• Wishlist

Suzuki Wagon R Generasi Baru Pakai Mesin Ignis

Mendekati peluncurannya pada 23 Januari mendatang, foto-foto Wagon R terbaru semakin bocor ke permukaan. Afiliasi kami di India kembali mendapatkan beberapa gambar eksklusif. Kali ini lebih dekat, bahkan mengekplorasi kabin hingga mesin.



Sepertinya unit yang difoto adalah mobil tes yang sedang dalam fase pengujian. Terlihat dari kondisi yang seolah habis “disiksa”. Banyak bagian cat yang sudah terkelupas. Namun terlihat jelas, tampilan cikal bakal Suzuki Karimun Wagon R generasi baru ini, memiliki siluet bodi hampir mirip dengan model lama. Tampak dari bentuknya yang mengotak dan serbakaku. Tapi dibuat lebih dinamis berkat lampu sedikit membulat dan garis bodi tegas.


Mengutip Gaadiwaadi, Wagon R menggunakan platform anyar. Apakah memakai sasis Heartect yang juga dipakai Ertiga, Ignis dan Baleno, belum tahu pasti. Kalau masih pakai platform lama, pastinya telah melewati modifikasi cukup berat. Karena dimensi bodi keseluruhan, bertambah besar untuk menciptakan kabin lapang.


Bagian dalam Wagon R berubah drastis. Nuansa model Suzuki terkini, dapat dikenali dari desain setir dan tuas transmisi sama dengan Ignis. Selebihnya, baru dan sederhana saja. Karena diplot sebagai mobil murah, jangan harapkan material kabin berkualitas tinggi. Plastik keras tetap mendominasi seisi kabin.



Warna dasbor two-tone memadukan hitam dan krem. Di tengah bertengger monitor layar sentuh yang cukup besar, yang sepertinya dilengkapi konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Ditambah lagi tombol audio di lingkar kemudi. Kemungkinan, model ini varian tertinggi bila melihat kelengkapan kabinnya. Dari luar pun sama. Tidak seperti spy shot terakhir, unit ini memakai fog lamp dan pilar pintu dikelir hitam.


Paling mengejutkan ketika melihat di balik kap mesin. Jumlah silinder ada 4, menandakan tidak memakai mesin 3-silinder 1,0-liter. Berdasar informasi dari Gaadi Waadi, Wagon R memakai mesin K-Series 1,2-liter bertenaga 83 PS dan torsi 112 Nm yang juga dipakai Suzuki Swift versi India. Ini berarti serupa juga dengan dapur pacu Ignis di Indonesia. Kabarnya hanya untuk varian tertinggi saja. Sedangkan mesin 3-silinder 1,0-liter tetap tersedia di varian bawah. Berarti kelak ada 2 pilihan mesin. Transmisinya mempertahankan manual 5-speed dan AGS.



Maruti Wagon R, juga disiapkan agar lolos regulasi keselamatan baru BNVSAP di pasar India. Jadi sudah dilengkapi airbag (sisi pengemudi saja), ABS+EBD, sensor parkir belakang, seatbelt reminder dan speed warning di semua varian.


Nah, pastinya sebuah peningkatan drastis, jika Karimun Wagon R terbaru nanti dipersenjatai mesin lebih besar. Kompetisinya bisa berimbang melawan rival sekelas yang berkubikasi 1,2-liter. Atau bisa juga ditawarkan dalam dua opsi mesin, seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. (Odi/Van)


Sumber Eksklusif: Gaadiwaadi 


Baca Juga: Fitur yang Harusnya Ada di Honda Mobilio

Jelajahi Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R Rp 118,5 - Rp 140,5 Juta Cicilan : Rp 2,7 Juta

Bandingkan & Rekomendasi