Harley-Davidson Ajukan Paten Logo Baru, Untuk Motor Listrik?

Harley-Davidson Ajukan Paten Logo Baru, Untuk Motor Listrik?

Harley-Davidson sedang mengajukan merek dagang berupa dua logo baru. Lambang anyar disinyalir untuk produk motor listrik mereka. Pabrikan asal Amerika Serikat itu sudah mendaftarkan ke European Union Intelectual Property Office (EUIPO), pengurus hak cipta dan desain di benua Biru.

Di laman resmi EUIPO, tercatat produsen sepeda motor yang bermarkas di Milwaukee melakukan pengarsipan pada 3 Maret 2020. Harley-Davidson mendaftarkan merek dagang bertuliskan, ‘Sepeda listrik dan bagian strukturalnya.’ Banyak pecinta roda dua yang beranggapan, dalam waktu dekat mereka juga bakal mengajukan logo yang sama ke US Patent and Trademark Office. Lembaga yang juga mengurusi hak cipta di negeri Paman Sam.

Logo yang coba didaftarkan memiliki perbedaaan cukup signifikan. Kendati begitu, trademark yang tersiar itu mencerminkan kendaraan listrik. Pertama, terlihat logo berbentuk bulat dengan tanda mirip kilat di tengah. Di pinggirnya tertulis Harley-Davidson dengan font yang berbeda jauh dengan logo konvensional. Tidak ada kesan gagah yang mencerminkan motor berkapasitas besar. Desain kedua mirip perisai (tetapi bukan versi bar-and-shield tradisional) dengan huruf "HD" dan sambaran petir serupa.

Namun hingga saat ini tidak ada kejelasan, apakah Harley-Davidson berniat menggunakan dua logo itu untuk sepeda motor listriknya, atau hanya sekadar opsi. Banyak yang beranggapan, trademark baru itu dipakai untuk membuka divisi lain buat menaungi kendaraan niremisi. Ada juga yang mengatakan, salah satu lambang bakal dipakai di lini produk bertenaga setrum.

Harley-Davidson Electric Scooter

Baca juga: Skuter Listrik Harley-Davidson Bakal Diproduksi Massal?

Seperti kita tahu, Harley-Davidson juga tengah merancang sepeda motor listrik "mid power" yang akan ditempatkan di bawah Livewire "high power". Tetapi beberapa lini produk yang berteknologi baterai sudah dipasangkan logo bar-and-shield. Maka, tidak mungkin lambang baru digunakan pada produk tersebut.

Perkiraan selanjutnya jatuh kepada sepeda listrik. Mereka pernah mengajukan merek dagang ‘Rude Boy’. Spekulasi yang datang dari berbagai pihak mengatakan, kemungkinan identitas baru itu dipakai untuk prototipe sepeda listrik yang pernah dikenalkan sebelumnya. Apalagi perusahaan yang telah berdiri lebih dari 1 abad itu sedang mengembangkan beberapa sepeda mini elektrik berdaya rendah. Dan logo baru itu mungkin sangat pas dipakai di situ.

Harley memang belum memberikan indikasi kapan dan ke mana logo itu berlabuh. Namun hanya satu yang bisa dipastikan, lambang anyar itu diajukan untuk kendaraan masa depan. Mengarsipkan merek dagang adalah sesuatu yang sering terjadi di industri, tetapi tidak berarti semua ide dapat digunakan. Jadi, bisa saja keduanya tidak dipakai sama sekali.

Nasib kedua logo itu bukan hal penting bagi Harley-Davidson. Mereka tetap fokus dan bertekad untuk membuat kendaraan listrik sesuai misi dan visi yang sedang berjalan. Apalagi mereka menargetkan 1 juta pengendara Harley baru pada 2027. (Bgx/Ano)

Sumber: Ride Apart, Motorcycle

Baca juga: Bagaimana Implementasi Cukai Knalpot Bila Diterapkan di Indonesia?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store