Federal Oil Bawa Indonesia ke Pentas MotoGP Lewat Gresini Racing

Federal Oil Bawa Indonesia ke Pentas MotoGP Lewat Gresini Racing

Federal Oil secara resmi akan menjadi sponsor tim Gresini Racing di ajang MotoGP 2022 mendatang. Pabrikan pelumas asal Indonesia itu untuk pertama kalinya mengenalkan personel Gresini Racing MotoGP kepada awak media Indonesia, Selasa (30/11/2021) secara virtual.

Hadir Patrick Adhiatmadja selaku Executive Chairman PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Pablo Conrad selaku Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Carlo Merlini selaku Commercial and marketing director Gresini Racing, serta kedua pembalap Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio.

Federal Oil mengumumkan secara resmi sebagai sponsor tim Gresini Racing di kelas premium MotoGP 2022 beberapa waktu lalu. Peresmian ditandai dengan penandatanganan secara simbolis di Valencia, Spanyol lalu. Ini merupakan lanjutan dari kolaborasi keduanya yang berlangsung musim lalu yang ajang Moto2. Di akhir musim 2021, duet Federal Oil dengan Gresini Racing di kelas Moto2 berujung manis. Salah satu pembalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2), Fabio Di Giannantonio, sukses naik podium pada 14 November 2021 lalu di Valencia, Spanyol.

Pada kesempatan itu, Patrick mengungkapkan rencana yang mereka siapkan untuk musim depan. Salah satunya adalah memastikan dua rider yang akan memperkuat tim. Pertama ada nama Enea Bastianini. Pembalap Italia berusia 23 tahun itu musim lalu sudah bertarung di MotoGP bersama tim Avintia Esponsorama Racing. Menggunakan motor bernomor 23, Bastianini mengakhiri musim di posisi ke-11. Sementara pembalap kedua adalah Fabio Di Giannantonio yang sebelumnya memperkuat Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) di Moto2 musim lalu. Pembalap yang juga berusia 23 tahun itu menunggangi motor Ducati bernomor 46.

Federal Oil

Kolaborasi

Patrick Adhiatmadja mengatakan Federal Oil bangga kembali menjadi bagian dari kompetisi motorsport dunia. Ia menyebutkan kolaborasi keduanya yang telah berjalan selama satu decade melalui FOGM2. Kemudian dirinya juga kembali mengapresiasi kerja keras tim Gresini Racing yang menutup musim balap ini dengan podium.

Ia mengatakan keputusan melanjutkan mitra dengan Gresini Racing di MotoGP 2022 didorong dari semangat nasionalisme dan keinginan membawa nama Indonesia di pentas dunia. "Minat dan antusiasme fans MotoGP di Indonesia itu besar, sehingga buat kami, itu menjawab aspirasi dari konsumen-konsumen kami untuk bisa main di MotoGP musim depan,” katanya.

Sebagai produk asli Indonesia, tampil di MotoGP tentunya mendorong ada semangat nasionalisme yang seakan hadir di lintasan. Lebih lagi, motor yang digunakan pembalap musim depan juga masih mengandalkan warna merah-putih. "Kenapa naik kelas? Kita ingin senantias easy to connect dengan konsumen kami. Kami ingin mengenalkan Indonesia (di pentas dunia) dan kami peduli,” kata dia.

Baca juga: Federal Oil Lanjutkan Dukungan ke Gresini Racing, Naik Kelas ke MotoGP 2022

Federal Oil

Sementara dari sisi komersial, Patrick berharap, dengan terlibat di MotoGP, Federal Oil bisa semakin dikenal dan diminati konsumen nasional. "Harapannya apa? Exposure mencuat melalui media. Keliatannya semua terjadi dengan tepat, apalagi tahun depan ada GP Mandalika. Kami berharap ada gaung untuk kemajuan brand kami," kata dia.

Seperti kita ketahui sejarah panjang bersama Tim Gresini Racing dilalui dengan torehan prestasi podium yang telah dicatatkan para pembalap-pembalapnya, seperti Gino Rea, Xavier Simeon, Sam Lowes dan sekarang Fabio Di Giannantonio.

Ini bukan kali pertama Federal Oil membawa nama Indonesia ke pentas balapan melalui tim FOGM2, setelah pada tahun 2013 berhasil membawa Doni Tata sebagai pembalap utama asal Indonesia yang pertama kali tampil di kelas Moto2. Kemudian pada tahun 2017 FOGM2 juga memberikan jatah wildcard kepada pembalap Indonesia lain, Dimas Ekky Pratama pada gelaran seri Sepang, Malaysia.

Federal Oil

Program 2022

Pada kesempatan yang sama, Pablo Conrad selaku Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia menyampaikan bahwa Federal Oil punya komitmen untuk membuat bangga para pengendara motor dan penggemar MotoGP di Indonesia, terutama mereka yang juga merupakan konsumen Federal Oil. Ia berharap agar dengan kolaborasi yang baru ini Federal Oil semakin membuat bangga masyarakat Indonesia, tidak ragu untuk memilih dan menggunakan pelumas Federal Oil.

Terkait musim depan, ia mengatakan banyak rencana Federal Oil untuk semakin mempererat hubungan dengan para konsumennya. Kami tahu bahwa MotoGP sangat digemari di Indonesia dan konsumen kami merupakan bagian dari penggemar MotoGP, kami mau ajak konsumen kami mendapatkan pengalaman yang berbeda dari tahun sebelumnya, lebih spesial dan akan membuat bangga konsumen Federal Oil," kata dia.

"Apalagi tahun ini sirkut Mandalika sudah beroperasi dan akan ada balapan disana, kami mau ajak konsumen dan penggemar nonton secara langsung MotoGP, dan berbagai aktivasi lainnya untuk membuat konsumen kami lebih dekat dengan Federal Oil," ujar Pablo. (Raju)

Baca juga: Federal Oil Jadi Brand Oli Pilihan Utama Motor Matic Tanah Air

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor