Intip 4 Model Triumph Gold Line Edition yang Masuk Indonesia

Intip 4 Model Triumph Gold Line Edition yang Masuk Indonesia

Triumph Motor Indonesia rilis 5 model baru untuk pasar Tanah Air. Kelima moge anyar dijual mulai dari Rp 285 juta hingga Rp 535 juta off the road. Unit yang ditawarkan terdiri dari modern classic, adventure, roadster, dan beberapa di antaranya berkategori Gold Line Edition. Untuk versi ‘Garis Emas’ skema cat yang disajikan cukup menarik, lantaran dilukis dengan tangan oleh para ahli divisi desain Triumph.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga New Bobber Bonneville Gold Line Editions

    Rp 535.000.000
  • Harga New Bonneville T120 Gold Line Editions

    Rp 440.000.000
  • Harga New Bonneville T120 Black Gold Line Editions

    Rp 440.000.000
  • Harga New Street Scrambler Gold Line Editions

    Rp 408.000.000
  • Kustomisasi yang dilakukan pabrikan sebagian besar modelnya mendapat hasil akhir dua warna. Setiap unit memiliki ciri khas berupa tandatangan ‘Gold Line’ yang berbeda dari para seniman Triumph. Itu berarti tidak ada dua sepeda motor yang sama persis. Meski begitu setiap unit tidak dilengkapi dengan sertifikat keaslian atau penomoran seri apa pun. Berikut empat model Triumph Gold Line Edition yang masuk ke Indonesia.

    triumph Motorcycles

    New Bonneville T120 Gold Line Editions: Rp 440.000.000 (off the road)

    Buat versi ini sebetulnya masih identik dengan model standar. Hanya saja dikemas lebih menarik dengan kelir spesial. Seri T120 Gold Line Editions dibungkus dengan warna Silver Ice/Competition Green. Tampilannya didominasi cat silver.

    Pada bagian tangki, atasnya diberi kelir Competition Green. Transisi warnanya dikasih batas garis emas. Tak lupa juga di situ sudah bersemayam tanda tangan desainer yang juga berlapis emas. Lencana tangki gunakan model 3D chrome baru. Sedang panel bodi samping ada tulisan khas Bonneville putih berlatar hijau.

    Bentuk klasiknya tampak tak tersentuh. Mesin liquid-cooled, 8 valve, SOHC parallel-twin berkapasitas 1.200 cc berperforma tinggi juga tidak berubah. Tetap menghasilkan power 79 Hp di 6.550 rpm dan torsi 105 Nm pada 3.100 rpm. Dayanya itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan.

    Walau tergolong model spesial, pabrikan mempertahankan pelek aluminium ringan. Menurut Triumph roda itu berkontribusi pada bobot dan kemudi agar lebih gesit. Di bagian penghenti laju, tersemat kaliper dan cakram berspesifikasi tinggi dari Brembo. Kaliper depan dengan twin-piston sliding axial front menjepit cakram ganda 310 mm, dan belakang piston tunggal dengan disk brake 255 mm. Performa pengereman tidak diragukan lagi, lantaran didukung dengan berat motor yang lebih ringan.

    Unsur kenyamanan juga menjadi perhatian penting bagi Triumph. Sekarang sudah ada cruise control sebagai fitur standar dan meningkatkan mode pengendara standar yang dapat dipilih. Memungkinkan penyesuaian pada peta throttle serta pengaturan kontrol traksi. Serta pengaturan instrumen anyar dan fitur untuk mematikan kontrol traksi.

    Baca juga: Triumph Indonesia Rilis 5 Motor Baru di 2022, Ada Special Edition

    triumph Motorcycles

    New Bonneville T120 Black Gold Line Editions: Rp 440.000.000 (off the road)

    T120 Black Gold Line Editions lebih kurang sama dengan model reguler, hanya saja ia mendapat cat serbahitam berjenis matte. Lebih tepatnya Matt Sapphire Black/Matt Silver Ice. Mesin, roda, kaca spion, cover lampu depan, dan knalpot semua hitam pekat. Jok uniknya dilapisi dengan kulit berwarna cokelat tua.

    Urusan spesifikasi tak ada ubahan dengan versi reguler. Masih mengandalkan mesin SOHC, liquid-cooled, 8 katup, 270 derajat crank angle parallel twin, berkapasitas 1.200cc. Ia mampu menyemburkan tenaga maksimal 79 Hp pada putaran 6.550 rpm dan torsi puncak di angka 105 Nm pada putaran 3.100 rpm.

    Untuk menunjang ketangguhannya dalam menahan beban, pihak pabrikan memasang rangka model Tubular steel cradle. Dipadukan dengan Swing Arm model Twin-Sided Tubular Steel yang membuat ia lebih stabil. Dilengkapi pula dengan pelek jari-jari berukuran 18 inci di depan dan 17 inci belakang. Masing-masing dibalut dengan ban berukuran 100/90-18 dan 150/70-17.

    Dibekali suspensi depan teleskopik dengan jarak travel 120 mm dan belakang pakai twin shocks dengan adjustable preload. Masing-masing gunakan lansiran KYB. Soal keselamatan, mereka mengandalkan Brembo 2 piston floating caliper di depan dan Nissin 2 piston floating caliper di belakang.

    triumph Motorcycles

     

    New Bobber Bonneville Gold Line Editions: Rp 535.000.000

    Tak ada perbedaan spesifikasi dengan versi reguler. Hanya saja ia tampil lebih mencolok berkat kombinasi cat Carnival Red/Sapphire Black. Penampung bensin, spatbor depan dan belakang dicat Carnival Red. Motif tulisan ‘Triumph’ pada tangki masih sama dengan model standar, tapi ia berkelir emas. Bagian belakang tempat bahan bakar diberi warna silver. Lalu pada panel bodi samping tiap sisinya ada list gold.

    Triumph Bonneville Bobber 2022 membawa beberapa elemen baru. Seperti saudara lainnya, ia juga mendapat rem dan peningkatan pencahayaan yang lebih baik, mesin torsi tinggi 1.200 cc lebih responsif (kinerja tidak berubah meskipun Triumph mengklaim kurva torsi yang lebih datar), dan telah memenuhi persyaratan Euro 5.

    Tangki bahan bakarnya kini lebih besar. Sekarang berkapasitas 12 liter. Triumph juga menyematkan garpu baru dari Showa berdiameter 47mm dengan spesifikasi lebih tinggi. Cakram dan kaliper rem Brembo, dan Cruise Control kini ditambahkan sebagai fitur standar. Bersamaan dengan itu, dia juga mendapat ban lebih gemuk.

    Triumph menambahkan beberapa perubahan gaya dalam bentuk penutup cam dan sprocket engine powder coated hitam, dan headlamp LED dengan DRL, ABS, dan kontrol traksi yang dapat dimatikan serta single seat yang dapat disesuaikan.

    Baca juga: Mulai Sekarang Jangan Semprot Angin Kompresor Ketika Ganti Oli Motor, Ini Efek Buruknya untuk Mesin

    triumph Motorcycles

    New Street Scrambler Gold Line Editions: Rp 408.000.000

    Model ini memiliki tangki berkelir Matte Pacific Blue dengan garis Graphite. Logo Triumph di penampung bensin, font Street Scrambler pada panel samping serta tandatangan ‘Gold Line’ semua berkelir emas yang elegan

    Dirinya masih menawarkan sebuah motor bergaya scrambler dengan tampilan retro khas Triumph. Street Scrambler dibekali mesin 900 cc dengan konfigurasi 8 katup, SOHC, 2-silinder segaris, berpendingin cairan. Mesin ini memiliki profil overbore dengan diameter 84,6 mm dan langkah 80 mm. Hasilnya tenaga yang dikeluarkan mencapai 65 PS di 7.250 rpm dan torsi 80 Nm di 3.250 rpm.

    Pada bagian kaki-kaki, dibekali garpu teleskopik 41 mm di bagian depan dan double shockbreaker di bagian belakang. Untuk ban, motor ini menggunakan Metzeler Tourance dengan ukuran 100/90-19 di depan dan 150/70-17 di belakang. Sementara untuk pengeremannya menggunakan Brembo 4 fixed axial caliper di depan dan Nissin 2-piston floating caliper di belakang. Sudah dual ABS.

    Secara dimensi, Triumph Street Scrambler tidak terlalu besar dengan wheelbase 1.445 mm. Sementara lebarnya hanya 835 mm dan tingginya mencapai 1.180 mm. Namun motor ini memiliki bobot yang cukup berat yakni mencapai 223 kg dalam keadaan basah.

    Fiturnya suspensi depan sudah diberikan pengaturan preload dan adjustable twin rear shocks. Pengereman dual ABS, Torque assist clutch, Ride-by-wire throttle with switchable traction control, Riding Modes (Road, Rain and Off-Road) dan lampu sudah berteknologi LED. (Bgx/Raju)

     

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature