KTM Resmi Bawa 390 Adventure ke Indonesia, Dibanderol Rp 119 Juta

Resmi sudah KTM 390 Adventure mendarat di Indonesia. Ia menjadi pemain baru di segmen petualang kelas tengah, menyusul seri 790 yang rilis tahun lalu. Dengan ukuran tubuh dan mesin kompak, tentunya 390 dapat menyasar lebih banyak kalangan pecinta jalan jauh. Berikut dikemas dalam harga tak terlampau mahal, Rp 119 juta OTR Jakarta.

“KTM 390 merupakan line up terbaru dari series adventure. Menyusul kesuksesan KTM 790 adventure yang sudah dirilis di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada 2019. Motor ini menjawab kebutuhan rider untuk sebuah compact adventure yang bisa dipakai untuk daily used, adventure touring, bahkan offroad. Sebab platformnya diambil dari KTM 450 Rally (Dakar). Hadir dengan fitur paling advance dan sangat cost effective. Sehingga layak disebut sebagai the true adventure motorcycle pertama di Indonesia, untuk segmen travel endure,” jelas Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor, dalam sambutannya di siaran virtual perilisan 390 Adventure.

Launching KTM 390 Adventure

Dibangun dari platform KTM 450 Adventure Rally, dengan model steel trellis frame yang diklaim sangat ringan. Jarak poros roda juga dibuat panjang, serta memiliki ground clearance tinggi. Demi mengejar kemampuan menerjang medan dinamis selama bertualang.

Fork upside down WP turut menjadi bawaan pada tunggangan baru KTM. Diameter tabungnya besar, 43 mm. Sekaligus dilengkapi empat tingkat pengaturan: Comfort, Standard, Sport, serta Full Payload. Mengubahnya tinggal memutar kuncian di atas shock. Spesifikasi yang hampir sama dengan milik kakaknya.

Baca juga: Dilego dengan Nilai Sepantar, Masihkah Kawasaki Ninja ZX-25R Unggul dari KTM RC 390?

Sementara monoshock belakang diprakarsai merek WP juga, dengan pengaturan rebound, damping, serta preload. Jarak mainnya cukup panjang, sekitar 177 mm. Lantas depannya berjarak 170 mm.

Pengendalian optimal tak hanya dikejar lewat komponen struktur. Dari sisi elektronik, KTM menyediakan kontrol traksi yang bisa diatur lewat tombol. Otomatis grip ban belakang bisa lebih terjaga, terutama saat akselerasi. Uniknya, girboks tak bekerja sendirian. Terdapat fitur quick shifter yang bisa berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Karena itu tangan cukup fokus mengontrol laju, tanpa pusing mencari momentum tarik kopling di putaran tertentu. Jelas, assist dan slipper clutch termasuk dalam rangkaian girboks enam percepatan.

Enjin 390

Tak kalah penting menyoal peranti deselerasi. Kedua cakram dijaga sensor ABS kanal ganda, berikut adanya sistem cornering ABS – menjaga kinerja sensor saat motor menikung di sudut tertentu. Bagusnya lagi, fungsi ABS roda belakang bisa dimatikan. Kita tahu, di atas tanah kadang membutuhkan momen ban mengunci agar lebih mudah dikontrol. Lengkap.

Untuk mesinnya sendiri berjenis DOHC satu silinder, berpendingin cairan. Tak ada bedanya dengan line up 390 lain (Duke dan RC), berkubikasi bersih 373 cc empat katup. Dengan komposisi silinder overbore, jantung segala model ini mampu mengeluarkan output 43 Hp/9.000 rpm dan torsi 37 Nm/7.500 rpm. Translasi bukaan gas juga dilengkapi sistem throttle-by-wire.

Selanjutnya, fitur motor Adventure ini terbilang modern. Layar full digital dapat terhubung dengan gawai untuk menelepon. Selain itu data sajiannya lengkap. Menunjang informasi pengendara selama melakukan perjalanan. Dan seluruh pencahayaan sudah LED.

Sistem Deselerasi

Babak Baru Segmen Tualang 400 cc

Selama ini hanya ada satu penguasa segmen tualang berbasis mesin 400 cc satu piston. Ialah Royal Enfield Himalayan, yang belum lama versi teranyarnya dirilis. Namun sudut pandang konsep motor jauh berbeda. Sama sekali tak disajikan fitur canggih pada tunggangan satu ini. Berikut harganya hanya selisih sedikit, Rp 114,3 juta OTR Jakarta.

Kehadiran KTM 390 Adventure jelas begitu mengancam. Jenama Austria ini sanggup membeberkan serangkai teknologi canggih. Mendukung perjalanan jauh jadi lebih terkontrol, sekaligus dihibur menu-menu lengkap ala fitur masa sekarang. Lagi pula harganya tak terpaut jauh, Rp 119 juta OTR Jakarta. Lantas sejauh mana KTM membantah digdaya Royal Enfield? Nantikan komparasi keduanya. (Hlm/Tom)

Baca juga: Wujud KTM RC 390 2021 Bocor Tanpa Kamuflase

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store