Kenalkan Aprilia SR GT Calon Rival Honda ADV150, Mau Masuk Indonesia?

Kenalkan Aprilia SR GT Calon Rival Honda ADV150, Mau Masuk Indonesia?

Lewat pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia, Aprilia memperkenalkan produk barunya, SR GT. Sebuah motor matik bergenre adventure dengan desain agresif, fitur modern, dan rancang kaki-kaki yang apik.

Boleh dibilang segmen skutik alias berperawakan tualang memang makin menjamur akhir-akhir ini. Setiap pabrikan berlomba menjajakan produknya, termasuk jenama asal Italia, Aprilia.

Mengutip Rushlane, Aprilia SR GT meluncur dengan 2 opsi mesin yang berbeda, yakni 125 dan 200 cc. Dari segi dimensi dan tampilan tak ada perbedaan, diferensiasinya hanya ada di jantung pacu yang dikemas.

Aprilia SR GT

Pilihan Aprilia SR GT 125 dibekali dengan enjin 125 cc, 1-silinder, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi. Racikan mesin itu mampu memompa tenaga maksimal sampai 14,75 daya kuda pada 8.750 rpm dan torsi puncak 12 Nm di 6.500 rpm.

Baca juga: Peluang Aprilia Hadirkan Motor di Bawah Mesin 250 cc, Ini Tanggapan Piaggio Indonesia

Adapun untuk Aprilia SR GT 200 dipersenjatai mesin berkubikasi 174 cc, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi juga. Nah, dengan rancang itu, varian tersebut mampu memproduksi tenaga maksimal sampai 17,43 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak 16,5 Nm di 7.000 rpm. Keduanya punya bobot total 144 kilogram dan 148 kilogram.

Aprilia SR GT

Desain dan Fitur

Dari segi desain, SR GT mengambil inspirasi tampilan dari model Aprilia yang lain dengan beberapa detail mirip siluet SXR. Sebagai motor matik adventure, gayanya diterjemahkan lewat penggunaan lampu depan tri-LED, komponen windshield, dan pengaplikasian suspensi panjang di bagian depan.

Sementara dari samping, ciri khas Aprilia konsisten, dia tak memiliki dek yang merata dan dipisahkan dengan bodi di tengah yang sepertinya jadi tempat tangki bahan bakar. Secara umum, tampilan dari duo SR GT ini punya tarikan bodi yang tegas, tidak kaku, dan sporty. Itu bisa dilihat dari beberapa cekukangan bodi di depan, samping, sampai belakang.

Aprilia SR GT

Kedua velg sudah dibalut dengan ban bertekstur dual purpose yang siap diajak melibas trek light offroad. Kombinasi setang lebar, ground clearance tinggi, travel suspensi panjang di depan semakin memaksimalkan DNA adventure motor tersebut.

Bicara fitur, Aprilia SR GT 125 dan 200 sudah dilengkapi dengan panel meter full digital yang menampilkan ragam informasi penting dari kendaraan. Kemudian kapasitas bagasinya juga besar, sampai 25 liter yang mampu menampung 1 buah helm full face.

Karena masih berstatus pengenalan, belum ada harga resmi dari motor terbaru Aprilia itu. Pun soal detail spesifikasi dan teknologi yang diusungnya. Tapi kita bisa menerka, jika motor ini akan bersaing ketat dengan Honda ADV150 yang kita kenal di Indonesia, apalagi ADV 150 juga diniagakan di beberapa negara.

Aprilia SR GT

Potensinya Masuk Indonesia

Pasti yang jadi pertanyaan, seberapa besar peluang SR GT masuk dan dijual di Indonesia? Digital Communication Manager Piaggio Indonesia (APM Aprilia), Robby Gozal menyebutkan semua produk yang diciptakan oleh Piaggio Group pada dasarnya bisa saja dijual di Tanah Air, namun soal kapan butuh riset apakah cocok dengan market dan strategi jualan dari Aprilia Indonesia.

"Belum ada rencana ke arah situ (motor matik). Tapi bukan tidak mungkin loh, ya. Memang untuk saat ini kita lagi fokus ke produk big bike-nya dulu. In the future, kita nggak pernah tahu dan bisa bawa semua produk dari Piaggio Group, Tapi kita harus melihat marketnya cocok dan ready atau tidak," kata Robby, belum lama ini.

Bagaimana menurut Anda, layakkah Aprilia SR GT dijual di pasar domestik? (Kit/Tom)

Sumber: Rushlane

Baca juga: Ada Penurunan PPnBM Moge, Harga Aprilia dan Moto Guzzi Jadi Lebih Murah?

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor