Silencer Knalpot Honda RC213V Marc Marquez Dijual Terbatas, Harganya Rp 45 jutaan

Silencer Knalpot Honda RC213V Marc Marquez Dijual Terbatas, Harganya Rp 45 jutaan

Honda Racing Corporation menjual knalpot motor RC213V yang pernah digunakan Marc Marquez. Total, ada tujuh unit yang ditawarkan. Empat yang sempat dipakai pada musim 2018 dan sisanya di musim 2019. Semuanya dibanderol Rp 45 jutaan. Komponen itu tidak bisa digunakan, hanya berupa pajangan semata. Tentunya ini bakal menjadi barang koleksi yang berharga.

Knalpot yang ditawarkan tidak dalam bentuk full system exhaust, melainkan hanya ujungnya atau silencer saja. Barang itu dijual dalam kemasan kotak dan tersegel rapi. Alas yang menopang knalpot terbuat dari baja dan seluruhnya dilapisi dengan melamin. Selain itu, penahan dibuat sederhana untuk menekankan keberadaan knalpot, dan seluruhnya ditutup dengan bahan akrilik yang transparan. Selain itu, pembeli juga mendapatkan buku HRC sesuai dengan tahun silencer knalpot digunakan. Dilengkapi pula dengan sertifikat dan nomor seri untuk mengotentikasi item.

"Produk ini adalah part asli digunakan oleh Marc Marquez dalam Repsol Honda Team. Knalpot itu mampu mengeluarkan tenaga mesin yang kuat dari RC213V. Karena produksi terbatas, kami tidak menerima pengembalian, penukaran atau pembatalan," bunyi pernyataan HRC.

Silencer knalpot Honda RC213V Marc Marquez

Semua knalpot yang dijual punya perbedaan satu sama lain. Jadi, penggemar dipastikan memiliki knalpot yang tidak sama dengan pemilik lain sehingga kadar eksklusifnya terjaga. Untuk model 2018 terdapat 4 buah dan bentuknya sedikit menyiku, sedang unit 2019 tersedia 3 buah dan wujudnya lurus. Dengan demikian, artinya komponen tersebut merupakan suku cadang asli yang membantu Marc Marquez meraih gelar juara dunia.

Baca juga: MotoGP 2021: Monster Energy Dukung Penuh Tim Suzuki Ecstar

Bagi penggemar yang berminat, knalpot bekas motor Marquez ini tersedia di situs resmi Honda Jepang. Untuk membeli silencer knalpot itu, konsumen hanya memerlukan alamat dan rekening bank di Jepang. Dijual dengan harga 330.000 Yen (termasuk pajak) atau Rp 45,65 juta (Kurs JPY 1 = Rp 136). Jika tertarik memiliki suku cadang tersebut, maka bisa mendapatkannya di laman honda.co.jp.

Diyakini banyak orang di dunia yang tertarik untuk membelinya. Maka itu, Honda akan memilih secara acak melalui aplikasi online yang digelar mulai 11 Januari hingga 24 Januari 2021. Caranya dengan mengisi formulir yang sesuai dan hanya boleh membeli satu item per orang. Serta mereka tidak menerima penjualan melalui reservasi.

Silencer knalpot Honda RC213V Marc Marquez

Untuk diketahui, pada musim MotoGP 2018 Marc Marquez berhasil mengungguli Andrea Dovizioso. Dari 14 balapan yang dijalani, dirinya cuma dua kali gagal naik podium, yakni di Argentina dan Italia. Sementara hasil terburuknya hanya sekali, saat menempati urutan tiga di Republi Ceko. Ini merupakan kemenangan kelima berturut-turut dari 2013, 2014, 2016, 2017 dan 2018.

Di musim balap 2019, The Baby Alien berhasil mengunci gelar juara dunia meski masih menyisakan empat balapan lagi, yakni seri Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia. Gelar juara keenam Marquez di kelas MotoGP itu pun semakin spesial karena ia mampu menyamai pencapaian tiga pembalap legenda sebelumnya, yakni Valentino Rossi, Mick Doohan, dan juga Giacomo Agostini. Tepatnya gelar juara dunia MotoGP 2019 itu menjadikan Marquez pembalap keempat yang mampu meraih empat gelar juara di kelas utama secara beruntun.

Sedang satu musim penuh selama 2020, dirinya absen karena cedera patah tulang lengan kanan atas. Hingga sekarang, dia masih dalam proses penyembuhan dan diharapkan bisa kembali berlaga seperti biasa mulai musim depan. (Bgx/Tom)

Sumber: HRC, Ride Apart

Baca juga: Hormati Jasa Para Pembalapnya, Suzuki Rilis GSX-R1000R Legend Edition