Volvo V60 Cross Country 2020, Station Wagon Mewah Untuk Diajak Blusukan

Gambar
Review Pengguna

Tiap kali Volvo Cars meluncurkan sedan generasi terbaru, selalu diikuti versi station wagon, lalu berlanjut ke Cross Country. Diferensiasi pabrikan mewah asal Swedia ini terbilang unik. Selain menyajikan sedan eksekutif, menyasar pula segmen wagon keluarga dan versi ground clearance tinggi.

Itu pun dialami Volvo S60 generasi terbaru. Setelah V60 wagon yang cantik meluncur awal tahun, giliran versi off-road-nya sang Cross Country. Diperkenalkan sebagai model 2020, Volvo V60 Cross Country berbasiskan V60 standar, hanya saja kakinya ditinggikan 75 mm. Jelas lebih fokus untuk pemakaian off-road, walau hanya taraf ringan untuk sekadar berpelesiran di pedesaan.

Pengembangan khusus dilakukan di sasis dan suspensi Cross Country, agar meningkatkan kapabilitasnya saat berkendara off-road. Seperti seri 60, 90 dan XC, memakai platform Scalable Product Architecture (SPA) yang kehebatannya diakui melalui raihan banyak penghargaan. Penggerak empat roda (All-Wheel Drive) sudah pasti standar. Sama halnya Hill Descent Control, Electronic Stability Control, Corner Traction Control dan pilihan mode berkendara Off-Road.

Bagi yang mengkhawatirkan rasa berkendaranya berubah akibat suspensi lebih jangkung, Henrik Green, Volvo R&D Head, justru berkata sebaliknya. “V60 Cross Country rasanya tetap seperti seri 60 dan 90 lainnya yang berbasis platform SPA,” kata Green melalui keterangan resmi.

Seperti lineup Volvo lain, mobil ini dilengkapi segudang fitur safety mutakhir. Termasuk opsi sistem “Pilot Assist” yang mampu membaca marka jalan untuk membantu kemudi, akselerasi dan pengereman sampai kecepatan 130 km/jam. Fitur Lane Mitigation dan sistem pembantu kemudi lain juga sudah standar.

Volvo juga mengklaim, fitur standar automatic emergency braking adalah satu-satunya fitur di pasar yang mampu mengenali pejalan kaki, pesepeda dan binatang besar. Rem otomatis itu masuk dalam bagian Cross Traffic Alert sebagai fitur opsional. Soal keselamatan jadi prioritas Volvo. Pabrikan ini tidak ingin reputasinya menurun sebagai mobil teraman di dunia.

Sistem infotainment Sensus menunjang sarana hiburan untuk seluruh penumpang. Kelengkapan koneksinya termasuk Apple CarPlay, Android Auto dan jaringan 4G. Sistem ini terpusat pada monitor bergaya tablet yang sangat intuitif. Berisikan kombinasi segala fungsi mobil, navigasi, konektivitas dan aplikasi hiburan.

Pilihan mesin memang tidak sebanyak V60 wagon. Cross Country hanya ditawarkan lini mesin bensin T5 dan diesel D4, yang semuanya berpenggerak AWD. Jika mengacu pada mesin T5 milik Volvo XC60, mesin 4-silinder 2,0-liter turbo mampu menghasilkan tenaga 250 hp dan torsi 350 Nm. Sementara versi hybrid dan plug-in hybrid bakal menyusul. (Odi)

Sumber: Newspress

Baca Juga: Ini Mobil Elektrik Pertama Volvo, Rilis 2019

Jelajahi Volvo S60

Volvo S60 Rp 777 Juta Cicilan : Rp 17,73 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store