Motor Matik Adventure Aprilia SR GT Mejeng di Sirkuit Mandalika, Sinyal Mau Dijual di Indonesia?

Motor Matik Adventure Aprilia SR GT Mejeng di Sirkuit Mandalika, Sinyal Mau Dijual di Indonesia?

Virtual Meet and Greet dengan Aprilia Racing Team MotoGP di Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3), terlihat 2 unit motor matik adventure Aprilia SR GT terparkir rapi di area booth Aprilia Indonesia. Ekspansi produk dari merek jualan motor Aprilia di Tanah Air sepertinya akan terwujud. Kita tahu, sejak beberapa tahun lalu untuk pasar domestik mereka hanya membawa dan menjual motor bermesin besar saja.

KEY TAKEAWAYS

  • Varian Aprilia SR GT

    Aprilia SR GT 125 bermesin 125 cc dan Aprilia SR GT 200 yang bermesin 174 cc
  • Visual Aprilia SR GT ditampilkan saat tim dari Aprilia Racing Crew (ARC) menjelaskan situasi dan kondisi dalam paddock Aprilia Racing Team. Ada 2 unit SR GT yang terparkir persis di sebelah Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660. Dari beberapa bocoran yang kami terima, kabarnya Aprilia akan merilis motor baru saat gelaran MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika, Lombok.

    Aprilia SR GT

    Bila benar, kemungkinan terbesarnya adalah Aprilia SR GT yang akan diluncurkan. Tongkrongan yang dibawa bisa dibilang mirip-mirip dengan Honda ADV150 yang saat debutnya di 2019 lalu menuai respons positif dari konsumen.

    Sekadar informasi, Aprilia SR GT pertama kali diperkenalkan di pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia. Dia memiliki desain yang mengambil inspirasi tampilan dari model Aprilia yang lain dengan beberapa detail mirip siluet SXR. Sebagai motor matik adventure, gayanya diterjemahkan lewat penggunaan lampu depan tri-LED, komponen windshield, dan pengaplikasian suspensi panjang di bagian depan.

    Sementara dari samping, ciri khas Aprilia konsisten, dia tak memiliki dek yang rata dan dipisahkan dengan bodi di tengah yang sepertinya jadi tempat tangki bahan bakar. Secara umum, tampilan dari SR GT ini punya tarikan bodi yang tegas, tidak kaku, dan sporty. Itu bisa dilihat dari beberapa cekukangan bodi di depan, samping, sampai belakang.

    Aprilia SR GT

    Aprilia SR GT diperkenalkan di Italia dengan 2 varian mesin yang berbeda, yakni 125 dan 200 cc. Dari segi dimensi dan tampilan tak ada perbedaan, diferensiasinya hanya ada di jantung pacu yang dikemas.

    Pilihan SR GT 125 dibekali dengan  mesin 125 cc, 1-silinder, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi. Racikan mesin itu mampu memompa tenaga maksimal sampai 14,75 daya kuda pada 8.750 rpm dan torsi puncak 12 Nm di 6.500 rpm.

    Sementara untuk Aprilia SR GT 200 dipersenjatai mesin berkubikasi 174 cc, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi juga. Nah, dengan rancang itu, varian tersebut mampu memproduksi tenaga maksimal sampai 17,43 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak 16,5 Nm di 7.000 rpm. Keduanya punya bobot total 144 kilogram dan 148 kilogram.

    Nah untuk mendukung gaya motor petualang, Aprilia SR GT dibekali dengan ban bertekstur dual purpose yang siap diajak melibas trek light offroad. Lalu Kombinasi setang lebar, ground clearance tinggi, travel suspensi panjang di depan semakin memaksimalkan DNA adventure motor tersebut.

    Aprilia SR GT

    Terkait fiturnya, Aprilia SR GT 125 dan 200 sudah dilengkapi dengan panel meter full digital yang menampilkan ragam informasi penting dari kendaraan. Kemudian kapasitas bagasinya juga besar, sampai 25 liter yang mampu menampung satu helm full face.

    Jika nanti benar dijual di Indonesia, rasanya Honda ADV150 akan kedatangan lawan yang tangguh. Tapi perlu dicatat harga jual dari motor ini bikin gigit jari, di Jepang untuk SR GT 200 dilepas dengan banderol sekitar 4.762 dolar AS atau sekitar Rp 68 jutaan lebih. (KIT/RS)

    Baca juga: MotoGP: Ini Jadwal Lengkap GP Indonesia di Sirkuit Mandalika

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature