• Wishlist

Toyota dan SERA Serahkan Bantuan ke Kemenkes RI

Toyota dan SERA Serahkan Bantuan ke Kemenkes RI

Toyota Indonesia dan PT Serasi Autoraya (SERA) kembali menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk penanggulangan pandemi COVID-19. Kali ini donasi diberikan langsung kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), berupa penunjang mobilitas dan medis. Aksi kemanusiaan pada Rabu (20/5) melengkapi donasi sebelumnya yang diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Bantuan mobilitas berupa ambulans. Unit dibangun khusus dari basis Kijang Innova. Sebanyak tiga unit disumbangkan untuk Kemenkes. Sedangkan bantuan serupa sebelumnya diserahkan kepada PMI, juga berupa unit ambulans Kijang Innova. PMI kebagian dua unit ambulans, sehingga total bantuan mobilitas yang diserahkan Toyota dan SERA adalah 5 unit.

Baca Juga: Daihatsu Kembali Salurkan Bantuan Sosial di Area Karawang

"Kami menyampaikan simpati yang terdalam kepada semua pihak yang terdampak wabah COVID-19 ini, serta apresiasi kepada tenaga medis dan pemerintah yang telah menjadi garda terdepan dalam penanggulangan wabah ini. Melengkapi yang sudah kami serahkan sebelumnya, semoga dukungan yang kami berikan ini dapat berkontribusi untuk kelancaran penanggulangan yang merupakan salah satu kunci keberhasilan kita bersama untuk menghadapi wabah ini," ujar President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda dalam keterangan rilis resmi yang diedarkan.

ambulans kijang innova

Sementara bantuan medis yang diberikan berupa alat pelindung diri (APD) sebanyak 59.500 unit. Terdiri dari Gloves, Protection Clothes, Disposable Medical Mask, Medical Goggle, Medical Cap, Shoe Cover, Face Shield dan vitamin. Secara total Toyota Indonesia telah mendonasikan 105.000 APD melalui ragam program sejak terjadinya wabah COVID-19 di Indonesia. Disalurkan melalui program SATRIA, donasi ke PMI dan terbaru kepada Kemenkes.

Selain ambulans dan perlengkapan medis, Toyota Indonesia dan SERA juga menyiagakan 48 unit Toyota Avanza. LMPV andalan T-brand itu diberikan tugas mempermudah mobilitas tenaga medis, yang nantinya beroperasi di bawah arahan Kemenkes. Kalau ditotal, 68 unit Avanza bakal siap membantu melalui PMI dan Kemenkes, tersebar di sejumlah daerah.

Jumlah kendaraan itu dioperasikan sesuai protokol keselamatan dan kesehatan ketat seperti pemakaian APD, disinfektan dan standard operasional khusus lainnya. Total bantuan yang digelontorkan Toyota Indonesia dan SERA senilai Rp 8,2 milliar.

Berkenaan dengan bantuan ini, Firman Yosafat Siregar selaku Presiden Direktur PT Serasi Autoraya (SERA) menilai, para pelaku industri perlu bersama-sama membantu penanggulangan wabah COVID-19. Bantuan yang diberikan sesuai dengan keahlian pelaku industri, dalam hal ini adalah bidang mobilitas.

"Kami harapkan pengalaman dan juga expertise kami bersama Toyota di bidang transportasi ini dapat memberikan aksi nyata untuk mempermudah mobilitas para tim medis dalam bekerja dan berjuang demi keselamatan dan kesehatan kita bersama sehingga pandemi ini dapat segera berakhir," Firman Yosafat memungkasi. (Tom/Odi)

Baca Juga: Relaksasi Kredit Astra Financial Rp 21,9 Triliun untuk Nasabah Terdampak COVID-19