GIIAS 2021: Ragam Mobil Baru Bakal Meluncur, Termasuk World Premiere!

GIIAS 2021: Ragam Mobil Baru Bakal Meluncur, Termasuk World Premiere!

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) edisi 2021 bakal dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 21 November mendatang. Pameran otomotif tahunan yang sempat tertunda 2 kali ini akan dimanfaatkan beberapa pabrikan buat memacu penjualan dan memamerkan ide serta inovasi produknya.

Informasinya, beberapa pabrikan selain membawa produk yang sudah dijual dan diperkenalkan, mereka juga akan menampilkan kendaraan-kendaran menarik yang tujuannya menggairahkan industri otomotif setelah terhantam pandemi sesuai tema pameran kali ini, Wheels The Move.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, diselenggarakannya pameran GIIAS 2021 diharapkan menjadi tolak ukur serta barometer bagi kemajuan ekonomi. GIIAS menurutnya jadi pameran otomotif terbesar pertama di Asia Tenggara yang berlangsung selama adanya pandemi COVID-19.

Giias 2021 siap digelar

"Dengan sangat bangga saya ingin menyampaikan bahwa pameran ini akan diselenggarakan bulan depan, mudah-mudahan semuanya bisa berjalan dengan lancar dan ini adalah pameran terbesar di Asia Tenggara yang pertama kali digelar selama adanya pandemi COVID-19," kata Nangoi di GIIAS Press Conference di Jakarta, Kamis (21/10).

Baca juga: Harga Produk Toyota Berubah Karena Pajak Emisi, Fortuner SRZ Turun Rp 50 Juta

Dari paparan materi yang disampaikan, setidaknya sudah ada 24 merek kendaraan yang dipastikan ikut dalam pameran ini. Dari angka itu, ada belasan peluncuran unit baru termasuk world premiere, varian, mobil konsep, dan model baru.

"Sudah ada beberapa APM yang konfirmasi akan ikut dan terlibat dalam pameran GIIAS 2021. Totalnya ada 24 merek dari passenger dan beberapa dari komersial. Kemudian ada lebih dari 100 merek dari industri pendukung se[eri sepeda motor, aksesori, pelumas, ban, dan yang lainnya," jelas Presiden Direktur Seven Event, Romi pada kesempatan yang sama.

world premiere

Adapun merek-merek mobil penumpang yang dipastikan ikut adalah Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Volkswagen (VW), dan Wuling. Sementara di divisi komersial dimeriahkan oleh Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

Sedangkan dari merek roda dua, terhitung hingga hari ini baru dua APM saja yang menyatakan ikut penyelenggaraan GIIAS 2021. Mereka adalah Astra Honda Motor (AHM) dan Benelli. Sementara merek yang 2 tahun lalu ikut seperti Kawasaki, Piaggio, Vespa, KTM, dan Harley-Davidson dipastikan absen.

"Ada yang tidak diperkenankan oleh prinsipalnya, ada yang kondisinya belum baik untuk masing-masing perusahaan, ada yang masih belum berani untuk berpartisipasi dengan kondisi seperti sekarang ini, itu banyak," lanjut Romi.

Dari beberapa pemegang merek, yang dijelaskan di atas tadi mayoritas baru pabrikan roda empat (passenger car) yang sudah menginformasikan membawa produk baru. Di bawah ini adalah daftarnya.

Honda

Honda World Premiere GIIAS

PT Honda Prospect Motor (HPM) yang diwakili oleh Public Relations & Digital Manager HPM Yulian Karfili menyatakan akan membawa seluruh line-up modelnya, termasuk meluncurkan mobil baru berskala world premiere alias baru diluncurkan di dunia. Kira-kira mobil apa ya?

Baca juga: Ada Pajak Emisi, Ini Alasan Harga Honda Tidak Berubah

Hyundai

Hyundai Creta Sketsa

Selanjutnya adalah Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang diwakilkan oleh Astrid Ariani Wijana selaku Marketing Department GM HMID mengatakan pihaknya akan memberikan kejutan untuk para pengunjung yang datang. Kemungkinan besarnya adalah peluncuran mobil baru. Apakah Hyundai Creta bakal ditampilkan di panggung GIIAS?

KIA

Selanjutnya ke merek mobil KIA, mereka memastikan akan membawa line up jagoannya mulai dari Sonet, Seltos, dan meluncurkan generasi paling baru dari mobil MPV premiumnya, Grand Sedona.

Lexus

Dalam pameran GIIAS 2021, Lexus juga akan kembali meluncurkan mobil baru. Dari keterangan mereka, satu unit mobil berteknologi hybrid sudah disiapkan untuk konsumen.

Isuzu

isuzu mux badge close

Sama seperti GIIAS 2019 lalu, Astra-Isuzu akan menggabungkan divisi passenger car dan komersial. Mereka memastikan bajal meluncurkan model terbaru dari Isuzu D-Max dan Isuzu Mu-X dan membawa Isuzu Traga Blind Van yang baru saja diluncurkan.

Suzuki

Tak kalah menarik, merek mobil Suzuki juga akan menampilkan seluruh portofolio produknya. Manajemen Suzuki menyebutkan mereka bakal meluncurkan 2 produk baru yang kemungkinan mengarah pada strategi facelift.

MG

Kemudian MG Indonesia juga akan memamerkan seluruh produknya, termasuk model mobil listrik. Dari penuturan Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin mereka akan meluncurkan 1 mobil baru. Belum diungkap memang produk apa yang akan dirilis, tapi kemungkinan besar adalah MG3 atau MG5.

Hino

Sementara merek mobil komersial Hino juga akan meluncurkan produk baru namun lebih ke pengenalan bodi baru. Ini adalah proyek atau kolaborasi dengan perusahaan karoseri Tentrem. Mereka juga akan memajang Hino Dutro yang dijadikan sebagai kendaraan mobilitas vaksinasi.

Dan itulah merek mobil penumpang dan komersial yang memastikan bakal meluncurkan produk baru di pameran GIIAS 2021. Kendati demikian, beberapa APM yang lain diperkirakan juga akan merilis produk terbarunya, paling hangat adalah kabar Toyota dan Daihatsu yang bakal meluncurkan Avanza dan Xenia terbaru. (Kit/Tom)

Baca juga: All New Toyota Avanza dan Veloz Sudah Bisa Dipesan Konsumen, Tanda Jadi Rp 10 Juta

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil