enfield Indonesia akhirnya resmi merilis All New Classic 350. Motor ikonik ini mendapat banyak pembaruan dibanding model sebelumnya. Model anyar ini tersedia dalam empat varian dengan sembilan kombinasi warna. Masing-masing dijual Rp 105 juta sampai Rp 110,3 juta. All New Classic 350 dirancang ulang untuk memenuhi aspirasi modern. Masih menawarkan filosofi sederhana dan elegan dengan detail khas. Konstruksinya mengalami peningkatan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik. Secara desain memang tak banyak berubah, agar keindahan dan estetika abadinya tetap melekat.

    Sementara itu, Triumph Motor Indonesia rilis 5 motor baru. Terdiri dari Triumph New Speed Twin, New Street Twin EC1 Special Edition, New Triumph Trident 660, New Bonneville Gold Line Editions dan New Tiger Sport 660. Deretan motor gede Triumph tersebut menjadi pilihan di kelas modern classic, adventure, roadster, dan beberapa di antaranya berkategori special edition. Dijual mulai dari Rp 285 juta hingga Rp 535 juta off the road.

    jokowi gesits

    2 Juta Kendaraan Listrik di 2025

    Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta bekerjasama untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Dalam hal ini Electrum perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama, bersama Pertamina, Gogoro, serta Gesits bersinergi mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi dan terlengkap di Indonesia.

    Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) membidik target sebanyak 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat pada 2025 mendatang. Target ini dirasa mampu tercapai melihat tren dan persiapan ekosistem kendaraan listrik yang masif di Indonesia.

    Selain menargetkan angka 2 juta unit kendaraan listrik digunakan oleh masyarakat Indonesia, Jokowi juga berharap jika industri kendaraan bebas polusi bisa menunjukkan taringnya di pasar internasional alias mampu diekspor ke pasar global.

    "Dan kita targetkan nanti di 2025, sebanyak 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan masyarakat Indonesia dan selanjutnya menuju pasar ekspor," ucap Jokowi.

    Lebih lanjut, menurut Jokowi, pemerintah sangat serius untuk mempercepat serta masuk dalam penggunaan Energi Terbarukan (ETB). Kendaraan berbasis baterai alias listrik adalah salah satu fokus pemerintah karena disebut bisa mengurangi polusi di langit Indonesia.

    "Kita harapkan sesuai dengan target kita nanti di 2020 untuk emisi karbon berada di angka 29 persen. Kemudian 2060 kita akan masuk ke emisi nol (net zero carbon). Oleh sebab itu, didukung oleh ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir kita harapkan negara kita betul-betul mampu merajai dan menjadi produsen dari kendaraan listrik," pungkasnya.

    Baca lengkapnya di sini.

    Royal Enfield Classic 350

    Royal Enfield All New Classic 350

    Royal Enfield Indonesia akhirnya resmi merilis All New Classic 350. Motor ikonik ini mendapat banyak pembaruan dibanding model sebelumnya. Model anyar ini tersedia dalam empat varian dengan sembilan kombinasi warna. Masing-masing dijual Rp 105 juta untuk seri Halcyon, Rp 107,9 juta untuk Classic Signals, Rp 109,8 juta buat versi Dark, serta Rp 110,3 juta Classic Chrome.

    All New Classic 350 dirancang ulang untuk memenuhi aspirasi modern. Masih menawarkan filosofi sederhana dan elegan dengan detail khas. Konstruksinya mengalami peningkatan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik. Secara desain memang tak banyak berubah, agar keindahan dan estetika abadinya tetap melekat.

    Sejak pertama kali diluncurkan, Classic hadir sebagai sepeda motor kelas menengah. Kelahirannya merupakan awal mula kebangkitan brand Royal Enfield. Ciri khas yang masih bertahan tampak pada penggunaan tangki model teardrop. Lampu depan bulat dan punya rancang bangun yang kokoh.

    Untuk Classic 350 model baru dibekali mesin J-series. Dan sebetulnya berbagi platform dengan Metor 350 yang belum lama hadir untuk pasar Indonesia. Dari data teknis, memiliki enjin berkubikasi tepat 349 cc, SOHC, 1-silinder, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Di atas kertas menjanjikan tenaga maksimal 20,2 Hp pada 6.100 rpm dan torsi 27 Nm pada 4.000 rpm yang disalurkan lewat transmisi manual kopling 5-percepatan.

    Bagaimana dengan fitur yang dipasang? Baca lengkapnya di sini.

    Triumph motorcycles

    Triumph MY 2022

    Triumph Motor Indonesia rilis 5 motor baru. Terdiri dari Triumph New Speed Twin, New Street Twin EC1 Special Edition, New Triumph Trident 660, New Bonneville Gold Line Editions dan New Tiger Sport 660. Deretan motor gede Triumph tersebut menjadi pilihan di kelas modern classic, adventure, roadster, dan beberapa di antaranya berkategori special edition. Dijual mulai dari Rp 285 juta hingga Rp 535 juta off the road.

    Mengusung tagline For The Ride, Triumph Indonesia memberi penawaran sensasi berkendara baru untuk para penggemar motor ikonik asal Inggris. Hadirnya dua model baru yakni New Triumph Trident 660 di segmen roadster serta New Tiger Sport 660 di kelas adventure melengkapi model modern classic yang melekat pada brand Triumph selama ini.

    Ada juga model modern classic unggulan dari New Speed Twin, New Street Twin EC1 Special Edition dan New Bonneville Gold Line Editions.

    Kelima produk yang hadir memiliki beberapa pembaruan dengan berbagai ubahan, mulai dari sektor mesin, peningkatan dari segi handling dan juga pilihan warna serta motif berbeda. Untuk tipe Bonneville Gold Line Editions merupakan edisi terbatas. Memiliki sentuhan cat tangan asli dari Triumph yang sangat pantas untuk dikoleksi penggemar tipe klasik. Unit yang masuk ke Indonesia juga dibatasi hanya 15 unit. Baca lengkapnya di sini.

     

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature