MotoGP: Alex Rins Absen Perkuat Suzuki di Catalunya Gara-Gara Kecelakaan Sepeda

MotoGP: Alex Rins Absen Perkuat Suzuki di Catalunya Gara-Gara Kecelakaan Sepeda

Sial sepertinya tengah getol menerpa Alex Rins. Pembalap andalan Suzuki Ecstar MotoGP itu, pada Kamis (3/6), resmi diumumkan absen di Grand Prix (GP) Catalunya yang berlangsung akhir pekan ini, 4-6 Juni. Pembalap 25 tahun itu mengalami patah pergelangan tangan kanan. Bukan di sikuit dengan motornya namun saat berlatih sepeda. Akibatnya ia tidak bisa turun berlomba di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol.

Dilaporkan Crash, usai kecelakaan, Rins segera ditransfer ke Rumah Sakit Universitas Dexeus untuk pemeriksaan medis. Rins juga sempat diperiksa dengan CT Scan karena dikabarkan mengalami benturan di kepala. Namun tes tersebut tidak menunjukkan adanya kekhawatiran. Direktur Unit Bedah Tangan dan Bedah Mikro di Departemen Traumatologi dan Bedah Ortopedi di Rumah Sakit Universitari Dexeus, Xavier Mir, mengatakan Rins menderita patah tulang artikular radius distal kanan dengan perpindahan kecil dan peradangan tinggi.

Sang dokter melanjutkan, ada dua pilihan untuk mengembalikan posisi tulangnya. Pertama dengan cara melumpuhkan fraktur dengan plester, tetapi pemulihan akan memakan waktu sekitar 4-6 minggu. Dan ambil tindakan operasi karena dianggap sebagai pilihan terbaik. Rencananya, pembalap Suzuki itu siap menjalani operasi dengan memasang dua sekrup pada tulang tangan kanan pada Jumat (4/6) pagi waktu setempat.

"Sayang sekali apa yang terjadi hari ini. Saya benar-benar ingin balapan di Montmelo dan memiliki performa yang solid untuk kembali ke trek setelah beberapa balapan yang sulit. Saya akan berusaha keras bisa pulih dengan cepat. Saya belum tahu apakah saya bisa ikut GP Jerman. Terima kasih atas dukungannya," kata Rins.

Baca juga: MotoGP 2021: Maksimalkan Kinerja Ban, Strategi Joan Mir di GP Italia

MotoGP Alex Rins

Shinichi Sahara, Direktur Tim Suzuki terkejut mendengar kabar itu. "Kami sebagai tim akan memberikan cara terbaik untuk mengatasi situasi ini. Kami berharap Joan Mir bisa mendapatkan hasil yang bagus akhir pekan ini, tapi tentu saja kami kehilangan Alex. Tentu kami semua berharap dia menjalani operasi yang baik, pemulihan yang cepat, dan kembali lebih kuat sesegera mungkin," katanya.

Hingga saat ini Suzuki belum memutuskan siapa yang akan menggantikan Rins untuk mengisi satu kursi kosong di GP Catalunya akhir pekan ini. Saat ini yang tercatat baru satu nama Joan Mir. Test rider Suzuki, Sylvain Guintoli, sepertinya kandidat terkuat, karena sudah berada di Montmelo dan paling memahami karakter GSX-RR.

Setelah terjatuh di empat balapan MotoGP terakhir, kemalangan Alex Rins berlanjut dalam bentuk kecelakaan bersepeda. Itu membuat bintang Suzuki absen di GP Catalunya akhir pekan ini. Jelas merugikan Suzuki karena mereka bakal kesulitan untuk bisa mengejar gelar konstruktor musim ini. Pabrikan Jepang itu juga akan kesulitan menjaga gelar tim yang mereka dapatkan tahun lalu. Hingga enam seri, Suzuki berada di posisi tiga klasemen konstruktor dengan nilai 69, terpaut jauh dari Yamaha yang berada di puncak klasemen dengan 132 poin. (Bgx/Raju)

Sumber: Crash; Foto: roadracingworld

Baca juga: Hasil Lengkap dan Klasemen MotoGP 2021: Vinales Awali Musim dengan Kemenangan Sempurna

Model Motor Suzuki

  • Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
  • Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
  • Suzuki GSX S150
    Suzuki GSX S150
  • Suzuki NEX II
    Suzuki NEX II
  • Suzuki GSX 150 Bandit
    Suzuki GSX 150 Bandit
  • Suzuki Smash FI
    Suzuki Smash FI
  • Suzuki Address
    Suzuki Address
  • Suzuki NEX Crossover
    Suzuki NEX Crossover
Motor Suzuki

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Suzuki Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Suzuki