EICMA 2019: Husqvarna Norden 901, Petarung Alam Liar Antimainstream

Husqvarna Norden 901 diracik berbeda dari motor adventure kebanyakan. Penampilannya saja sudah pasti menyolok. Punya tubuh terbilang radikal, wajar kalau dianggap sebagai petarung alam liar antimainstream. Unsur-unsur modern turut teraplikasi. Meski nyatanya dia dibekali jantung mekanis serupa KTM 790 Adventure.

Husqvarna Norden 901

Menghadapi gelaran EICMA 2019, pabrikan Swedia memamerkan setidaknya 10 produk. Satu di antaranya masih berupa konsep yaitu Husqvarna Norden 901. Daya tariknya sudah jelas menyasar pada tampilan. Sosok adventure pada motor ini disajikan melalui terapan headlamp bulat LED. Dilengkapi pula dengan dua unit foglamp yang mengapit. Di bagian muka juga terdapat crash bar dan tak lupa windshield minimalis.

Tongkrongannya makin memukau lewat pemilihan cover body. Walau terkesan pesek karena Husqvarna memasangkan sepatbor di bawah. Beda dari tunggangan adventure lain yang biasanya berada tepat di bawah lampu. Rasanya disengaja agar mereka bisa mengeksplorasi struktur kaki-kaki depan Norden 901. Tengok saja selongsong besar USD dari WP penghuni fork depan itu. Bagian ini juga makin kekar lantaran ditambahkan cover shock.

Sebagai kuda besi peruntukan luar ruang, Norden 901 juga diramu biar tangguh melahap medan rusak. Makanya motor dibuat jangkung. Terlihat jelas dari ground clearance yang menjulang. Disokong pula pemilihan roda 21-18 inci (depan-belakang). Bagian roda ini juga unik. Sektor pengereman terutama disc brake sudah ditambahkan cover. Selain itu, ada pula penutup mesin dengan bentuk cukup modis.

Lanjut ke bagian belakang, ada suspensi tunggal bersarang menyangga tubuhnya. Peredam kejut yang juga dari WP itu diletakan dengan sudut kemiringan 45 derajat. Rancang bangun seperti ini dianggap layak mengakomodasi kebutuhan pengendara. Apalagi, Norden 901 punya desain jok lebar. Kenyamanan juga dituangkan melalui posisi stang yang tinggi, berikut hand guard.

Sajian unik lain muncul di area kemudi. Panel instrumen berisi ragam info ditampilkan secara digital melalui layar TFT. Sayangnya belum ada detail informasi terkait fitur. Soalnya di stang kiri terdapat tombol penyetelan, yang tidak diketahui untuk fungsi apa. Begitu pula mengenai spesifikasi mesin.

Husqvarna Norden 901

Diperkirakan mengadopsi basis mesin kepunyaan KTM 790 Adventure, tapi berkapasitas 889,5 cc dua silinder. Sudah pasti kemampuan mengail tenaga lebih besar. Namun, lagi-lagi tak ada detail terkait performa Husqvarna Norden 901 ini. Demikian pula soal kapasitas bahan bakarnya. Jika benar Husqvarna meniagakannya, sudah jelas ia jadi motor tualang paling beda dari yang lain. (Ano/Van)

Baca Juga: Honda CBR1000RR-R, Makin Mirip MotoGP