Ini Mobil Elektrik Pertama Volvo, Rilis 2019

Ini Mobil Elektrik Pertama Volvo, Rilis 2019

Memenuhi janji, Volvo memperkenalkan model elektrik sepenuhnya kreasi perdana manufaktur. Mobil dengan kode nama konsep 40.2 yang pernah dipamerkan Mei tahun lalu, dipastikan bakal jadi model pertama elektrik Volvo pada 2019 mendatang.

Dilansir dari pewartaan situs Autocar Inggris, konsep 40.2 sebelumnya diperkirakan bakal menjadi basis untuk Volvo V40 (station wagon) dan S40 yang berbentuk sedan. Tapi ternyata, malah jadi model baru elektrik Volvo. Meski masuk sebagai model baru elektrik, hatchback coupe 40.2 itu tetap berada di bawah payung keluarga 40, baik dari namanya, dimensi dan bahasa desain keseluruhan yang mirip-mirip saudara 40 lainnya.

Volvo listrik dari keluarga 40

Volvo 40.2 memakai basis platform baru Compact Modular Architecture (CMA). Platform itu sama dengan yang dipakai Geely, salah satu pemegang saham Volvo. Pada model konsep 40.2, baterai elektriknya bisa menempuh jarak hingga 350 km. Angka itu kemudian dikoreksi, dengan target yang diinginkan oleh pimpinan R&D Volvo, Henrik Green, mencapai jarak 499 km (500 km) yang diterapkan pada model produksi 40.2 nanti.

Pabrikan Swedia ini sudah memberi konfirmasi, model elektrik pertama mereka tiba 2019 yang akan datang. Meski begitu, belum ada detail spesifikasi maupun informasi lain soal mobilnya. CEO Volvo, Håkan Samuelsson, pernah mengatakan kepada Autocar, model baru elektrik pertama itu lahir sebelum elektrifikasi dari model-model yang sudah ada.

Volvo siap elektrikkan jajarannya

Sebelumnya, sekitar Juli tahun lalu, Volvo pernah mendeklarasikan mulai 2019 produk-produk mereka mengalami elektrifikasi, dengan beberapa masih hybrid. Nah, Volvo 40.2 inilah yang jadi pionir, sebelum kemudian diikuti model lainnya.

Sedang model kedua diperkirakan Volvo XC40 elektrik. Volvo XC40 generasi terbaru sudah diluncurkan September 2017 lalu dan membawa mesin hybrid. Sebagai tambahan, XC40 lahir dari konsep 40.1 yang dipamerkan berbarengan dengan 40.2.

Di Indonesia sendiri, merek Volvo baru saja mengalami penyegaran distributor. Pada pameran otomotif GIIAS 2017 lalu, sejumlah model Volvo diperkenalkan di Indonesia, seperti: V40, S60, S90 dan XC90. Namun sampai saat ini belum terdengar lagi kelanjutan dari merek Volvo di Indonesia yang kini dipegang oleh grup Garansindo.

Baca Juga: Ini dia Volvo paling bertenaga

Sumber: Autocar

Anda mungkin juga tertarik