• Wishlist

Porsche Panamera Generasi Terbaru Akhirnya Diperkenalkan

Porsche Panamera Generasi Terbaru Akhirnya Diperkenalkan

Porsche Panamera adalah saloon mewah yang lahir dari pabrikan Porsche. Kemarin (28/06) raksasa otomotif asal Jerman ini memperkenalkan generasi terbaru Panamera di Berlin, Jerman. Menurut rilis yang kami terima, mobil ini dibangun dari nol, alias benar-benar baru, dengan menegaskan dua karakteristik yang saling bertolak belakang: performa layaknya mobil sport, dan kenyamanan sebuah saloon tulen.


Karena itulah, generasi kedua ini mengusung mesin, desain, serta sederet teknologi baru yang belum pernah ada di Porsche sebelumnya. Platform yang digunakan adalah MSB (singkatannya kalau di bahasa Inggriskan menjadi Modular Standard Architecture). Platform ini lebih ringan dari sebelumnya karena banyak menggunakan bahan aluminium pada strukturnya, termasuk di bagian moncong, fender, atap, hingga penutup bagasi.


Panamera generasi kedua


Desain khas Porsche yang tidak bisa lepas dari keluarga 911 terlihat betul di mobil ini, terutama di bagian muka dan lekukan pinggulnya. Lengkungan atap yang dinamis membentuk sebuah coupe, seolah mengatakan Panamera terbaru ini memiliki kekuatan sebuah sportscar sejati. Kalau Anda merasa mobil ini lebih panjang, hal itu memang betul.


Secara dimensi, mobil ini membesar dibanding generasi sebelumnya, karena kini lebarnya bertambah 5 mm (1.935 mm), lebih panjang 35 mm (5.050 mm), serta lebih tinggi 5 mm (1.432 mm). Selain itu, bagian atap belakang yang berada diatas kepala penumpang belakang direndahkan sebanyak 20 mm. Hal ini memberikan efek visual bahwa Panamera terlihat panjang dan rendah. Wheelbase juga bertambah 30 mm, menjadi 2.950 mm.


Desain berdasarkan 911


Namun Porsche mengklaim bahwa meski atapnya lebih rendah, namun head room justru bertambah. Mereka tidak secara spesifik mengatakan bagaimana caranya, tapi kami memperkirakan posisi tempat duduk yang lebih direndahkan. Hal ini juga akan memberikan kontribusi positif untuk titik gravitasi yang lebih rendah.


Kabin Panamera dibekali dengan sederet teknologi pendukung kenyamanan dan fitur pengatur pengendaraan. Salah satu yang patut diperhatikan adalah kehadiran display di tengah dashboard dengan teknologi layar sentuh. Isinya tentunya beragam mulai dari informasi hiburan hingga mode pengendaraan. Porsche juga mengurangi penggunaan material keras seperti kunci dan instrumen konvensional, dan menggantinya dengan panel sentuh serta instrument cluster digital yang tampilannya bisa disesuaikan dengan selera Anda. Porsche menyebut teknologi ini sebagai Porsche Advance Cockpit.


Kabin canggih milik Panamera


Di balik moncongnya yang panjang, Porsche menanamkan dua pilihan mesin bensin. Salah satunya adalah mesin yang benar-benar baru, V6 2,9 liter turbocharged yang mampu menghasilkan 440 hp. Pilihan lainnya adalah V8 4.0 liter twin-turbocharged bertenaga 550 hp. Yang menarik dari desain jantung mekanis ini adalah penempatan peranti turbo yang beradatengah blok mesin, diantara silinder kiri dan kanan. Menurut Porsche, ini akan memberikan periode induksi yang lebih singkat. Pilihan lainnya adalah mesin diesel V8 4.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 422 hp.


Saat ini, Panamera generasi kedua tersedia dalam tiga varian yaitu Panamera Turbo yang akan ditenagai oleh mesin bensin V8, Panamera 4S menggunakan mesin V6, dan Panamera Diesel. Ketiganya akan dilengkapi dengan penggerak empat roda. Dan inilah, untuk pertama kalinya ada Panamera bermesin diesel yang dibekali penggerak empat roda. Dan sebagai penunjang kodratnya sebagai mobil kencang, maka Porsche membekalinya dengan suspensi aktif, PASM (Porsche Active Suspension Management), dan sederet peranti canggih lainnya yang akan mengatur kinerja chassis.


Mesin Panamera ada tiga pilihan


Panamera yang generasi pertamanya muncul pada tahun 2009, rupanya cukup diminati. Tercatat 150.000 unit Panamera terjual di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, mobil ini lumayan laris. Meski tidak selaris saudaranya seperti Porsche Cayenne atau 911.


Baca Juga: Inilah dia, Porsche bermesin empat silinder

Jelajahi Porsche Panamera

Porsche Panamera Rp 2,2 - Rp 3,9 Milyar Cicilan : Rp 50,2 Juta

Bandingkan & Rekomendasi