IIMS 2019: Mengenal Lebih Dekat Harley-Davidson FXDR 114

IIMS 2019: Mengenal Lebih Dekat Harley-Davidson FXDR 114
Gambar
Review Pengguna

Harley-Davidson FXDR 114 resmi mengaspal di ajang IIMS 2019 (25/04/19). FXDR merupakan lini Harley-Davidson dari keluarga Softail. Artinya, ia berada di kelas menengah dengan bekalan mesin yang cukup besar. Sebagai produk terbaru, apa saja yang bisa diberikan motor seharga Rp 685 juta (OFR) ini?



Dari jajaran keluarganya, bisa dibilang ini yang paling modern dan futuristik setelah Fat Bob. Desainnya terinspirasi dari gaya drag-strip. Tersimak di bagian buritan yang berakhir pada titik sumbu roda. Praktis, motor terlihat lebih ringkas. Tapi jangan khawatir, untuk menahan cipratan air ada spatbor terpisah yang menutupi hampir setengah lingkaran roda belakang. Bagian ini dilabur hitam, sehingga keberadaannya seakan menyatu dengan ban belakang. Penempatan stop lamp dan sein juga ada di spatbor ini. Bentuknya sangat minimalis, malah kami kira hanya sebuah reflektor.


Bagian depan, headlampnya terlihat cantik dengan bentuk oval dan rangkaian bohlam LED yang membentuk garis vertikal di tengah. Begitu juga sein model terpisah yang tak lagi bulat, melainkan memanjang berisikan LED. Sebuah revolusi desain dari Harley-Davidson.



Model tangki menjadi perpaduan gaya klasik-modern. Maksudnya, sekilas siluet membulat masih tersimak, tapi jika diperhatikan lebih dekat, ada garis-garis yang membuat efek mengotak tepat di bagian atas tangki. Kapasitasnya mampu menelan bensin sebanyak 16,7 liter. Di belakang itu, hanya ada satu jok yang melengkung tajam ke bagian belakang. Ini berguna untuk menyandarkan pinggul Anda.


Untuk menopang bobot 303 kg, konstruksi kokoh diracik dari bahan aluminium ringan dan komponen komposit. Termasuk pada swingarm dan sub-frame, yang merupakan sebuah pembaruan paling terkini. Guna meredam guncangan dan mendapatkan pengendalian yang baik, dipasangkan suspensi upside-down berukuran 43 mm di depan dan suspensi tunggal dengan beragam setelan di belakang.



Beralih ke panel instrumen, Harley-Davidson menanamkan dua layar digital kecil. Keduanya berbentuk persegi panjang dengan desain minimalis dan finishing hitam yang terlihat kokoh. Informasi yang tersaji memang tak begitu beragam. Hanya penunjuk dan sensor fundamental seperti speedometer, odometer, fuel meter, jam, trip meter dan takometer. Ada juga sensor yang menyala saat peranti ABS, tekanan oli, voltase listrik, mesin, terdiagnosa mengalami gangguan.


Nah, mungkin Anda penasaran dengan label 114 yang tertera di beberapa bagian. Ini memiliki arti pada jantung pacu yang diusung, yakni Milwaukee-Eight 114 V-Twin 1.868 cc. Ukuran (Diameter x Langkah) sebesar 102 x 114mm dan rasio kompresi 10,5:1. Alhasil Output tenaganya terbilang besar. Dorongan torsi 158 Nm bisa digapai pada 3.500 rpm. Tak perlu effort besar untuk merasakannya.



Setelah menarik gas dalam, tentu saja dibutuhkan penahan laju yang baik. FXDR 114 sudah dilengkapi rem cakram 300 mm dengan kaliper empat piston di depan dan 292 mm dengan kaliper dua piston di belakang. Sensor ABS sudah menjadi standar di kedua roda. (Hel/Odi)


Baca Juga: Harley Davidson Elektrik Pertama, Mulai Dijual Agustus Tahun Ini

Jelajahi Harley Davidson FXDR 114

Harley Davidson FXDR 114 Rp 645 Juta Cicilan : Rp 14,72 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store