• Wishlist

MotoGP: Reuni, Lorenzo jadi Test Rider Yamaha

MotoGP: Reuni, Lorenzo jadi Test Rider Yamaha

Yamaha terus memberikan kejutan jelang MotoGP 2020. Usai menuntaskan kesepakatan buat rider utama, mereka kembali membuat pengumuman yang tak kalah penting. Jorge Lorenzo digaet sebagai test rider tim pabrikan, sekaligus menjadi bagian dari tim pengembang Yamaha YZR-M1.


Musim balap tahun ini sejatinya baru akan dimulai bulan depan. Namun Yamaha langsung memperlihatkan determinasi dengan mengambil langkah-langkah penting. Bisa dibilang agresif. Terlihat dari cara mereka mengamankan Maverick Vinales hingga 2022 mendatang. Termasuk pula keputusan untuk memakai jasa Fabio Quartararo sebagai pengganti Valentino Rossi, mulai 2021 nanti.



[caption id="attachment_145367" align="aligncenter" width="852"]Lorenzo Test Rider Yamaha MotoGP 2020 Foto: Instagram Jorge Lorenzo[/caption]

Selang sehari, giliran nama Lorenzo masuk dalam daftar skuat garputala. X-Fuera didaulat menjadi pembalap penguji, menggantikan Jonas Folger yang tak mendapatkan perpanjangan kontrak. Yamaha pun menyambut hangat kesediaan Lorenzo untuk menunggangi M1 lagi.


"Kami senang menerimanya lagi ke Yamaha. Statistik pencapaiannya selama 9 tahun bersama, merupakan bukti. Dia adalah pembalap MotoGP berpengalaman, akrab dengan M1 dan orang-orang di Yamaha. Kami mengenalnya sebagai orang yang teliti dan punya motivasi. Seorang pembalap dengan konsistensi sempurna serta wawasan teknis baik," ucap Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, Kamis (30/1).


Baca juga: Lorenzo Sosok Test Rider Paling Ideal Yamaha


Dikatakannya pula, perekrutan Lorenzo ini adalah bagian dari strategi dalam mengatasi masalah Yamaha selama ini. Terutama menjembatani kesenjangan antara tim Eropa dengan insinyur dan test rider di Jepang. "Menggabungkan pengalaman, pengetahuan juga kecepatan Lorenzo bersama Silvano Galbusera (pimpinan tim uji) adalah elemen penting untuk memperkuat tim penguji Yamaha," sahutnya.


"Saya sangat termotivasi dan tidak sabar untuk memulai pekerjaan ini. Melakukan yang terbaik demi masa depan Yamaha. Serta berharap pengalaman balap saya berguna membantu insinyur Yamaha juga pembalap, guna membawa kembali titel (juara dunia) itu," sambut Lorenzo.


Lorenzo Test Rider Yamaha


Reuni inipun mengingatkan kembali memori Lorenzo bersama Yamaha. Mulai bergabung di 2008, lalu berhasil menjadi juara dunia pada musim 2010, 2012 dan 2015. "Kami juga mengamankan banyak podium dan kemenangan serta tahu letak kekuatan kami. Saya senang membuat keputusan bergabung dengan tim tes pabrikan. Saya pikir ini adalah pekerjaan yang cocok. Yamaha paling cocok dengan gaya balap saya. Pasti sangat menarik bisa bertemu kembali dengan motor lama saya," papar Lorenzo.


Tak perlu waktu lama, dia bakal langsung andil pada sesi tes di Sepang (Malaysia), 2-4 Februari. Seperti dituliskan dalam rilis resmi Yamaha Factory Racing, Lorenzo juga disertakan dalam kegiatan IRTA Test dan uji privat Yamaha. Dan, belum ada pemberitahuan soal keikutsertaannya sebagai pembalap wildcard. Sementara kontrak kerja yang disepakati kedua pihak, sepertinya masih untuk satu musim saja. Kita tunggu sumbangsih Lorenzo di Yamaha tahun ini! (Ano)


Sumber: Yamaha


Baca juga: Rossi Pindah ke Tim Satelit Yamaha?