Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Peugeot 3008 dan 5008 Baru, Hyundai Stargazer, serta Subaru Comeback

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Peugeot 3008 dan 5008 Baru, Hyundai Stargazer, serta Subaru Comeback

Astra Peugeot mengenalkan edisi terbaru dari duet SUV 3008 dan 5008. Keduanya memperlihatkan DNA SUV yang kental pada dua produk yang dibawa Astra Peugeot. Selain itu sebagai strategi untuk memasarkan kedua SUV ini lebih luas, Astra Peugeot menghadirkan varian Active yang melengkapi varian Allure Plus yang terlebih dulu hadir. Siap melawan SUV keluaran pabrikan Jepang.

Hyundai sepertinya tengah menyiapkan banyak peluru untuk bermain di otomotif Tanah Air. Baru-baru ini akun Instagram @akhdan_qolbi mengunggah foto mobil dengan kamuflase. Ia diperkirakan adalah Stargazer, Low MPV yang akan jadi lawan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan Suzuki Ertiga. Selain itu juga tersiar kabar kehadiran crossover Hyundai Creta. Ia jadi penantang duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. OTO.com mencoba mereka wajah barunya.

Kabar baik lainnya adalah kehadiran kembali Subaru. Yap, pabrikan asal Jepang itu melangkah dengan meresmikan bengkel resmi pertama Subaru di Indonesia, tepatnya di Alam Sutera, BSD. Nantinya akan juga dihadirkan model-model andalan seperti Subaru BRZ.

Peugeot New 3008

All New Peugeot 3008 dan 5008

Pasar medium SUV kembali diramaikan dengan pembaruan produk. Kini giliran Astra Peugeot menyegarkan tampilan dua SUV adik kakak milik mereka, 3008 dan 5008 bersamaan. Perkenalan yang dilakukan Jumat, (1/10/2021) secara virtual. Keduanya memperlihatkan DNA SUV yang kental pada dua produk yang dibawa Astra Peugeot. Keduanya ditargetnya bisa terjual 50 unit per bulan.

Perubahan tampilan yang paling terlihat dari kedua SUV ini. Desainnya sudah menggunakan bahasa desain Peugeot terbaru yang juga hadir di model-model yang ditawarkan di Eropa. Terdapat lampu utama LED dengan DRL yang berbentuk memanjang vertikal hingga ke bumper. Bentuk gril yang melebar dan tampilan frameless yang menyatu dengan bumper memberikan kesan mewah khas merek Eropa.

Pada varian Allure Plus, tampilan lampu belakang lebih menarik dengan desain seperti tiga dimensi yang futuristik. Lampu indikator sein juga menyala secara scrolling yang mempercantik tampilan SUV tersebut.

Soal interiornya, penyegaran hadir di layar multimedia. Layar saat ini berukuran 10 inci, naik dari 8 inci pada model terdahulu. Layar ini juga memiliki fitur sambungan untuk telepon genggam Apple dan Android.

New Peugeot 3008 SUV ditawarkan kepada customer Tanah Air dari harga Rp 590 juta (on the road) untuk varian Active dan Rp 720 juta (on the road) untuk varian Allure Plus. Untuk Peugeot 5008 SUV akan ditawarkan mulai dari Rp 645 juta (on the road) untuk varian Active dan Rp 775 juta (on the road) untuk varian Allure Plus. Baca lengkapnya di sini.

Hyundai Stargazer

Spy Shot Hyundai Stargazer

Hyundai kian serius menggarap pasar MPV di Tanah Air. Setelah menghadirkan Staria di segmen MPV premium kini pabrikan asal Korea Selatan itu tengah menyiapkan satu model baru di segmen Low MPV. Yap, satu model yang diperkirakan adalah Stargazer mulai unjuk diri di jalanan Indonesia. Ia tampak mengenakan topeng kamuflase hitam dan balutan stiker di sekujur tubuh.

Menariknya, di bagian belakang tertera pelat nomor B 9058 XNZ. Model yang akan menjadi rival pemain lawas macam Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga ini tampak berdimensi besar. Banyak yang menerka wujud asli melalui rendering berdasar spy shot. Pastinya kap depan terlihat landai serta grille seolah terinspirasi gaya Hyundai Staria.

Adanya kendaraan tes jalan menjadi sinyal kuat model ini akan segera dijual di Indonesia. Lantas penamaan Stargazer juga sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham. Jika Hyundai Stargazer betul masuki segmen low MPV. Setidaknya mesin tersuguh pakai jenis bensin 1,5 liter N.A sanggup menghasilkan tenaga 115 PS dan torsi maksimal 144 Nm. Enjin ini sama, seperti yang dipakai Kia Sonet maupun Hyundai Creta.

Selain itu pasar SUV kompak 4 meteran bakal kedatangan pemain baru. Hyundai Motors Indonesia siap menyajikan Creta untuk melawan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Bukan Creta yang saat ini bisa dilihat di India. Melainkan versi facelift yang lebih segar penampilannya. Memang belum ada wujud resmi yang jelas diumbar. Namun bisa sedikit diterka dan direka, seperti gambar hasil rendering yang tersaji pada artikel ini.

Kalau mengikuti jejak Kia Sonet di Indonesia, boleh jadi Hyundai Creta 2022 mengandalkan mesin bensin empat silinder 1.500 cc. Ya, enjin terpasang memang satu produksi dari Kia. Resultan daya tersalur mencapai 115 PS dan torsi puncak 144 Nm. Seperti apa? Baca lengkapnya di sini.

Plaza Subaru

Subaru Come Back

Bengkel resmi pertama Subaru di Indonesia sudah dibuka. Ini merupakan langkah awal penanda kembalinya merek Subaru untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia. Sontak banyak pemilik Subaru yang merasa girang. Lantaran sudah cukup lama mereka tidak mendapat ketenangan dari layanan servis dan suku cadang resmi cap Subaru.

Kembali tersedianya bengkel resmi adalah kabar baik bagi pemilik Subaru. Lantaran seluruh bisnis Subaru yang dipegang APM sebelumnya dibekukan oleh pemerintah. Termasuk jaringan service center. Alasan itu juga yang mendorong PT Plaza Auto Mega sebagai APM baru untuk lebih dulu membuka layanan servis. Ketimbang menjual mobil baru.

Saat ini, baru satu layanan purna jual Subaru yang dibuka. Tepatnya di kawasan Jalur Sutera, Alam Sutera, Tangerang. Namun dalam rencananya, bakal ada penambahan mulai tahun depan. Disebutkan, target selama lima tahun hingga 2025, Sudah tersedia lebih dari lima jaringan di Indonesia. Tentu diiringi dengan produk-produk anyar Subaru yang diklaim mulai hadir tahun depan. Salah satu yang sudah dipastikan bakal masuk, Subaru BRZ generasi anyar. Meski tak dikonfirmasi soal waktu, Subaru Indonesia menjanjikan sportscar kembaran Toyota GT 86 itu akan tersedia di Indonesia.

Di tempat yang sama, PT Plaza Auto Mega, sebagai APM anyar Subaru turut membuka galeri. Bertajuk Subaru Historical Gallery. Yang menggambarkan perjalanan panjang Subaru secara global, maupun sepak terjangnya di Indonesia. Seperti apa? Ini berita lengkapnya(Raju)

Sumber foto Stargazer: Instagram @akhdan_qolbi

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil