Hanya Ada Dua Merek Motor yang Ikut Pameran Otomotif GIIAS 2021, Apa Saja?

Hanya Ada Dua Merek Motor yang Ikut Pameran Otomotif GIIAS 2021, Apa Saja?

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 akan dihelat pada 11 sampai 21 November mendatang di ICE, BSD Tangerang Selatan. Bukan cuma merek roda empat dan komersial saja, pameran otomotif ini juga akan dimeriahkan oleh merek sepeda motor. Namun sayangnya di gelaran kali ini tak sebanyak penyelenggaran dua tahun lalu.

Sebelumnya, berdasarkan website resmi GIIAS 2021 ada beberapa merek motor yang akan ikut seperti Honda, Benelli, Vespa, Piaggio, Aprilia, Moto Guzzi, dan United E-Motor. Namun, menurut keterangan Presiden Direktur Seven Events, Romi, sampai hari ini baru dua merek aja yang menyatakan ikut GIIAS 2021.

"Hingga saat ini, baru ada dua merek, kemarin ada beberapa (mau berpartisipasi di GIIAS 2021), tapi terkena regulasi prinsipal yang tidak boleh ikut pameran di masa pandemi seperti ini. Sekarang baru ada dua yaitu AHM (Astra Honda motor) dan Benelli," ungkap Romi di GIIAS Press Conference di Jakarta, Kamis (21/10).

Astra Honda Motor

Sebelumnya di 2019, lantai GIIAS cukup ramai dihiasi merek sepeda motor. Saat itu nama-nama besar seperti Kawasaki, Harley-Davidson, Kymco, KTM, Suzuki, Piaggio, Vespa, dan Viar ada di pameran ini. Namun sayang karena beberapa alasan internal yang tak bisa diungkap merek-merek tersebut harus absen di 2021.

Baca juga: GIIAS 2021: Ragam Mobil Baru Bakal Meluncur, Termasuk World Premiere!

"Seperti yang saya sudah jelaskan ada yang tidak diperkenankan oleh prinsipalnya, ada yang kondisinya belum baik untuk masing-masing perusahaan, ada yang masih belum berani untuk berpartisipasi dengan kondisi seperti sekarang ini, itu banyak," lanjut Romi.

Sudah tentu pameran GIIAS kali ini akan didominasi merek mobil passenger dan komersial. Setidaknya ada 22 merek yang dipastikan berpartisipasi. Mulai dari Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Volkswagen (VW), Wuling, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

Benelli GIIAS

Kendati tidak seramai 2 tahun lalu, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi yakin dengan diselenggarakannya pameran GIIAS 2021 bisa menjadi tolak ukur serta barometer bagi kemajuan ekonomi setelah diterpa pandemi COVID-19.

“GIIAS kali ini mengambil tema ‘Wheels The Move’. Luar biasa, semua orang bilang dalam kondisi ekonomi yang sangat terpuruk industri yang akan mati adalah industri otomotif. Tapi dengan sangat bangga saya katakan industri ini bisa bertahan bahkan sampai saat ini tidak ada satupun juga PHK yang terjadi kecuali pegawai kontrak yang habis masa kontraknya. Lewat pameran ini saya harapkan bisa menjadi tolak ukur maupun barometer dan saya katakan ini adalah pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara yang pertama kali diselenggarakan setelah adanya pandemi COVID-19,” ungkap Nangoi pada kesempatan yang sama.

Tata Cara Masuk Pameran GIIAS 2021

Bagi yang tertarik dan punya rencana datang ke pameran GIIAS, pembelian tiket hanya bisa dilakukan secara daring lewat aplikasi GIIAS Auto360 yang akan dijual mulai 25 Oktober 2021, Adapun untuk harga tiket weekdays dijual Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu untuk weekend. Pameran ini akan diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, salah satunya membatasi pengunjung, wajib punya aplikasi PeduliLindungi, membuat 3 sesi pameran setiap harinya, sudah vaksin dosis 2, menggunakan masker medis, menjaga jarak, dan melarang anak di bawah 12 tahun untuk masuk.

Acara yang paling ditunggu-tunggu pengunjung biasanya adalah test drive dan test ride, kali ini mekanismenya akan diubah. Ya, hal ini untuk meminimalisir terjadinya kerumunan yang bisa saja menyebabkan penularan virus corona. Jika pengunjung ingin menjajal mobil dan motor yang disiapkan oleh APM, harus lebih dulu mendaftar secara online dan mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku. (Kit/Tom)

Baca juga: Mau Nonton WorldSBK di Sirkuit Mandalika? Harga Tiket Mulai dari Rp 700 Ribu

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor