Selain Aprilia PID Juga Luncurkan 2 Motor Baru Moto Guzzi, Harga Mulai Rp 500 Jutaan

Selain Aprilia PID Juga Luncurkan 2 Motor Baru Moto Guzzi, Harga Mulai Rp 500 Jutaan

Bukan cuma memboyong Aprilia RS 660 dan Tuono 660, PT Piaggio Indonesia (PID) juga menghadirkan 2 motor baru untuk merek Moto Guzzi. Dari keterangan resmi yang OTO.com terima mereka juga menghadirkan V7 Stone terbaru dan V85 TT Travel.

Keempat model ini baru akan diperkenalkan pada Jumat 10 September 2021 secara virtual. Namun berdasarkan laman resmi masing-masing merek, semua banderol sudah diinformasikan. Aprilia RS 660 dijual dengan harga Rp 650 juta dan Tuono 660 dilepas dengan mahar Rp 650 juta. Kemudian, Moto Guzzi new V7 Stone diniagakan Rp 535 juta dan V85 TT Travel dilego Rp 700 juta. Semua harga itu sudah berstatus on the road wilayah DKI Jakarta.

President Director PT PID, Marco Noto La Diega mengungkapkan, mereka terus berinovasi untuk menghadirkan produk terbaru ke pasar domestik. Tujuan utamanya adalah memberikan kontribusi terhadap pengembangan pasar roda dua di Tanah Air.

"Sebagaimana langkah kami didorong oleh Premiumization Roadmap Strategy yang solid, maka selalu penting bagi kami untuk berada pada posisi terdepan di industri dengan produk-produk mutakhir untuk memimpin segmen premium melalui empat brand inti kami," kata Marco lewat keterangan resminya.

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas secara detail spesifikasi dan fitur yang dibawa Aprilia RS 660 dan Tuono 660. Kali ini kita akan membedah modal apa saja yang ditawarkan dari Moto Guzzi V7 dan V85 TT Travel.

New Moto Guzzi V7 Stone New Moto Guzzi V7 Stone

New Moto Guzzi V7 Stone

Moto Guzzi V7 terbaru masuk generasi keempat yang kini hadir dengan trim V7 Stone. Desainnya menawarkan aura motor klasik yang kental, tapi tetap menarik buat dipandang. Secara keseluruhan motor ini masuk segmen motor roadster bermesin besar dan unik.

Tampilannya kurang lebih masih identik dengan V7 generasi ketiga yang diluncurkan di Indonesia pada Desember tahun lalu. Namun, karena berlabel model baru, beberapa ubahan dan penyesuaian pun dilakukan.

Pertama, motor asal Italia ini sekarang menggunakan sistem pencahayaan full LED. Lampu depan tetap berbentuk bulat tapi dipermanis dengan daytime running light (DRL) yang sekaligus jadi pemisah antara lampu jauh dan dekatnya.

Meski berperawakan motor jadul, urusan fitur keselamatan V7 Stone generasi keempat sudah dilengkapi pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dual channel di depan dan belakang. Tak lupa juga, pabrikan menyematkan fitur kontrol traksi guna mencegah putaran berlebih di roda belakang.

Baca juga: Intip Spesifikasi Serta Fitur Aprilia Tuono dan RS 660 yang Siap Meluncur Pekan Ini di Indonesia

New Moto Guzzi V7 Stone

Opsinya masih sama dengan V7 terdahulu yang mana pemilik bisa mengatur 2 tingkatan kontrol traksi. Pertama untuk kondisi jalan basah, dan kedua untuk kondisi jalan kering.

Sebagai edisi penyempurnaan, pabrikan juga turut merevisi ukuran velg yang diklaim lebih lebar. Tujuanya bukan cuma mendongkrak tampilan, namun memberikan kenyamanan ketika digunakan di berbagai medan jalan. Selebihnya adalah merevisi komponen suspensi belakang dan posisi pijakan kaki pengendara. Lagi-lagi tujuannya adalah untuk menambahan kenyamanan pengendara.

Dari lembar spesifikasi yang tertera di laman resmi Moto Guzzi Indonesia, kini V7 Stone IV dibekali jantung pacu baru. Isi silindernya meningkat menjadi 853 cc dari yang sebelumnya 744 cc. Alhasil, tenaga maksimal dari motor ini melonjak 65 daya kuda (naik 13 dk) di putaran mesin 6.800 rpm dan torsi menjadi 73 Nm (naik 13 Nm) di 5.000 rpm.

Untuk konstruksi mesinnya masih sama yakni berjenis V-Twin 90 derajat longitudinally mounted, 4-tak, OHV, 2 katup per silinder, pendingin udara, dan berpengabut bahan bakar injeksi. Khusus pasar Indonesia, PID hanya menawarkan dalam 2 opsi kelir saja. Pertama Nero Ruvido yang diselimuti warna serba hitam doff dan Arancione Rame yang tampil lebih atraktif dengan warna orange.

New Moto Guzzi V85 TT New Moto Guzzi V85 TT

New Moto Guzzi V85 TT

Moto Guzzi V85 TT bukanlah barang baru di pasar Indonesia, saat itu PID membawa motor ini pada 2019 lalu dan menjadikannya opsi anyar motor adventure di Indonesia.

Revisi yang dilakukan di model baru ini juga lebih fokus pada tampilan, dan penyempurnaan sisi fungsional. Sekarang dia memiliki kelir baru yang dinamai pabrikan sebagai Sabbia Namib. Kelirnya menggunakan warna coklat muda dengan tarikan garis merah, tentu beda dengan model sebelumnya yang menggunakan seragam kombinasi putih, kuning, merah, dan hitam.

Membandingkan dengan V85 TT terdahulu tak nampak banyak ubahan, namun motor petualang ini memiliki pembeda sesuai varian baru yang diusungnya, Travel. Guna menunjang aktivitas berpetualang, pabrikan kini mengaplikasikan windscreen dengan dimensi yang lebih tinggi, hadirnya lampu kabut opsional, dan sepasang boks samping untuk menyimpan berbagai barang bawaan.

Motor asal Italia ini juga sekarang disuntik fitur baru yakni Moto Guzzi MIA yang bisa menyambungkan smartphone dengan motor. Di situ, bisa menampilkan fitur maps, notifikasi telepon serta pesan, mendengarkan lagu, sampai menyambungkannya dengan perangkat komunikasi intercom.

Baca juga: Menakar Peluang New KTM RC 390 Dijual di Indonesia

New Moto Guzzi V85 TT

Di varian V85 TT Travel, pabrikan juga menyematkan pilihan ban baru yang lebih tangguh ketika dipakai riding. Sekarang kedua roda jari-jarinya dibalut ban besuran Michelin Anakee Adventure.

Dapur pacunya sekarang sudah mengantongi standar Euro 5 dan berisi silinder 853 CC V-Twin 90 derajat, 2 katup per silinder yang mampu menghempaskan tenaga maksimal 76 daya kuda pada 7.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 82 Nm di 5.000 rpm. Output ini disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Adapun untuk fitur, motor ini masih dibenamkan riding modes (Road, Rain, dan Offroad. Hadir juga pengereman ABS dual channel, kontrol traksi, penghangat handle gas, panelmeter LCD, sampai pengaturan cruise control.

Informasi lebih lanjut dari keempat produk baru PT PID ini akan diumumkan besok secara virtual pukul 14.30 WIB. Nanti kita akan bedah lagi dari sisi strategi penjualan, layanan after sales, dan posisinya bersaing di segmen motor kubikasi besar Indonesia. (Kit/Raju)

Baca juga: Honda CB500 Series Dapat Penyegaran, Pakai Showa SFF-BP

Model Motor Moto Guzzi

  • Moto Guzzi V7 III
    Moto Guzzi V7 III
  • Moto Guzzi V9 Roamer
    Moto Guzzi V9 Roamer
  • Moto Guzzi V9 Bobber
    Moto Guzzi V9 Bobber
  • Moto Guzzi V85 TT Travel
    Moto Guzzi V85 TT Travel
  • Moto Guzzi V7 III Racer
    Moto Guzzi V7 III Racer
  • Moto Guzzi V85TT
    Moto Guzzi V85TT
Motor Moto Guzzi

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Moto Guzzi V85TT Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Moto Guzzi V85TT

Tren Adventure Touring