Cuma 21 Unit, Ini Spesifikasi Yamaha R1 Replika Juara WSBK 2021

  • Yamaha R1 Toprak Replica Limited Edition
  • Yamaha R1 Toprak Replica Limited Edition
  • Yamaha R1 Toprak Replica Limited Edition
  • Yamaha R1 Toprak Replica Limited Edition

Toprak Razgatlioglu bersama Pata Yamaha berhasil mematahkan dominasi Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) di musim ini. Ya, pembalap asal Turki itu sukses menjadi Juara Dunia WSBK 2021 di atas motor Yamaha YZF-R1. Untuk merayakan kemenangan itu, pihak Yamaha Motor Europe dan Crescent Yamaha meluncurkan R1 edisi terbatas.

Selain untuk memperingati kemenangan Toprak Razgatlioglu, R1 edisi khusus ini juga menandai gelar Kejuaraan Pabrikan WSBK pertama Yamaha sejak 2009, serta Pata Yamaha dengan kemenangan Brixx WorldSBK's Championship Teams. Itu menjadikannya hattrick untuk Yamaha pada 2021. Dan model ini hanya dirilis 21 unit secara global.

Yamaha R1 Toprak Replica Limited Edition

Unit terbatas itu secara resmi disebut Toprak Razgatlioglu Yamaha R1, atau replika superbike yang digunakan Toprak selama berlaga di WSBK. Dibangun sebagai superbike track only. Mengemas mesin yang mampu mengirimkan 205 hp ke roda belakang, atau meningkat sekitar 20 hp dibanding dengan R1 standar. Sistem pembuangan full-system dari Akrapovic spek WSBK dipasang bersama dengan ECU GYTR (Genuine Yamaha Technology Racing).

Baca juga: Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute 2022, Hadiah Istimewa untuk Valentino Rossi

Ohlins memasok suspensi yang dilengkapi dengan pengencang titanium, klem garpu atas spesifikasi balap buatan pabrik, dan velg balap Marchesini yang terkenal ringan. Brembo juga dipasang buat sistem pengereman. Berkat komponen balap yang terpasang, R1 edisi Toprak mengalami diet bobot. Berat basahnya hanya 175 kg termasuk semua cairan di dalamnya. Angka itu sekitar 26 kg lebih ringan dari R1 standar.

Yamaha R1 Toprak Replica Limited Edition

Selain performa, secara tampilan motor ini dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Dengan livery replika Pata Yamaha milik Toprak dan dibalur dengan cat kualitas tinggi. Stiker sponsor dan nomor '54' milik Razgatlioglu di fairing dan jok yang menempel juga serupa. Unit ini dilengkapi dengan sertifikat build yang ditandatangani oleh kepala tim Paul Denning dan Toprak Razgatlioglu, ada badge khusus serta nomor edisi bersama dengan VIN.

Pembelian hanya bisa dilakukan secara online. Bicara soal harga, diperkiran motor ini dibanderol sekitar USD67.000 atau sekitar Rp 965 jutaan. Untuk calon pembeli, nantinya akan mendapatkan beberapa benefit. Dalam paket pembelian, konsumen bisa mendapat tiket VIP untuk dua orang buat pertunjukkan WSBK 2022 sebagai tamu tim. Ditambah kunjungan pit-box dan kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama Razgatlioglu.

Yamaha R1 Toprak Replica Limited Edition

Selain itu, diberikan pula perlengkapan baju riding yang dipakai Toprak selama balapan musim 2021. Dan berkesempatan mendapat settingan motor yang dapat diatur sesuai keinginan dan diberi latihan khusus bersama dengan mekanik Crescent Yamaha, James Hillier dan Niall Mackenzie. (Bgx/Tom)

Sumber: Autoevolution

Baca juga: Paling Mahal di Kelasnya, Ini Poin Plus yang Ditawarkan YZF-R15M untuk Pasar Indonesia

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor