Harley-Davidson Siapkan Motor Mesin Kecil Bersama Benelli

Harley-Davidson berencana garap motor berkapasitas mesin kecil. Tepatnya, memproduksi motor baru 338 cc. Rancangan itu diketahui setelah Harley menggamit Qianjiang Motorcycle Company Limited. Qianjiang Motorcycle, kini merupakan induk dari Benelli, berada di bawah grup Geely. Bersamaan dengan Volvo, Proton dan juga punya saham di Mercedes.

Jika dibandingkan dengan seluruh variannya, motor berkapasitas 338 cc bakal menjadi produk terkecil Harley-Davidson. Padahal, sebelumnya, ada varian Street Rod 500. Jadi status Street Rod 500 tidak lagi menjadi varian Harley terkecil.

Motor berkapasitas kecil itu, rencananya dipasarkan di seluruh dunia. Sebagai penetrasi awal, Harley-Davidson meniagakan motornya untuk pasar Asia, termasuk Indonesia. PT Benelli Motor Indonesia (BMI) pun sudah siap memasarkannya.

CEO Benelli, Stefan Ketjana Putra, mengatakan Benelli membawa motor ini masuk pasar Indonesia. "Pada 2020 dipasarkan pertama di Cina, setelah itu baru ke seluruh dunia termasuk Indonesia melalui Benelli Motor Indonesia," ujarnya dalam web resmi mereka (20/6).

Dia juga menambahkan, meski dijual di bawah jaringan Benelli, namun untuk urusan merek tetap masing-masing. Benelli tetap dengan mereknya, dan Harley-Davidson dengan mereknya juga. Sayangnya, Steven belum bisa membeberkan berapa harga untuk sepeda motor Harley-Davidson itu. "Harley-Davidson 338 cc diproduksi di pabrik Qianjiang di Wenling, Cina."

Tujuan utama kerja sama ini, untuk memotong biaya produksi dan memperoleh setengah penjualan di luar Amerika Serikat pada 2027. Dikutip dari Reuters, hal ini harus dilakukan oleh Harley-Davidson mengingat penjualan mereka terus turun dari waktu ke waktu. Mereka ingin meningkatkan penjualan. Selain itu, strategi menurunkan kapasitas mesin, membuka peluang lebih banyak konsumen bisa membeli sepeda motor HD.

Kendati Steven belum bisa bicara soal spesifikasi detail motor terkecil HD ini, kemungkinan diproduksi menggunakan basis Benelli 320S. Ada banyak sistem mekanikal 320S yang dipakai HD 338 cc, seperti sasis dan suspensi. Demikian pula jantung pacunya, kemungkinan memakai mesin Benelli 320S.

Jika benar, maka produksi HD 338 cc ala Benelli tak memakan waktu lama. Apalagi pabrikan moge asal Amerika Serikat itu sudah memastikan, motor kecilnya mulai dijual akhir 2020. Peluang lainnya, harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau dari lini yang dimiliki Harley-Davidson sekarang.

Wah, kalau masuk lewat Benelli, harga Harley-Davidson bisa terjangkau seperti varian Benelli enggak ya? (Bgx/Van)

Baca Juga: Mazda Patenkan Lagi Rancangan Mesin Rotary Terbaru

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store