Suzuki Bersiap Jualan Wagon R Elektrik

Suzuki Bersiap Jualan Wagon R Elektrik

Suzuki Global tengah menyiapkan uji jalan mobil listrik, Oktober mendatang di India. Mereka berusaha menjajaki transformasi binis mobil listrik di sana. Suzuki mengaku, siap meluncurkan Wagon R elektrik buat segmen bawah pada 2020. Manufaktur asal Negeri Sakura ini, melakukan tes performa dan durabilitas. Uji coba dilakukan pada 50 unit prototipe mobil listrik.

Nah, platform model elektrik meminjam Suzuki Wagon R konvensional. Meski basisnya sama, Suzuki tak menggampangkan riset. Mereka menempatkan mobil melalui pengujian yang ketat. Sebab Suzuki elektrik ini, menjadi model listrik pertama perusahaan. Setelah semua matang dan berhasil, langkah Suzuki baru memperluas jajaran mobil listriknya dengan model yang lebih besar di pasar.

Suzuki tak sendirian. Kilas balik pada November 2017, Suzuki menandatangani perjanjian dengan Toyota Motor. Mereka kerja bareng. Toyota siap memberikan dukungan teknis untuk mobil listrik yang diproduksi Suzuki bagi pasar India. Suzuki, pada gilirannya, akan memasok mobil-mobil semacam itu ke Toyota.

Kemitraan ini mencakup pelatihan gabungan para engineer. Suzuki diperkirakan memanfaatkan kolaborasi ini untuk peluncuran mobil listriknya di India.

Manufaktur terus mengakumulasi teknologi yang diperlukan. Misalnya, mengirimkan insinyur ke perusahaan patungan yang dibentuk oleh Toyota, Mazda Motor dan Denso. Subaru, Daihatsu Motor dan Hino Motors juga mengirim insinyur ke perusahaan tersebut, yang bertujuan menggabungkan kekuatan mereka untuk mempercepat pengembangan mobil listrik.

Penjualan unit kendaraan penumpang di India mencapai 3,28 juta unit pada tahun fiskal 2017. Dan Suzuki, menguasai hampir 50% market share. Tak heran Suzuki adalah pembuat mobil terbesar di Negeri Barata.

India adalah pasar prioritas tertinggi Suzuki. Pada Agustus kemarin, mereka meluncurkan layanan mobil yang terhubung di sana. Prioritas berlanjut, dengan bergulirnya mobil listrik di India sebelum Jepang melakukannya. Padahal, di Jepang punya kekuatan pasar di segmen minicar. Namun trennya diperkirakan menyusut karena populasi menurun.

Suzuki juga semakin menunjukkan fokusnya pada India. Kemarin mereka membulatkan tekad mengakhiri produksi di Cina, sebelum hengkang dari pasar AS. Pasar di kedua negara itu merosot terus. Suzuki memperkirakan, jika total penjualan mobil di India terus meningkat sebesar 9% saban tahun, penjualan bisa tembus 10 juta unit pada 2030.

Itulah sebabnya, Suzuki serius membesut mobil listrik untuk meraih ceruk pasar yang lebih luas. Pemerintah India bahkan mulai mendesak produsen mobil, untuk menjual mobil listrik di negara itu. Suzuki mempertimbangkan target penjualan, meski belum mempublikasikan angka. (Alx/Van)

Sumber: The Driven

Baca Juga: Pilih Suzuki Karimun Wagon R Tipe Apa

Jelajahi Suzuki Karimun Wagon R

Model Mobil Suzuki

  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry
  • Suzuki APV Luxury
    Suzuki APV Luxury
  • Suzuki APV Arena
    Suzuki APV Arena
  • Suzuki Karimun Wagon R GS
    Suzuki Karimun Wagon R GS
  • Suzuki Ignis
    Suzuki Ignis
  • Suzuki Karimun Wagon R
    Suzuki Karimun Wagon R
  • Suzuki SX4 S Cross
    Suzuki SX4 S Cross
  • Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno
Mobil Suzuki

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Suzuki Karimun Wagon R Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Suzuki Karimun Wagon R

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang