Rider 5000, Skuter Listrik Bergaya Klasik Mirip Vespa

Rider 5000, Skuter Listrik Bergaya Klasik Mirip Vespa

Beberapa tahun terakhir banyak pendatang baru di segmen skuter listrik ringan. Sebagian besar sebetulnya berasal dari Cina. Yang kemudian diganti namanya untuk dijual di negara lain. Salah satu contohnya adalah skuter listrik Rider 5000 yang baru-baru ini diluncurkan di Prancis.

Sepintas, sangat mudah untuk mengira skuter bergaya klasik ini sebagai Vespa. Siluet keseluruhan serta beberapa detail halus serupa dengan ikon si "tawon" asal Italia. Lekukan bodi dan headlamp jua mencerminakn si skuter lawas. Faktanya, cukup sulit untuk mengatakan bahwa Rider 5000 sebenarnya adalah skuter listrik. Selain karena absennya pipa knalpot.

Rider 5000

Ia menawarkan garis elegan dan serbabulat, mengingatkan pada masa kejayaan skutik. Batok lampu sekaligus cover setang mencirikan desain Vespa. Tameng depan diisi dengan komponen yang menggambarkan skuter masa depan. Lampu sein sejajar dengan list krom di dekat sepatbor. Di balik tebeng terdapat kopartemen yang bisa menaruh barang berdimensi kecil. Tapi sayang, sistem kunci masih pakai konvensional, macam skutik Jepang 125 cc yang ada di sini. Di situ pula terintegrasi buat membuka jok.

Baca juga: Qianjiang Kenalkan Konsep Sportbike Listrik, Disinyalir Pakai Merek Benelli

Kursi menyatu model datar, membantu pengendara dan pembonceng mendapat kenyamanan. Pijakan kaki tampak luas dengan model alas horizontal, beda dengan Vespa yang punya bentuk vertikal. Bagusnya footpeg pembonceng bisa dilipat bila tak dipakai.

Rider 5000

Skuter listrik ini ditenagai oleh motor 5.000W. Namun ada juga opsi yang lebih terjangkau dalam bentuk model 4.000W dan 3.000W. Rider 5000 menghasilkan 6,8 tenaga kuda atau setara dengan skutik konvensional 125 cc.

Baterainya memiliki kapasitas 3,75 kWh dan menyediakan jangkauan maksimum, terutama di dalam kota, 100 kilometer. Pengisian penuh memakan waktu sekitar 6 jam. Mereka mengklaim kalau penyandang dayanya cukup kuat. Itu karena casing dilapisi dengan baja dan sel-sel yang menyusunnya dilindungi dari semua serangan kecil di jalan. Baik skuter dan baterainya dijamin selama dua tahun. Untuk mengisi ulang, baterai dapat dilepas. Bisa juga dengan cara mencolok langsung dengan stopkontak standar 220V, di rumah atau di kantor.

Rider 5000

Terlepas dari spesifikasi kinerja skuter yang tampaknya kurang bagus, kemungkinan Rider 5000 terasa cukup lincah dibandingkan dengan skuter 125cc. Itu berkat respons throttle instan yang diberikan oleh powertrain listriknya.

Walau menggunakan desain minimalis dan tak lekang oleh waktu, bukan berarti dirinya tidak memiliki modernitas. Layar LCD bulatnya ditempatkan secara elegan di atas stang, sementara trim bodi krom dan sadel krem memberi skuter nuansa premium.

Rider 5000 juga tersedia di bagian lain Eropa, meskipun dengan nama merek yang berbeda-beda. Di Belgia misalnya, menggunakan merek Pusa Li5000W. Skutik ini memiliki harga 4.999 Euro, atau setara dengan Rp 86 jutaan. (Bgx/Tom)

Sumber: Le Repaire des Motard, Rideapart

Baca juga: Zaiser Motors Persiapkan Cruiser Elektrik, Baterai Bisa Tempuh Hampir 500 Km

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor