• Wishlist

Selisik Mazda CX-30 Yang Hadir di 2020

Selisik Mazda CX-30 Yang Hadir di 2020

Mazda CX-30 diperkirakan hadir di Indonesia semester pertama 2020. Meski tidak ada yang bisa kami hubungi untuk mengonfirmasi soal ini, tapi dokumen di lembaga pemerintahan menunjukkan, mobil ini sudah siap dijual. Bahkan banderol (sebelum pajak) sudah tertera. Kisarannya antara Rp 320 hingga Rp 360 jutaan. Ingat, belum termasuk PKB.


Mazda Cx-30


Perkiraan kami, karena diposisikan di antara CX-3 dan CX-5, tidak perlu heran harganya melewati angka 450 jutaan. Bagaimanapun, melihat spesifikasi di situs Mazda global, mobil ini cukup bisa diacungi jempol. Fitur komplet dan mewah, desain keren khas Mazda, diiringi mesin SKYACTIV canggih sebagai penggeraknya. Wajar kalau harganya tinggi begitu.



Berbasis Mazda3, perawakannya lebih lebar dari CX-3 (lebar 1.795 mm, panjang 4.395 mm, tinggi 1.540 mm). Filosofi desain Kodo yang bersih tapi tegas, terlihat di paras maupun sekeliling bodi. Grille trapezoid diapit lampu utama berdesain tajam. Atap rendah dan body moulding di spatbor dan pintu, menegaskan mobil ini campur sari antara hatchback-SUV. Hal sama berlaku untuk buritan. Minim lekukan dengan lampu belakang yang terlihat tegas. Menurut kami, dari sudut manapun mobil ini terlihat apik.


Interiornya juga familiar. Terutama bagi pengguna Mazda terkini. Dasbor rapi tanpa lekukan yang tidak perlu. Persis seperti di eksterior. Model seperti ini, menimbulkan kesan interior yang luas. Dan Mazda mengklaim, kabin depan sama leganya seperti CX-5 yang lebih besar. Ini harus dibuktikan lagi nanti. Meski begitu, kami kurang yakin dengan ruang kepala di belakang. Atapnya melengkung ala mobil coupe yang melandai di buritan. Berkaca pada CX-3 yang atapnya begitu, sepertinya CX-30 punya interior belakang yang sempit. Apalagi ia lebih pendek sekitar 30 mm dibanding Mazda3 hatchback. Dan kebiasaan Mazda juga, jendelanya terlihat kecil. Ini efeknya bikin ruang jadi terasa sempit. Tapi sekali lagi, masih harus dibuktikan.


CX-30 dibekali penggerak yang sama dengan saudaranya itu. Di Indonesia, mesin SKYACTIV 2.0 G (bensin) menjadi penggerak utama dengan transmisi 6-speed otomatis jadi penyalur daya ke roda depan. Tapi di pasar luar negeri, crossover ini punya beberapa pilihan mesin lain. Yang pertama 1,8 liter diesel (SKYACTIV D). Tercanggih bermesin Skyactiv X, yang mengedepankan teknologi pengaturan percikan busi kemudian menghasilkan tekanan ledakan yang optimal di ruang bakar. Belum ada spesifikasi resmi yang dikeluarkan. Tapi kalau melihat di pasar luar, tenaga puncaknya bisa mencapai 164 PS dengan torsi 210 Nm.


Mazda Cx 30


Jujur, kami cukup antusias jika melihat desainnya. Yang jadi ganjalan, mungkin harganya yang terlalu tinggi. Sekedar catatan, di pasar Indonesia, Mazda selalu menolak untuk dibandingkan dengan mobil serupa dari pabrikan Jepang. Dan mereka konsisten mempertahankan pemikiran itu. Tapi kami juga tidak bisa menemukan padanannya. Dibandingkan BMW X1, harganya terlalu jauh. Dengan HR-V 1.8 juga demikian. Jagoan Honda itu lebih murah (Rp 409 juta). Tapi dibanding Toyota C-HR yang paling murah (Rp 503 juta OTR DKI), CX-30 lebih murah memang. Kita tunggu saja seperti apa mobil ini. (Ddn/Tom)


Baca Juga: Mazda CX-5 Bekas Berumur 5 Tahun, Makin Murah Pantaskah Dipinang?