Penampilan Perdana Versi Produksi Harley-Davidson LiveWire

  • HD LiveWire
  • LiveWire

Moge asal negeri Paman Sam, Harley-Davidson (HD), tengah melakukan perubahan. Belum lama diumumkan, HD sedang mengembangkan motor kecil untuk pasar Asia. Terbaru, ada HD dengan jantung elektrik. Bukan sepenuhnya kejutan, lantaran proyek motor yang disebut LiveWire, sudah berembus kabarnya sejak lama. Namun kali ini, HD resmi mengungkap bentuk produksi LiveWire, beserta gambaran spesifikasinya.

Harley-Davidson LiveWire

Diwartakan oleh situs Carscoops, Harley-Davidson LiveWire, direncanakan dipasarkan tahun depan. Tentu ini tak seperti produk lain dari manufaktur, lantaran LiveWire adalah roda dua dengan jantung elektrik sepenuhnya. Ini bukan kebetulan atau mengikuti tren belaka, HD memang sudah menentukan target besar. Menjadi pemimpin dunia soal motor listrik, dan berencana menawarkan lini motor listrik lengkap pada 2022.

LiveWire mengambil tema urban street ride. Desainnya sangat 'kekinian' dengan tetap membenamkan karakter HD. Rangkanya aluminium dan di balikya tak ada mesin konvensional. Gantinya ada satu pak baterai lithium-ion sebagai sumber nyawa utama. Belum dibeberkan spesifikasi angkanya, tapi dipastikan ada pengisi daya level 1 dan colokan yang bisa diakses di bawah jok. LiveWire juga bisa menggunakan pengisi daya level 2 dan 3, menggunakan colokan SAE J1772 (spesifik pasar Amerika Serikat) dan IEC type 2 untuk pasar global.

Terdapat juga baterai standar lithium ion 12 volt terpisah dari sumber listrik utama. Fungsinya, menyuplai daya pada lampu, klakson, cluster instrumen digital dan kelistrikan kecil lain. Dibeberkan, ada layar sentuh yang bisa diatur kemiringannya dan menawarkan banyak informasi. Tak disebutkan ukuran layar sentuh itu, yang pasti ada konektivitas Bluetooth dan sistem navigasi GPS.

Melengkapi penampilan dan fungsi, ada pelek 17 inci dengan balutan ban Michelin sport. Roda depan dibantu pengeremannya oleh Brembo dengan cakram ganda 11,8 inci (300 mm) yang menjanjikan deselerasi lebih mantap. Itu masih ditunjang dengan ABS dan sistem kendali traksi untuk jaminan keselamatan lebih tinggi. Sedang suspensi, ditopang oleh Showa dengan fitur bisa disetel sepenuhnya.

Karakter kendaraan elektrik atau listrik punya torsi besar dan akselerasi spontan tanpa jeda. Itu juga yang ditawarkan HD LiveWire dengan jantung elektriknya. Menurut pihak manufaktur, cukup dengan sedikit bukaan pada throttle, akselerasi luar biasa langsung tersedia. Agar lebih terasa karakter HD-nya, manufaktur juga sudah menyiapkan suara unik yang bakal mengikuti kecepatan. Artinya, suara semakin keras seiring akselerasi dan kecepatan meningkat, juga sebaliknya.

Harley-Davidson LiveWire

Pihak manufaktur berharap banyak orang bisa menerima LiveWire, lantaran biasanya HD menawarkan motor besar dengan mesin natural yang khas karakternya. Harley-Davidson menaruh harapan tinggi pada motor listrik perdana mereka. (Tom/Van)

sumber: Carscoops

Baca Juga: Elon Musk Klaim Ford Berpotensi Bangkrut

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor