• Wishlist

Mimpi Indah KTM di MotoGP

Mimpi Indah KTM di MotoGP

KTM akhirnya menyingkap selubung motor terbarunya yang bakal berlaga di ajang MotoGP 2017, yakni KTM RC16 MotoGP.


foto05


Pembalap mereka,Pol Espargaro dan Bradley Smith ikut hadir, termasuk juga CEO KTM, Stefan Pierer. Markas KTM di Mattighofen, Austria menjadi saksi bahwa tim balap baru ini siap berlaga di MotoGP 2017. Bahkan KTM langsung memasang target tinggi di ajang balap motor terakbar itu.


foto02


"Ini memang menjadi tahun pembelajaran, tapi KTM hadir untuk bertarung dan memenangi juara dunia seperti di ajang balapan lain seperti Rally Dakar, MotoCross, SuperCross, Moto3 dan lainnya," ujar Stefan.


Pria berkacamata itu bahkan langsung menetapkan target untuk bisa mengalahkan Honda. Sebagaimana diketahui, Honda bersama pembalapnya Marc Marquez adalah pemenang MotoGP tahun lalu. Jadi bisa dikatakan ini merupakan target yang sangat tinggi, apalagi untuk sebuah tim yang baru pertama kali mengikuti MotoGP.


foto06


"Honda adalah tantangan terbesar dan Honda juga selalu mencoba untuk mengakali regulasi. Lihat saja yang terjadi di Dakar, apa yang terjadi dua bulan lalu. Itu selalu sama juga dengan di Moto3. Saya tidak tahu kenapa, padalah mereka tidak perlu melakukan itu. Itulah alasan kami ingin mengalahkan Honda (di MotoGP)," papar pria berusia 60 tahun, seperti dikutip laman Autosport.


Tekanan besar dari sang CEO KTM, juga dirasakan Bradley Smith sebagai pembalap. Biarpun begitu, dia mengaku senang dengan target dan tekanan yang diberikan KTM pada dirinya.


foto08


"Banyak sekali tekanan. Tapi itulah yang kami harapkan dan bekerja untuk mewujudkannya. Saya mengambil kesempatan yang saya punya dan bagi saya dan Pol (Espargaro) serta tim, kami akan bekerja sangat keras. Kami sejauh ini sudah sangat sibuk dengan uji coba yang dilakukan dan tidak berhenti. Ini hanya awalnya saja dan kami sangat tertarik untuk melihat musim 2017 berjalan," ujar pembalap asal Inggris berusia 26 tahun ini.


foto03


Begitu banyak harapan dan mimpi indah yang sudah dilontarkan KTM, namun kenyataannya sampai sekarang belum ada progres yang menjanjikan. Tiga kali uji coba MotoGP telah dilakukan mulai dari Valencia (November 2016), Sepang (Februari 2017, dan Phillip Island (Februari 2017), tapi tidak pernah sama sekali pembalap KTM menembus posisi 10 besar tercepat. Prestasi terbaik mereka dalam uji coba adalah Pol Espargaro berada di posisi 16 tercepat saat melakukan pengujian terakhir di Philip Island.


foto07


Lalu apakah mimpi indah KTM untuk bisa kompetitif di MotoGP bisa terwujud? Memang KTM masih memiliki waktu, karena masih ada satu kali uji coba yang berlangsung di Qatar pada 10 Maret mendatang. Setelah itu, balapan MotoGP sebenarnya dilangsungkan pada 26 Maret 2017. Sesudah itu tidak ada lagi jalan mundur bagi KTM untuk tidak mewujudkan mimpinya.


Baca juga : Bandingkan Kawasaki KLX 250 and KTM 250 SX-F