• Wishlist

Toyota Hilux Siap Dibikin Ganas, Pakai Mesin Diesel V6 Turbo

Toyota Hilux Siap Dibikin Ganas, Pakai Mesin Diesel V6 Turbo

Toyota sempat mengungkap bakal membuat Hilux versi beringas. Pernyataan itu bukan candaan atau sekadar isapan jempol pada tahun lalu. T brand sebetulnya punya dua sub-usaha peramu mobil-mobil gahar. Yang pertama ada Gazoo Racing kemudian Toyota Racing Development. Bisa saja ada kolaborasi kedunya. Namun dikatakan, mereka segera membuat double cabin berkonfigurasi V-engine.

Lantas seberapa seriuskah Toyota dalam meluncurkan Hilux ganas? Dari info lansiran Cars Guide, perusahaan tak main-main. Bahkan unit pernah menerima varian GR Sport yang dijajakan terbatas. Terdapat peningkatan gaya eksterior dan penguatan suspensi. Tetapi edisi yang lebih hebat belum muncul. Memang Hilux GR jadi salah satu produk unik. Namun kemungkinan besar pesaing Ford Ranger Raptor segera datang.

Jenis truk pikap itu disinyalir segera memiliki enjin turbodiesel V6 yang serbabaru. Mesin kuat ini rencananya melakukan debut perdana sebagai jantung pacu Land Cruiser 300 Series generasi anyar. Selanjutnya bakal dipasang pada produk Toyota lain. Hal ini amat wajar, sebab biaya pengembangan dan produksi mesin tidak murah. Terlebih bila dibikin massal memudahkan dalam penyediaan suku cadang mekanikal gerak.

Toyota Hilux Z Black Rally Edition

Menurut orang dalam Toyota, Hilux generasi lanjutan muncul pada 2023. Dan bergabung dengan lini produk lain sebagi model global. Kemudian varian GR diharapkan dirilis sebelum tahun itu. Yang jadi pertanyaan, masih belum diketahui apakah ia menjadi edisi terbatas atau berposisi sebagai kasta atas dari varian reguler.

Besar tenaga yang dihasilkan diesel V6 baru diprediksi sampai 271 PS (200 kW) dan torsi 650 Nm, tak kalah dari mesin penenggak solar V8 4,5 liter saat ini. Penggerak empat roda diberikan, bersama dengan suspensi dan penguatan sasis. Sehingga mengubah Hilux menjadi kendaraan lintas alam tangguh. Lalu kemungkinan bakal menggunakan rem lebih besar dan mengadopsi desain makin agresif dari GR Sport sebelumnya.

Urusan interior pun dipastikan tak luput didandani ulang. Mulai dari jok kulit, soft touch di banyak panel dan upgrade infotainment Apple CarPlay plus Android Auto. Toyota pun seharusnya menawari paket Safety Sense. Sehingga selain bertenaga padat, jaminan keamanan mobil lebih optimal. Isinya seperti Pre-Collision System (PCS) dari sistem radar yang terintegrasi. Ia bekerja memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan. Dan dapat secara otomatis mengurangi kecepatan. Sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

Sementara itu, penggunaan Lane Departure Alert (LDA) dinilai sangat membantu pengemudi menghindari kecelakaan. Peranti memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur pada saat berkendara. Lalu penggunaan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) menolong pengemudi memantau keberadaan kendaraan lain. Baik yang ada di depan maupun menjaga jarak aman. Mobil sontak menghela kecepatan. Bahkan melakukan pengereman jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain sudah tidak aman. (Alx/Odi)

Sumber: Motor1, Cars Guide

Baca Juga: Toyota Hilux Black Bison Edition Tampil Sangar Seperti Monster

Jelajahi Toyota Hilux

Toyota Hilux Rp 231,55 - Rp 485,6 Juta Cicilan : Rp 5,28 Juta

Bandingkan & Rekomendasi